Biaya yg akan muncul jika hanya membayar tagihan minimum CC CIMB Niaga Syariah Gold

Tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan dari Mas Iman, disini : http://blog.rivaekaputra.com/2016/05/22/mempelajari-tagihan-kartu-kredit-cimb-niaga-syariah-part-2-tahun-2016/#comment-4441

Ini tagihan saya bulan Agustus 2016 (Total : Rp 4.564.147) … Pembayaran Minimum (Rp.456.415,-)  :
tagihan-agustus-2016-pembayaran-minimum-456415

Dan saya hanya bayar Tagihan Minimum + ditambahin 100rb (Rp. 556.415,-) via Internet Banking Bank Mandiri…


Bulan depannya (September 2016) Muncul biaya-biaya seperti dibawah ini  :

  • Fee Payment via Bank Mandiri : Rp. 9.000,-
  • NPMFC : Rp. 115.736,-
  • Biaya Materai : Rp. 3.000,-

tagihan-september-2016-biaya-biaya-yg-muncul

22 Replies to “Biaya yg akan muncul jika hanya membayar tagihan minimum CC CIMB Niaga Syariah Gold”

  1. makasih banyak infoya mas..
    mau nanya lagi ya..hehe

    kalo kita melakukan pembayaran minimum apakah mempengaruhi transaksi setelahnya? soalnya di kasus saya ada tagihan.. belum saya bayar, dan belum jatuh tempo.. saya mau coba transaksi di Toped kok tidak bisa ya? coba buat bayar FBads juga ga bisa… trus saya bayar sesuai tagihan minimum (plus dilebihin 50rb), lalu besoknya saya coba transaksi masih tidak bisa juga… itu kenapa ya mas?

    apa kalo kita belum lunasi tagihan jadi tidak bisa dipakai transaksi dulu?

    mohon infonya.. terima kasih 🙂

    • Sebelumnya saya pernah bayar tagihan sebagian (tidak langsung dilunasi semua) & setelahnya masih bisa transaksi…

      Untuk yg setelah bayar tagihan minimun + dilebihin sedikit ….saya belum coba

      Tapi menurut pendapat saya sih harusnya bisa dipake transaksi lagi

  2. Mantep banget mas semua tulisannya ttg cc cimb niaga syariah ini, saya jg baru dapet cc gold syariahnya, ternyata pas dikirim ada jg cc cimb wave n go yg bentuknya sticker kaya telkomsel tcash dengan limit berbeda, mungkin mas pernah denger2 ttg cimb wave n go atau mas jg pake mungkin.. Makasih

  3. Mas mau tanya kalo kita bayar minimum aja ga semuanya langsung penghitungan kena bunga nya gimana ya thanks

        • Kalau benar-benar minimum belum pernah…paling pernahnya seperti yg saya ceritakan di artikel diatas…saya bayar minimum & ditambahkan 100rb

          Biaya yg muncul sudah saya tulis di blogpost diatas

  4. halo mas

    sy baru pake kartu kredit cimb niaga syariah gold
    per tgl 22 des sy mulai menggunakan.
    jenis transaksi berbeda2. total 4jtan sudah sy pakai.
    ketika cek di atm di tulis tgl jatuh tempo 4 januari 2017. jmlh minimum yg harus di byr jg blm keluar. sy blm dpt penagihan jg. kok jatuh tempo nya 4 januari y? bkn nya biasa nya 1 bln?

    sy kmrn nelp k customer service. dia blg blm ada penagihan. nti akan keluar di tgl 19 januari 2017. jadi jatuh tempo yg 4 januari 2017 itu apa?

    tolong bantu penjelasan nya.
    thx cori

    • Izin bantu jawab ya.. Hay ka cori.. Saya juga pengguna baru CC CIMB Syariah gold, setelah beberapa bulan pakai, sudah mulai sedikit mengerti.
      Ketika kita pertama kali dikirimkan kartu kredit disana akan muncul keterangan tanggal prnagihan fan tanggal jatuh tempo.
      Dan mungkin hampir sama kali ya, saya juga tanggal penagihan d tgl 19 setiap bulannya. Dan tanggal jatuh tempo terhitung 15 hari dari tanggal penagihan. Namun apabila tanggal jatuh tempo merupakan jatuh di tanggal merah, maka tanggal jatuh tempo adalah di hari berikutnya.
      Kaka transaksi di tgl 22 desember 2016, itu berarti sudaah lewat dari tanggal penagihan d blan trsbt, jadi penggunaan transaksi kaka d tgl 22 drsember tsb baru akan muncul di penagihan blan januari, yaitu per tgl 19 januari 2017. Dan akan jatuh tempo 15 hari setelahnya.
      Dari yg aku pelajari selama ini seperti itu. Jadi perhitunggannya it transaksi terhitung dr tgl 20 hingga tgl 18 d bulan berikutnya. Jadi bukan terhitung dr tgl 1 hingga akhir bulan hehe.
      Misalnya untuk tagihan bulan mei ini. Jumlah yg akan ditagihkan ke kaka adalah transaksi yg kaka lakukan mulai dr tgl 20 april 2017-18 mei 2017. Transaksi yg terhityng dr tgl itulah yg harus kaka bayar pada bulan mei ini.
      Selama ini saya jarang menerima tagihan, padahal sudah request melalui email. Tp biasanya saya cek d go mobile, tapi tidak lengkap, karna hanya total saja. Akhirnya saya coba cari tau, dan ternyata kita bisa melihat tagihan CC melaui go klick cimb niaga..
      Penjelasan ak belibeut ga ya ka? Duh maaf kalau kurang jelas

