Upacara Lagi

Seingat saya … terakhir kali ikut upacara bendera adalah tahun 2004 / 2005 …10 tahun lebih yg lalu 😀

Kemarin di halaman kantor (Jam 07:30 s.d. 08:00) ada Upacara Hari Kebangkitan Nasional…dan mulai bulan mei 2016 ini kantor diwajibkan melakukan Apel (mirip-mirip upacara) sebulan sekali. Jadi kedepannya dalam sebulan sekali akan ada kegiatan upacara lagi seperti ketika saya sekolah.

Apakah Apel efektif untuk meningkatkan etos kerja pegawai?

Saya tidak tau….

yg saya tangkap tentang kenapa diadakan Apel adalah : Untuk mendapatkan hasil yg berbeda…perlu diadakan sesuatu yg berbeda pula….

Apakah ada Ide-ide kegiatan lain yg bisa meningkatkan etos kerja pegawai selain Apel?

  1. Ceramah Pemuka Agama yg menekankan Tema bahwa bekerja (melayani masyarakat) adalah ibadah juga….& jangan sampai ceramah itu sendiri mengganggu jam pelayanan. Lebih ditekankan misalkan jika kita menempatkan diri kita di posisi masyarakat yang  datang ke suatu kantor pemerintahan…tentunya kita akan merasa sangat terganggu jika pegawai yg seharusnya melayani kita sedang jalan-jalan di Mall….(diingatkan bahwa Jalan-jalan di mall pas jam kerja itu dosa & akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti) …. lebih jauh lagi…kita tentunya akan merasa terganggu juga jika misalkan pegawai yg seharusnya melayani kita sedang Sholat Dhuha (amalan yg hukumnya tidak wajib)…Apakah membuat masyarakat menunggu sekitar 5 menit-an karena kita mengerjakan amalan yang tidak wajib itu masih termasuk kategori ibadah?
  2. Reward & Punishment jelas….Jika ada pegawai yg Absen Pagi…lalu pergi Futsal dulu di Jam kerja…harusnya di tindak tegas…bisa berupa pemotongan Tukin, peringatan tertulis  dari kepala kantor & diberikan Surat Perintah Kerja lembur untuk mengganti jam kerja yg dipakai untuk futsal. Untuk Reward….baiknya sih sebenarnya ada mekanisme untuk mengalihkan Tukin yg dipotong dari pegawai yg bolos ke pegawai yg standby ditempat…karena logikanya pegawai yg standby tersebut jadi menanggung beban kerjaan pegawai yg bolos. Jika belum ada mekanisme pengalihan Tukin….setidaknya ada reward tertulis berupa semacam scan piagam yg dikirim ke e-mail pegawai 😀 …jadi ketika semua pegawai sudah patuh semuapun…kepala kantor juga dapet dengan mudah mengirim scan piagam bulanan ke semua pegawai….tinggal copy paste semua e-mail pegawai…lalu kirim attachment piagamnya ke semua pegawai.
  3. Jangan sampai ada istilah : “No Punishment = Reward”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*