[Simulasi] Bisakah hidup dengan 500rb di Kota seperti Tangerang?

Kenapa angkanya 500rb?, karena sekitar itulah penghasilan tambahan yg saya dapat perbulan dari menulis saat ini 😀

Jika semacam disimulasikan…misalkan saya seorang diri di Tangerang…bukan Pegawai suatu Kantor….gak ada kenalan…belum punya rumah…barang-barang yg saya bawa hanya :

  • Kartu ATM (untuk ngambil yg 500rb per bulan)
  • Pakaian yg sedang dipakai (Baju, Celana, Sandal)

Hal-hal apa yg saya prioritaskan…?

Makanan, Air & Tempat untuk Tidur

Untuk Makanan…sepertinya mau tidak mau saya harus merubah pola makan  3x sehari jadi 2 hari sekali (seperti puasa)….&  saya perlu menghindari hal-hal yg sebenarnya tidak diperlukan tubuh (r0kok & kopi)….untuk r0kok gampang karena saya bukan per0kok…yg agak sulit mungkin kopi karena saya sudah kecanduan. Untuk makan…yg terlintas saya beli roti tawar di mini market dengan selai madu (Madu bisa jadi semacam suplemen kesehatan…ditengah-tengah minimnya budget)  & mungkin sesekali makan nasi di warteg. Ini daftar harga di salah satu warteg Online (https://www.pumasera.com/content/restaurant/detail/R0025)..kondisi realnya mungkin tidak jauh dari daftar harga dibawah :

Warteg Online Screenshot from 2016-05-25 20:50:10

Warteg Online Screenshot from 2016-05-25 20:50:25

Air, mungkin sambil beli makan di Warteg minta air juga ….& sekali-kali beli Air minum dalam kemasan sepertinya masih bisa.

Tempat untuk Tidur…ditengah-tengah budget yg buat makanpun terbatas….kost-an (tempat untuk tidur) termurah pun rasanya adalah suatu kemewahan tersendiri…jika mau nge-kost di Tangerang kemungkinan besar 500rb  langsung abis… pilihannya mungkin saya akan mengalokasikan sebagian dari 500rb untuk beli jaket yg ada tudungnya & kaos kaki (untuk sedikit melindungi dari angin malam yg dingin & nyamuk)…tidur di pom bensin / numpang di mushola atau mesjid yg mengijinkan …namun saya tetap harus jaga kebersihan / ikut bersih bersih.

Coba hitung-hitung cukupkah 500rb untuk hal-hal diatas :

  • Jaket & kaos Kaki : 125rb
  • Madu 1 botol yg 250ml …saya cek di salah satu situs minimarket = 35rb (di cukupkan untuk 1 bulan)
  • Sarapan Roti Tawar (isi 10) 13rb ……..jika 1x sarapan perlu 2 helai roti berarti dalam 1 bulan (anggap 31 hari) biaya sarapan = 81rb
  • Makan Malam (Warteg)…….nasi & telur dadar itu harganya 7rb…jadi mungkin budgetnya maks 7rb per hari & minta minum yg gratis (Rp. 0,-)…total 217rb,- ….*Sarapan & makan bisa flexible gak harus monoton sarapan rotiiii terus…gak harus makan malam telooor terus…kondisi di warteg menunya beragam juga seperti menu di link warteg online yg saya cantumkan diatas
  • Sesekali mungkin perlu juga beli Air Mineral (Air bersih) yg 1500 ml …harga sekitar 4rb per botol…anggap aja dalam 1 bulan beli 10x = 40rb …karena air itu salah satu hal yg vital

Hal gratis yg bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah olah raga (Rp. 0,-) tinggal niat ……*pemanasan dikit, lari di alun-alun, push up, sit up…hal-hal seperti itu

Klo dihitung 125rb + 35rb + 81rb + 217rb + 40rb = 498.000,- ….wiiih masih ada sisa 2rb 😀  & mungkin bisa lebih hemat klo di warteg cuma beli nasi putih….temen nasinya = makanan kyak Abon yg dibeli di minimarket.


Beberapa kelemahan simulasi saya diatas?

  • Baju gimana? …apakah dalam 1 bulan pake baju yg sama terus? ….ato makan di wartegnya dikurangi? buat budget beli baju cadangan? atau beli jaketnya yg bener bener murah? supaya ada sisa buat beli baju?
  • Keperluan Toilet bagaimanakah? numpang di pom bensin teruskah?….

Keuntungan yg saya punya ditengah-tengah budget yg serba minim tersebut adalah : WAKTU yg sangat buaaanyaaak (Tidak “terpenjara” di kantor) …jadi saya memiliki waktu yg sangat banyak untuk menulis & belajar Internet Marketing.

Untuk awalnya mungkin saya akan beli buku tulis & alat tulis manual dulu untuk menyimpan draft-draft tulisan & membuat strategi pembuatan konten dalam hal internet marketing….(karena netbook & modem belum kebeli)

Selanjutnya, saya terbiasa hidup hemat & sehat…mungkin bisa cari kerjaan-kerjaan tambahan dulu (selain menulis & internet marketing) untuk nambah-nambah yg 500rb per bulan…

Atau mungkin cukup dengan cara di bulan ke-2 saya membeli alat memancing ikan? jadi kerjaan tambahan yg dilakukan adalah mencari ikan di sungai cisadane (Untuk dimakan / dijual lagi)….& dengan membayangkan situasi semacam ini saya baru kepikiran kalau ada beberapa profesi yg bisa menghasilkan income dengan modal yg sangat sedikit…misal : Tukang Pangkas Rambut….Dia cuma perlu Gunting, Sisir & selembar kain untuk menutupi badan pelanggan saat di cukur…..misalkan harga pangkas rambut rata-rata 10rb…dia menawarkan 4 rb…..ada kemungkinan jika rajin keliling bisa dapet beberapa pelanggan per hari.


Bulan Ke-3, Ke-4, ke-5 dst… semakin ahli menghemat tapi tetap sehat…..&  mulai ahli dalam mencari penghasilan tambahan (misal lebih ahli dalam mencari ikan disungai) ….

Setelah budget cukup….saya tinggal di kost-an lalu beli Netbook & Modem…..2 alat ini adalah Leverage saya untuk mendapatkan penghasilan yg lebih banyak….saya pernah menulis artikel yg berhubungan disini : http://blog.rivaekaputra.com/2015/03/07/kerja-dengan-modal-netbook-modem/


Pesan moral bagi saya sendiri :

  • Sekarang saya sudah punya laptop & netbook….modem bolt, cadangannya portable Wifi Hotspot …kenapa saya tidak mengoptimalkan alat-alat tersebut?
  • Saya sekarang tidak nge-kost, tapi sudah punya rumah sendiri yg bebas banjir (meski KPR nya belum lunas)…kenapa tidak bersyukur? kenapa malah menggunakan laptop & modem untuk nonton hal-hal yg kurang bermanfaat? & laptop tersebut malah mengganggu salah satu keperluan pokok = Tidur?
  • Kenapa saya tidak mencoba menghilangkan beberapa kecanduan yg tidak perlu (kopi)
  • Kenapa saya tidak mulai melatih skill dengan modal sedikit seperti contoh yg saya tulis diatas (Buat backup skill)?…
  • Kenapa masih belum terbiasa Olah Raga?
  • Meskipun di kantor memang sibuk…jika memang saya memiliki keinginan yg kuat untuk sukses secara finansial saya bisa memanfaatkan Weekend & Jam 3 Dini Hari…

3 thoughts on “[Simulasi] Bisakah hidup dengan 500rb di Kota seperti Tangerang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*