  5. saya baca” lalu berkesimpulan kalo
    ta’widh = denda keterlambatan pembayaran
    NPMFC = bunga dari sisa tagihan

    bener nggak mas? galau juga soalnya mau aktifin. tp takut biaya “ajaib”
    feeling saya sih ini cuma beda di penamaan aja.
    NPMFC ini besarannya apakah 2.95% jg dari tagihan?

        • Kalau dalam hal supaya kita tidak usah membayar minimum payment tiap bulan (yg mana memungkinkan kena NPMFC)….Iya…memang lebih baik dibuat cicilan

          Tapi katanya sekarang cicilan 0% udah gak ada…jadi tetep aja ujung-ujungnya kena biaya tambahan

          Kesimpulan yg lebih tepatnya lebih baik kartu kredit dibuat sebagai alat pembayaran saja…*abis beli barang pake kartu kredit, harusnya langsung dilunasi semua sebelum jatuh tempo 😀

  6. Assalamu’alaikum mas..
    Mau tanya mas..apa NPMFC akan terus bertambah setiap harinya klo kita ga bayarkan setelah ditagihkan?jadi bunga berbunga setiap hari? saya kena NPMFC sebesar 350rb. sampai sekarang belum saya lunasi tagihan saya. jadi kepikiran setiap hari bakalan nambah NPMFC nya. saya kaget padahal bulan lalu saya lunasi pembayaran, tawidh juga sudah saya bayarkan lunas. kok bulan ini ada tagihan NPMFC nya. makasih sekali mas informasinya..
    Salam

    • Waálaikum Salam….

      Kalau masih ada sisa tagihan di suatu bulan (entah itu karena NPMFC atau Ta’widh atau Biaya Meterai atau Biaya pembayaran CC beda Bank) setau saya NPMFC akan terus nambah…

      Oleh karena itu saya biasanya kalau mau melunasi tagihan saya lebihkan minimal 50.000 … untuk mengantisipasi biaya meterai dsb

      *Kalaupun tidak ada biaya meterai dsb …. 50.000 tersebut tetap aman ada di kartu & bisa dipakai untuk mengurangi tagihan selanjutnya.

  7. Maaf.. bantu coment ya.., salam.
    Intinya.. semuanya sama. Cuma penamaannya saja yg beda. Karna syariah, maka istilahnya ta’widh.
    Saya menambahkan mengenai bunga perbulan dari minimum payment. Juga fee charga di coment rekan2 di blog pak reva.
    Bunga retail paling ringan adalah cc cimb (2016), sy pakai juga cc bni (sejak 2005), saya pakai kedua cc ini, maka saya bilang ringan dan bunganya rendah. dibandingkan dgn cc dari bank lain, yg bisa 3℅ lebih. Ada pula yg 3,75℅ dan 3,95℅ pada umumnya. Antara lain sy menambahkan info :
    1.usahakan kita buka rek dari cc yg kita miliki, gunanya agar terhindar dari charge payment dan biaya keterlambatan (besaran kisaran 130rb s/d 150rb pada umumnya, walau saat itu pas tgl jatuh tempo, maka payment langsung masuk.
    2.bila paymemt kita minimum, maka bunga dalam satu bulan dihitungnya (bukan bunga harian), dari sisa minimum payment. Misal pemakaian 4jt. total tagihan 4jt + bunga 118.000 (2,95℅ dari total tagihan) + bea materai 6000 (pada umumnya), total tagihan menjadi 4.124.000, minimum payment 10℅ adalah 412.400). “Nb:payment dgn atm cimb”
    – Bulan berikutnya dari pemakaian awal 4jt dan tagihan bulan lalu 4.124.000 dikurang 412.400 = 3.711.600).
    Maka tagihan bulan ini 3.711.600 + bunga 109.500 (2,95℅ x 3.711.600) + materai 6000. maka total tagihan 3.827.100.payment minimun 382.710.
    Begitu seterusnya.
    -bila ada keterlambatan, tinggal ditambah biaya denda keterlambatan.
    3.maaf.. kepanjangan, biar rekan2 selain pak reva, bisa paham maksud dari penggunaan kartu kredit. Juga untuk pengguna baru kartu kredit. Walau dari penerbit dari bank lain.

    Demikian.. salam hangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*