Fungsi HP NFC yg pernah saya coba

Ini beberapa hal yg pernah saya coba dengan HP yg ada fitur NFC (Near Field Communication) :

#1. Cek keaslian e-KTP

26 November 2016, saya menemukan suatu aplikasi di PlayStore yg namanya PoC e-KTP Reader, aplikasinya memang hanya dapat memunculkan foto e-KTP aja…tapi kalau foto yg ditampilkan sesuai dengan fisik e-KTP berarti dapat dipastikan kalau e-KTP tersebut asli.

Selengkapnya : disini

#2. Cek Saldo Indomaret Card / e-Toll / e-money Bank Mandiri

Ini sangat berguna untuk memantau Saldo e-Toll, jadi jangan sampai pas masuk jalur GTO (Gardu Toll Otomatis) Saldo eToll nya kurang…kan malu klo sampai harus minjem kartu e-Toll mobil yg ngantri di belakang kita 🙂

Selengkapnya : disini

#3. Isi Ulang Indomaret Card / e-Toll / e-Money Bank Mandiri

Ini Fitur yg keren banget, saya bisa nambah Saldo e-Toll tanpa harus ke Iuar rumah 🙂

Selengkapnya : disini

#4. Cek Saldo Kartu BRIZZI

Ini hal yg terkhir saya coba dengan HP NFC, fungsinya hampir seperti saat cek saldo e-money Bank Mandiri

Selengkapnya : disini


Baru 4 fungsi HP NFC yg pernah saya coba langsung….saya rasa HP NFC ini akan menjadi hal yg biasa di masa depan nanti, jadinya penggunaan uang cash akan sangat berkurang.

Mungkin prakteknya nanti akan seperti ini :

Misal tanggal 1 gaji dari kantor  masuk ke rekening Mandiri saya sebesar 3jt….lalu saya isi saldo Kartu e-money mandiri saya pake HP NFC sebesar 1jt….

Kartu e-money yg saldonya 1jt ini bisa saya pakai untuk :

  • Pas pagi hari, ngisi bensin motor….saya tinggal bayar pake kartu e-money
  • Pas siang, nitip beliin makan siang sama OB di kantor…saya juga tinggal ngasih pinjem kartu e-money saya ke OB…
  • Pas Sore misal ada Tugas mendadak ke Kantor Pusat….saya bisa pake e-Money saya untuk isi Bensin Mobil Dinas, Bayar Tol & Bayar Parkir
  • Pas Malem, balik dari kantor mampir ke Mini Market…saya bayarnya pake Kartu e-Money juga
  • Pas Weekend Nonton…bayar pake Kartu e-Money
  • dsb

Jadinya kalau semua toko, warung makan, pom bensin dsb sudah menyediakan alat untuk menerima pembayaran via e-Money…semuanya akan jadi jauh lebih mudah, antrian bisa lebih cepet & gak usah repot-repot lagi dengan yg namanya uang kembalian.

Paling yg harus disiapkan itu adalah semacam S.O.P. jika ada kerusakan di alat penerima pembayaran e-Money. Misal saya pesen Nasi Goreng di suatu Warung Makan…udah makan…saya gak bawa cash cuma bawa Kartu e-Money aja, tapi ternyata alat untuk menerima pembayaran via e-Money Warung Makan tersebut lagi Error. Terus gimana donk…saya ga bawa cash cuma bawa Kartu e-Money aja…

Ini yg harus di pertimbangkan…mungkin nanti akan terbit aturan kalau misal alat penerima pembayaran Kartu eMoney suatu Toko Rusak maka prosedur pembayaran cadangannya adalah semacam metode otentikasi via Mandiri Online di HP.

Prakteknya, masih sama seperti kasus diatas, pas tau alat penerima pembayaran Rumah Makan-nya rusak, maka Kasir Rumah Makan akan mencatat Nomor Kartu e-Money saya, tagihannya akan dikirim via suatu APlikasi di HP….& bayarnya tetap pake Kartu e-Money yg saya punya.

Misal pas udah nyampe rumah & cek HP, saya menerima notifikasi tagihan dari Rumah Makan….saya setuju untuk bayar, lalu saya tempelin Kartu e-Money saya ke belakang HP …otomatis saldo e-money saya berkurang & saldo rekening Rumah Makan tersebut bertambah 🙂

One Reply to “Fungsi HP NFC yg pernah saya coba”

  1. gue berharap sih emoney bisa pake nfc bawaan hp, jadi gak usah pake kartu,
    semacam apple pay lah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*