[Ide] Sebagian dari 2,5% untuk perbaikan lokal

Yg selama ini terjadi sepertinya 2,5% nya disumbangkan dengan diam-diam tiap bulan ke rekening Badan Pengelola Zakat…lalu zakatnya disalurkan kepada yang berhak & Badan Pengelola Zakat tersebut membuat laporan.

Tapi saya merasa ada sesuatu yg salah ketika 2,5% ditransfer semua untuk menolong orang-orang yg jauh sedangkan Satpam, Cleaning Service di Kantor sendiri Gaji bulanan-nya masih dibawah Upah Minimum.

Hal-hal yg bisa dilakukan dengan kekuatan dari sebagian 2,5% jika diarahkan ke perbaikan Lokal :

  1. Gaji Satpam & Cleaning Service penghasilannya bisa sama dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten atau lebih
  2. Bisa menggaji beberapa Juru Parkir, sehingga Tamu yg dateng ke Kantor bisa mendapatkan hadiah Parkir Gratis
  3. Bisa ngasih Insentif ke Juru Parkir jika Tamu yg dateng ke Kantor lagi Rame…
  4. Bisa dibelikan Alat untuk mengamankan kendaraan-kendaraan Tamu yg diparkir disekitar kantor (CCTV, Tiket Parkir dsb) karena klo nunggu Anggaran resmi sepertinya akan ada banyak kendala
  5. Bisa dipake untuk secara cepat memperbaiki fasilitas kantor yg rusak…karena kadang klo  nunggu anggaran resmi kantor prosesnya agak panjang
  6. Bisa dipakai untuk mendukung Pelayanan Prima…beli souvenir tambahan, gaji Office Boy tambahan untuk menjaga kebersihan Ruang Tunggu dsb
  7. Bisa menggaji karyawan tambahan jika kantor sedang kekurangan pegawai atau sedang tidak ada anak magang yg berperan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan namun memerlukan waktu  (Nganter surat antar bagian, stempel-stempel, ngamplopin surat, fotocopy, ngambil barang dari gudang, entry data surat yg kempos dsb)
  8. Bisa Rutin beli makanan untuk dibagikan secara gratis ke Tukang Becak & yg membutuhkan di sekitar kantor dsb
  9. Bisa dibelikan Mainan-mainan untuk hiburan anak-anak kecil yg diajak ke kantor

Berapakah sebagian dari 2,5% yg harus di split?

Dana yg dibutuhkan untuk perbaikan lokal tiap tempat sepertinya beda-beda … Bisa 0,5% ke Badan Pengelola Zakat, 1% untuk perbaikan lingkungan kantor, 1% untuk perbaikan lingkungan rumah (Karena Satpam di Cluster tempat saya tinggal juga Gajinya dibawah UMK)

Apakah saya salah?, Apakah 2,5% itu memang harusnya ditransfer semua ke Badan Pengelola Zakat, sedangkan klo mau nyumbang tambahan harus pake mekanisme SEDEKAH?

Ini baru IDE aja, siapa tau ada orang lain yg lebih dalam ilmunya bisa dapet inspirasi karena ide awal saya ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*