Pengalaman Kuliah di STAN

Dulu pas lulus SMA (Tahun 2002), saya disuruh Orang Tua untuk nyoba USM STAN…padahal saat itu saya ingin istirahat dulu setahun…

Waktu Test tertulis di Gelora Bung Karno saya emang gak sengaja nyalah-nyalahin jawaban juga sih…saya tetap mengeluarkan semua kemampuan terbaik saya untuk menjawab soal.

& ternyata….

DITERIMA!…. Diploma I ….di STAN Jurangmangu (Tangerang)

….Jadi…bagaimana rasanya kuliah di STAN?

3 hal yg berkesan :

  • Diatas Langit masih ada Langit
  • Iklim Sukabumi & Tangerang  yg sangat jauh berbeda
  • Sistem Sekolah & Kuliah yg berbeda

Diatas langit masih ada langit itu maksudnya… dulu kan pas sekolah saya merasa sok Pinter, Sok Jenius hehehe 😀 ….meskipun saya gak masuk ranking 10 besar di SMA, tapi itu karena saya ya pengennya kyak gitu….memang sengaja gak belajar, jadi pas Ujian pun saya masih main PS….Tapi di STAN itu ternyata banyak sekali yg lebih pinter…jadi ketika saya memutuskan untuk mengeluarkan semua kemampuan terbaikpun… saya masih ragu apakah saya bisa mendapatkan nilai yg lebih baik dari Mahasiswa/Mahasiswi yg lain … 🙂

Iklim STAN Jurangmangu-Tangerang itu panas… bikin tidur gak nyenyak….proses belajar terganggu dsb…beda banget dengan sukabumi yg dingin…Dan itu salah satu Faktor yg membuat saya gak bisa belajar maksimal. Ditambah dulu pas kuliah saya ngontrak 1 rumah bersama beberapa temen dari sukabumi….jadi saya yg dulu pas SMA punya kamar sendiri, menyepi, mengisi ulang energi……seperti gak punya waktu untuk istirahat/mengisi ulang energi….dikampus banyak orang, di rumah kontrakan juga banyak orang.

Sistem Sekolah & Kuliah yg beda….di STAN  saya udah gak bisa maen-maen lagi kyak di SMA…contohnya klo di SMA meskipun saya dapet nilai dibawah 5 berkali-kali itu masih tidak masalah, malah kadang banyak temen senasib 😀 tapi di STAN dapet Nilai D 2x maka tamatlah riwayat kuliah di STAN (Di Drop Out!!!)

Dan …singkat cerita…..akhirnya LULUS

Pas Wisuda saya berada di deretan bangku belakang…urutan 204 dari 210….sedangkan temen sekelas saya yg asal Garut berada di Urutan Pertama, dia di Wisuda langsung sama Menteri Keuangan 😀 ….setau saya di Garut  juga iklimnya dingin hampir sama kyak sukabumi….jadi saya tidak bisa ber-alasan bahwa perbedaan iklim mengganggu proses belajar , buktinya yg dari Garut-pun malah bisa dapet IPK terbaik.

mmmm….memang…. diatas langit masih ada langit 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*