Kartu BPJS/KIS PPNPN yang ternyata belum aktif

Sabtu sore (5 November 2016) Saya ditelpon oleh salah seorang PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) yg menginfokan bahwa Kartu Indonesia Sehat-nya ditolak oleh Klinik.

Sekitar 1 minggu sebelumnya, Para PPNPN di kantor kami sudah menerima Kartu BPJS/KIS … saya udah agak lega karena takutnya pas pemotongan premi di awal november 2016 (pemotongan ke-3), para PPNPN belum juga mendapat Kartu.

kartu-bpjs-para-ppnpn

Waktu itu saya pikir udah dapet Kartu berarti otomatis kartunya Aktif.

Tapi ternyata tidak???…

Lalu saya nelpon Call Center BPJS 1500400…Dan pas di cek sama Pegawai Call Center ternyata status kartunya adalah : PENAGGUHAN PESERTA. Saya langsung tanya …apa yg bisa saya lakukan (*sebagai Bendahara dikantor yg mengurus potongan BPJS para PPNPN) agar kartu tersebut bisa aktif saat itu juga, mumpung PPNPN-nya masih ada di Klinik….katanya saya harus dateng ke Kantor BPJS, tidak bisa lewat Call Center.

Berhubung Sabtu – Minggu kantor libur….paling cepat saya baru bisa ke Kantor BPJS hari Senin besok (7 November 2016)

Jadi bagi para bendahara APBN yg juga sama seperti saya mengurus potongan BPJS para PPNPN… lebih baik setelah mendapat kartu, di konfirmasi dulu ke Kantor BPJS apakah kartunya sudah Aktif atau Belum.

Ternyata kartu yang diterima tersebut belum tentu Aktif.

2 thoughts on “Kartu BPJS/KIS PPNPN yang ternyata belum aktif

  1. Bagaimana jika sy sekeluarga adalah peserta BPJS Mandiri Klas 1 di Makassar, lalu sebagai PPNPN di Samarinda diwajibkan mendapat bantuan APBN JKN 2016.Dan sejak Desember 2016 telah dipotong dari gaji 2% x 8.000.000 . APA kepesertaan BPJS Mandiri kami sejak September 2014 di Makassar tidak semrawut dan menjadi hangus administrasinya? Sebab sy adalah orang yang kurang percaya tertibnya sistem administrasi elektronik BPJS meski online.Sy sebenarnya ragu apakah 160 ribu yang dipotong sisanya 240 ribu dibayar apbn akan tercopy di BPJS kami nantinya mengingat kami selama ini membayar 400 ribu per bulan rutin secara mandiri aja masih ada kekeliruan dari BPJS,gmna nanti jika sdh tidak PPNPN?!Beres gak lalu lintas pembayaran iuran BPJS kami sekeluarga?

    • Untuk Informasi secara resmi harus ditanyakan langsung ke Pihak BPJS atau melalui Call Center BPJS (1500400).

      Berdasarkan pengalaman saya bulan September 2016 kemarin saat mengurus pendaftaran BPJS untuk 19 Orang PPNPN, prosesnya memang agak lama karena Bulan September 2016 kemarin kebijakan tersebut baru diterapkan di Tangerang jadi kami belum tau langkah-langkahnya seperti apa. Saat mengurus Gaji PPNPN September 2016 kami para bendahara di Tangerang sudah diwajibkan untuk memasukkan potongan 2%, jika tidak memasukan potongan2% di Aplikasi maka Surat Perintah Membayar Gaji Para PPNPN-nya ditolak oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tangerang…tapi dilain pihak ternyata Kartu BPJS PPNPN-pun tidak otomatis kami terima…setelah saya entry data untuk KPPN, saya juga ternyata harus mengentry data lagi untuk diserahkan ke Kantor BPJS (pendaftaran kolektif)…jadinya 2 Orang PPNPN yg sebelumnya sudah daftar secara mandiri sudah mulai dipotong 2% tapi dilain pihak 2 PPNPN tersebut masih harus membayar Iuran Bulanan kartu BPJS yg Mandiri-nya karena status pendaftaran Kartu BPJS yg PPNPN masih pending (mungkin karena Antriannya banyak jadinya 1 atau 2 bulan baru selesai) … Jadi prosesnya itu Ganti Kartu Pak…yg BPJS-Mandirinya di Non Aktifkan & kedepannya yg dipakai adalah Kartu BPJS yg PPNPN

      Terkait pertanyaan : “Jika status sudah tidak PPNPN lagi…bagaimana kelanjutannya?” …. saya belum bisa jawab karena saya belum pernah mengurus penggantian dari Kartu BPJS-PPNPN ke Kartu BPJS-Mandiri

      Ini 4 catatan saya saat mengurus BPJS-PPNPN, barangkali ada beberapa informasi yg bisa Pak Mochamad Ilyas ambil :
      http://blog.rivaekaputra.com/2016/09/01/ppnpn-bpjs/
      http://blog.rivaekaputra.com/2016/10/27/kartu-bpjs-ppnpn-akhirnya-jadi/
      http://blog.rivaekaputra.com/2016/11/06/kartu-bpjskis-ppnpn-yang-ternyata-belum-aktif/
      http://blog.rivaekaputra.com/2016/11/16/penggantian-faskes-untuk-ppnpn/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*