Contoh pengurusan Gaji yg terhambat Aturan

Setiap bulan, beberapa hal wajib yg harus saya urus & diprioritaskan adalah :

  • Gaji para PNS
  • Tunjangan Kinerja para PNS
  • & Gaji para Pegawai Pemeritah Non Pegawai Negeri (PPNPN) *Satpam, Petugas Kebersihan, Pramubakti, Pengemudi

Saya ingin membayarkan 3 hal tersebut di tanggal 1 setiap bulannya, tapi sayangnya masih terhambat aturan yg menyebutkan bahwa pembayaran gaji harus dilakukan di hari kerja, jadi kalau tanggal 1 & 2 nya adalah hari libur (tanggal merah) maka Gaji tersebut baru bisa masuk rekening di tanggal 3.

Dilain Pihak, Auto Debet utang-utang tetep prosesnya selalu konsisten motong tabungan di Tanggal 1 setiap bulan… & sepertinya prosesnya dilakukan mulai Jam 00:00 (tengah malam) di tanggal 1 …hasilnya rekening saya klo di cek di internet banking pada pagi hari di tgl 1 statusnya selalu minus.


Untuk Gaji & Tunjangan Kinerja PNS aturannya memungkinkan untuk diurus di bulan sebelumnya, jadi di bulan sebelumnya saya bisa mengurus segala sesuatu terkait  proses transfer (SPM, Cek, Daftar Payroll dsb) &  di awal bulan saya tinggal nunggu aja….Terkait Gaji PPNPN aturannya berbeda, saya baru bisa mengajukan permohonan Gaji paling cepat di awal bulan & harus di hari kerja…sangat riskan untuk terjadi gagal bayar jika para pejabat yg harus tanda tangan sedang Dinas Luar atau ketika ada gangguan teknis, karena sistem tidak selamanya bisa berjalan dengan baik.

Contohnya Di awal bulan Juni 2017 ini,

Tanggal 1 nya adalah Hari Libur Nasional jadi saya tidak bisa mengurus gaji di tanggal 1….. tanggal 2 Pagi-pagi saya harus ngantri karena ada 100 lebih kantor yg mengurus hal yg sama. Klo dateng agak siangan bisa-bisa ngantri ber Jam-Jam di KPPN.

& kebetulan sepertinya ada semacam gangguan teknis, jadinya pembayaran gaji PPNPN di hari jumat tgl 2 GAGAL !!!

Hari Sabtu & Minggu prosesnya tertunda karena libur…jadi Para Satpam, Petugas Kebersihan, Pramubakti & Pengemudi yg sudah berharap bisa menerima transferan gaji di tgl 2 harus tertunda lagi 2 hari…*itu pun kalau di hari senin  gangguan sistemnya sudah berakhir.

Selama saya jadi Bendahara di Kantor, baru kali ini mengalami kejadian Para Satpam dkk gajiannya sampai terlambat 4 hari.


Semoga kedepannya setidaknya ada aturan revisi yg menyebutkan klo bendahara bisa mengajukan permohonan gaji PPNPN di bulan sebelumnya (sama seperti permohonan Gaji PNS), jadi diawal bulan bendahara bisa standby di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan lain (bayar-bayar hal lain selain gaji, mulai nyusun Laporan SPT Masa, Laporan Pertanggung Jawaban dsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*