Pengalaman perpanjang STNK di Gerai Samsat Mall Alam Sutera

Pas dulu perpanjang SIM C di Gerai SIM Mall Alam Sutera (Maret 2017), saya baru mengetahui bahwa di Mall Alam Sutera juga ada Gerai SAMSAT yg lokasinya berada di samping Gerai SIM.

Dan Akhirnya Sabtu, 09 September 2017 saya kembali ke Mall Alam Sutera untuk perpanjang STNK & sekalian jalan-jalan weekend.

Saya baru sampai di Gerai SAMSAT sekitar jam 14:00

Antriannya lumayan panjang…ampe tempat duduk di dalem Gerai SAMSAT ga cukup & sebagian berdiri…

Untuk prosesnya kira-kira seperti ini (*Sebelumnya saya udah siapin Asli STNK, Asli KTP, Asli BPKB & Fotocopy STNK, KTP, BPKB) :

  • Pertama saya masuk dulu ke Gerai SAMSAT…nanya ke pegawai yg mejanya paling deket sama Pintu Gerai terkait dimana saya naruh berkas-berkas untuk perpanjang STNK? …katanya berkas-berkasnya diletakkan di meja dia (*sambil nunjuk kesekitar 5 tumpukan BPKB yg ada disamping kanan-nya)
  • Pas saya mau mengeluarkan BPKB, KTP dsb dari kantong plastik transparan yg saya peroleh dari tukang fotocopy-an deket rumah….pegawai Gerai nya bilang diletakkan bareng sama kantong plastiknya aja, biar gak kecampur sama berkas BPKB punya orang lain
  • & Ternyata ada beberapa yg belum fotocopy STNK-KTP-BPKB tapi berkasnya tetep diterima….jadi pegawai gerainya yg fotocopy di printer-scanner-copy yg ada di meja kerja dia…
  • Lalu setelah menunggu beberapa menit nama saya dipanggil…BPKB Asli di kembalikan ke saya…& berkas lainnya dikumpulkan untuk di serahkan ke pegawai lain yg ada di Gerai SAMSAT tersebut….
  • Saya nunggu lagi…(*Nunggu dipanggil sama pegawai Samsat yg sepertinya berfungsi sebagai Kasir)
  • Lalu singkat cerita nama saya dipanggil…jumlah Pajak Kendaraan yg harus dibayarkan disebutkan nominalnya berapa…lalu saya bayar Cash….lembar Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB DAN SWDKLLAJ di print….dan akhirnya saya dapet lagi Asli STNK, Asli KTP & Asli Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB yg telah diperpanjang
  • Selesai … sekitar jam 14:30

Yg bikin lama itu adalah antriannya…klo ga ada antrian kyaknya prosesnya bisa kurang dari 5 menit karena prosesnya lebih simpel daripada perpanjang SIM.

Hal lain yg saya tangkap pas perpanjang STNK di Mall Alam Sutera :

  1. Pembayaran pajak kendaraannya hanya bisa dibayar secara Cash…tidak bisa pake Kartu Debet/ Kartu Kredit 😀
  2. Didepan Gerai SAMSAT ada tulisan hanya menerima perpanjangan STNK untuk Kota Tangerang & sebagian kab tangerang…tapi tadi ga sempet foto bunyi pengumuman lengkap-nya gimana
  3. Kalau BPKBnya masih ditahan sama Pihak Leasing/Finance maka sebagai pengganti BPKB harus ada semacam Surat Pengantar dari Leasing/Finance
  4. Pegawai Gerai Samsat itu katanya ada 4 orang…tapi tadi yg jaga cuma 2 orang karena katanya ada yg sedang hamil (entah lagi periksa dokter atau sedang cuti melahirkan)
  5. Awalnya saya pikir di Gerai Samsat itu ada mesin fotocopy gede & ada 1 pegawai yg khusus fotocopy…(makanya pas perpanjang SIM biasanya yg belum copy KTP minta tolong pegawai Gerai Samsat untuk fotocopy)…tapi ternyata yg ada cuma printer-scanner-copy & yg fotocopy juga lebih mengutamakan pelayanan terhadap yg mau perpanjang STNK…tadi saya liat ada 2 orang yg mau minta tolong fotocopy KTP untuk perpanjang SIM di gerai SIM samping harus nunggu dulu beberapa waktu karena bapak yg di mejanya ada printer-scanner-copy sedang menyortir berkas terkait perpanjangan STNK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*