Beberapa Catatan tentang Lembur

Sebelumnya saya pernah menulis beberapa posting terkait lembur…(*coba dicari dulu di Arsip Blog)

Ini :

Lembur adalah Tema yg sedang hangat-hangatnya jadi pembicaraan di lingkungan kerja saya sekarang.

Apakah saya memiliki Ide yg lebih baik?

Bagaimana caranya suatu kegiatan yg bersifat nasional bisa sukses…tanpa harus mengorbankan anak-anak kecil yg ingin bersama Ayah-Ibunya saat Weekend?

Ide yg terlintas :

#1. Optimalkan pegawai-pegawai yg sedang mencari tambahan penghasilan yg Halal

Kebanyakan orang memang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga saat weekend, tapi sebagian kecil pegawai sebenarnya oke-oke aja disuruh lembur (*yg belum berkeluarga)…apalagi kalau dikasih tambahan penghasilan.

Yg menjadi kendala disini adalah Uang Lembur (secara peraturan) baru bisa dibayarkan dibulan berikutnya …jadi rewardnya kurang berasa.

Jika memang ini proyek Nasional harusnya sih ada semacam petunjuk mengenai penggunaan dana reward bagi pegawai yg masuk kerja saat weekend yg sudah di uji oleh tim Auditor (Itjen / BPK dkk) bahwa hal tersebut tidak melanggar peraturan.

Contoh : Misalkan ada pegawai Muda, umur 23 tahun, melek teknologi, paham peraturan …*belum punya tujuan hidup yg jelas 😀 … lalu ditawari lembur hari sabtu & dibayar 300rb (dari pada diem di kost-an gak jelas…panas gak ada AC)… ya mending masuk kantor aja 😀 … lumayan dapet 300rb & itu halal serta tidak melanggar peraturan.

Harusnya pegawai-pegawai seperti diatas dioptimalkan untuk masuk saat weekend.

#2. Jika seorang pegawai masuk kerja di Sabtu & Minggu…..maka Senin & Selasa dia boleh libur

Untuk melaksanakan poin nomer 2 ini sepertinya memang berbenturan dengan Peraturan yg berlaku saat ini tentang Hari Kerja….tapi bukankah tinggal dibuat semacam peraturan tambahan aja?. Peraturan itu pada dasarnya adalah untuk mempermudah pegawai & masyarakat….bukan mempersulit (Masa udah masuk di hari sabtu / minggu…terus tetap harus masuk juga senin s.d. jumat?)

#3. Kerjasama antar kantor mengenai pegawai yg masuk hari sabtu & minggu

Misalkan disuatu kantor sama sekali gak ada pegawai yg bisa masuk sabtu & minggu…tapi dikantor lain ada banyak anak muda yg siap lembur….maka tinggal di bagi aja sama pihak Eselon II

#4. Maksimalkan Fungsi website (penjelasan dalam bentuk Video, download formulir, tata cara penyampaian dsb)

Tentang fungsi website pernah saya tulis disini : http://blog.rivaekaputra.com/2012/11/03/contoh-efektifitas-website/ ….jadi masyarakat yg sedang memerlukan suatu jenis pelayanan bisa mengerti langkah-langkah yg harus dilakukan tanpa harus konsultasi langsung ke kantor…& Jika memang dokumen persyaratan harus dikirim langsung ke Kantor pemerintah (*Gak bisa via Jasa Pengiriman) …maka waktu mengantri di kantor pemerintah akan menjadi lebih cepat karena dokumen-dokumen persyaratannya sudah lengkap…tinggal menyerahkan saja.


Untuk saat ini …idenya baru 4 poin diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*