Pengalaman memperpanjang SIM C di Gerai SIM Mall Alam Sutera

SIM C (SIM Motor) saya habis masa berlakunya pada hari Kamis, 30 Maret 2017.

Rencana awalnya saya akan memperpanjang SIM C di Pelayanan SIM Keliling City Mall pada hari Sabtu 1 April 2017. Tapi pas googling saya baru tau klo ada aturan baru yg menyebutkan bahwa sekarang SIM yg sudah lewat tanggal berlaku sudah tidak bisa diperpanjang lagi…tapi katanya harus bikin SIM Baru !!!!

Langsung Galau ๐Ÿ˜€

Mana di akhir bulan maret ini akan sangat sulit sekali untuk minta izin keluar dari Kantor.

Tadinya pasrah aja, mungkin hari Jumat saya akan mengendarai motor dengan kondisi SIM C yg sudah kadaluarsa …lalu sabtu baru saya ke Polres Metro Tangerang Kota untuk membuat SIM C baru lagi.

Tapi… di Hari Rabu, 29 Maret 2017 saya dapet Surat Tugas resmi dari kantor untuk ikut sosialisasi di KPPN Tangerang mulai jam 13:00 (Acara sosialisasi jam 13:30)…tiba-tiba terlintas ide untuk perpanjang SIM di Mall Alam Sutera …jadi Pas Jam istirahat saya gak makan siang, langsung pergi dari Kantor (Cikokol) ke Mall Alam Sutera, semoga antrian untuk memperpanjang SIM gak panjang, lalu dari Mall Alam Sutera saya bisa langsung ke KPPN Tangerang.

Kenapa gak memperpanjang SIM di Polres Tangerang? karena Jam pelayanan perpanjangan SIM di Polres hanya sampai Jam 13:00, jadi kalau misalkan saya berangkat jam 12-an, sampai ke Polres Jam 12:30-an saya kurang yakin SIM C saya berhasil diperpanjang di setengah jam terakhir jam pelayanan, ditambah lagi berdasarkan pengalaman blogger lain katanya kalau memperpanjang SIM di polres harus pergi ke ruangan tes kesehatan dulu, ke ruangan terkait asuransi dulu….baru setelah itu bisa ke loket perpanjangan SIM, yg mana saya tidak familiar dengan denah lokasi tempat-tempat itu di Polres.

Singkat cerita sampai di Mall Alam Sutera Jam 12:30-an, sempet kesulitan nyari jalan untuk masuk motor….& pas nanya satpam ternyata untuk masuk motor udah kelewat jadi saya balik lagi ….jadi ternyata untuk masuk motor ltu deket tempat masuk LOADING-DOCKย  & mesin untuk ngambil tiket parkir motor gak keliatan dari jalan raya, jadi memang agak tersembunyi…kemungkinan besar yg pertama kali berkunjung ke Mall Alam Sutera (seperti saya ini) akan kesulitan untuk mencari tempat masuk motor.

Dari Parkiran motor ada jalan khusus menuju Mall…nanya satpam mengenai gerai SIM, dia ngasih petunjuk untuk naik eskalator dulu…lalu setelah naik eskalator saya nanya lagi ke satpam yg jaga & dapet petunjuk lagi kalau gerai SIM ada di depan GOLD’S GYM

Akhirnya ketemu…

Tapi pegawai gerai SIM lagi pada istirahat & katanya baru masuk jam 13:00 ….kemarin ada sekitar 7 orang yg antri….

Jam 13:00 gerai SIM dibuka, 1 orang pegawai langsung ngasih penjelasan singkat bahwa yg dilayani hanya perpanjangan SIM A / SIM C yg masih aktif, menyebutkan berapa biayanya & menyebutkan persyaratannya apa (SIM Asli + 2 Copy KTP)…beberapa yg ngantri ternyata belum menyiapkan fotocopy KTP, jadi dari sekitar 7 orang yg ngantri yg dikasih Formulir untuk perpanjangan SIM duluan cuma 3 orang, termasuk saya….yg lain fotocopy KTP dulu di Gerai SAMSAT disamping

Saya isi dulu formulirnya dengan cepat (sebelumnya udah siap-siap bawa pulpen sendiri) & saya yg pertama mengembalikan lagi formulir yg sudah terisi….

Lalu saya yg dipanggil pertama untuk test mata di meja selanjutnya sama pegawai yg lain (mba-mba) *Jumlah pegawai yg jaga gerai SIM 3 orang…Test matanya itu berupa menyebutkan angka-angka yg ada di suatu buku…isi bukunya cuma berisi titik-titik yg terdiri dari beberapa warna…& saya tinggal menyebutkan angka berapa yg ada di halaman yg sedang saya buka. Test mata selesai, bayar biaya pengurusan SIM C 135.000 ke Mba yg melakukan test Mata

Lalu ke Meja pegawai yg disebelahnya lagi untuk Foto, sidik jari, tanda tangan dsb…

Selesai di foto, saya kembali menunggu di tempat duduk dekat meja pertama pas awal ngasih formulir…Lalu beberapa menit kemudian terdengar ada mesin printer yg sedang mencetak sesuatu….dan akhirnya Nama saya dipanggil oleh pegawai di meja yg deket pintu masuk Gerai SIM.

Alhamdulillah SIM C berhasil diperpanjang ๐Ÿ™‚ …jadi prosesnya mungkin sekitar 10 menit, karena saya sebelum datang ke gerai SIM sudah menyiapkan copy KTP & Pulpen.

Lalu saya menuju parkiran motor lagi…pas nanya Satpam jalur untuk keluar motor lewat mana katanya jalurnya sama seperti pintu masuk tadi….dari Mall Alam Sutera saya langsung agak ngebut menuju ke KPPN Tangerang…semoga acaranya belum dimulai &….Alhamdulillah sampai ke KPPN Tangerang sebelum acara sosialisasinya dimulai.

Lega rasanya klo SIM C sudah diperpanjang (meski laper & haus karena jam makan siang dipake buat memperpanjang SIM C) ๐Ÿ˜€

26 Replies to “Pengalaman memperpanjang SIM C di Gerai SIM Mall Alam Sutera”

  1. HI,
    mau tanya, perpanjang sim C di mall alamsutera saat kamu perpanjang itu dibutuhkan surat keterangan sehat ngga ya?
    soalnya yg saya baca” itu slh 1 syarat nya..
    mhn infonya
    thanks..

    • Sebelum ke Mall Alam Sutera saya hanya menyiapkan 2 Copy KTP, SIM C Asli, Uang 135rb & Pulpen (TIDAK menyiapkan surat keterangan sehat)… & Pada AKhirnya SIM C saya berhasil diperpanjang seperti yg saya tulis pada Artikel diatas.

    • Iya, seperti yg saya ceritakan di tulisan saya diatas…kalau sudah mati/kadaluarsa memang tidak bisa diperpanjang lagi di Gerai SIM Alam Sutera atau SIM keliling.

      Makanya saya tgl 29 maret 2017 kemarin bela-belain gak makan siang demi memperpanjang SIM karena SIM saya akan mati di tanggal 30 Maret 2017.

  2. Sebelum perpanjang bro daftar sim online dulu atau langsung ke gerai simnya tanpa daftar online? ini pake tes simulator ga?

  3. total biaya yg dibutuhkan untuk perpanjang SIM di mall alam sutra berapa ya mas?
    kalau SIM dari Polda Jogja juga bisa perpanjang disitu mas?

    saya juga mau perpanjang SIM soalnya, rencananya sih mau di mall itu juga.

    • Seperti yg sudah saya tulis diatas, di gerai SIM cuma bayar 135.000 (Untuk SIM Motor)…Biaya tambahannya mungkin cuma bayar Parkir Motor aja pas keluar dari Parkiran Motor Mall Alam Sutera.

      Di Banner yg ada di depan Gerai SIM (Coba di Zoom) Satpas Yogyakarta DIY ada didaftar…mungkin bisa Mas, tapi untuk pastinya saya kurang tau karena SIM Motor saya SIM Kota Tangerang.

    • Saya lupa angka tepatnya berapa (Waktu pegawai gerai SIM jelasin saya cuma memperhatikan biaya SIM C aja), tapi seingat saya masih dibawah Rp. 200.000,-

  4. Setelah sim jadi apa diwajibkan kita untuk ke kantor kppn nya mas.? Trus kantor kppn nya daerah mana ya mas.?

    • Gak Wajib Pak…

      Ke KPPN yg saya ceritakan diatas khusus buat saya aja yg kebetulan pada hari tersebut dapet Surat Tugas dari kantor ๐Ÿ™‚

    • Waktu bulan maret 2017 kemarin alamat saya juga beda (SIM masih alamat lama : periuk-tangerang, KTP sudah alamat baru : cibodas-tangerang) & gak diminta persyaratan tambahan apa-apa.

      Tapi perubahan alamat saya masih sama-sama kota tangerang sih…kurang tau klo misalkan perubahan alamatnya antar provinsi apakah ada persyaratan tambahan atau tidak.

  5. Ma bro, ada yg bilang, untuk perpanjangan harus SIM yg masa berlakunya tinggal 2 minggu atau kurang ya? Benarkah itu?

    • Bulan maret 2017 kemarin saya gak nanya-nanya terkait hal tersebut (2 minggu atau kurang),

      Saya lebih fokus ke cepet-cepet ngisi formulir dsb biar SIM-nya bisa cepet selesai ๐Ÿ˜€

  6. Masuk parkiran motor mallnya dari arah mana itu mas bingung saya , perpanjang sim cuman bawa yang di sebutkan dan biayanya segitu ya

    • Pengalaman saya bulan Maret 2017 seperti yg saya tulis diatas, kurang tau apakah ada perubahan atau tidak.

      Untuk Parkir Motor, saya dari arah cikokol….atau klo nyasar coba tanya Satpam yg jaga aja…atau coba cari tulisan LOADING DOCK

  7. Mas alamat SIM & KTP ku Jawa timur, kalo di perpanjang di Alam sutera kira2 bisa ga yah? Males pulang kampung akunya

    • Saya cek di Foto Banner yg dipasang di depan Gerai SIM, ada tercantum SATPAS Surabaya-Jatim.

      Tapi untuk pastinya saya kurang tau, mungkin pas weekend (Sabtu) coba maen ke Mall Alam Sutera aja mba, sambil coba tanya langsung sama pegawai Gerai SIM nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*