Mendeskripsikan Pekerjaan Bendahara Pengeluaran secara Singkat

Kadang ketika saya ditanya sama pegawai baru atau pegawai lain yg belum pernah ditempatkan di bagian keuangan kantor…saya sendiri agak bingung cara menjelaskan secara singkatnya seperti apa….

Tulisan yg lumayan detail tentang gambaran utuh pekerjaan bendahara pengeluaran pernah saya rangkum di :


Lalu bagaimana cara menjelaskan secara singkat?

Misal ada yg nanya : “Mas, pekerjaan bendahara itu gimana sih?”

Jawaban  : “mmmm…..Singkatnya …Bendahara itu itu bertanggung jawab atas pengelolaan uang kantor yg sekitar 1 Milyar per bulan….Uang 1 Milyar ini dibagi jadi 2 :

  1. 900jt-nya Tukin yg para pegawai terima setiap bulan….
  2. 100jt-nya untuk keperluan kantor yg kecil-kecil seperti Gaji Satpam, Gaji CS, Service AC, Service Mobil dinas, Snack Rapat dsb…tiap bulan ada sekitar 100 transaksi yg kecil-kecil…

kira-kira singkatnya kyak gitu”


Jawaban agak panjang :

“Begini … kalau waktu kita sekolah dulu yg uang kasnya mungkin dibawah 10jt sebulan, bendahara itu kan menangani semua hal yg berhubungan dengan keuangan.

Kalau di kantor kita yg menangani sekitar 1,5 Milyar per bulan, urusan keuangan itu dibagi jadi 3 Bagian, karena diaturannya mengharuskan ada mekanisme check & balance :

  1. Bagian Pertama itu adalah Bagian terdepannya kantor yg berhubungan langsung dengan Penyedia Barang Jasa kyak : Toko ATK, Tukang Service AC, Bengkel Service Mobil Dinas dsb….Timnya itu terdiri dari 5 orang …ketuanya Pak Ha****
  2. Bagian ke-2 adalah Bendahara (Saya) ….Setelah melalui proses penyaringan oleh Timnya Pak Ha****,- saya ditugaskan untuk mengeluarkan uang di brankas (sambil nunjuk ke brankas) untuk bayar misal ke Tukang Service AC, Gaji Satpam dsb…total per bulan uang yg keluar dari brankas itu sekitar 100jt-an, disamping itu saja juga harus mengelola Dana Tukin yg di Drop langsung dari Kantor Pusat yg sekitar 900jt per bulan…
  3. Bagian ke-3 itu namanya PPSPM…(Bu I**) singkatan dari Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar…kalau bendahara kan mengeluarkan uang dari Brankas atas dasar permintaan dari Timnya Pak Ha****….kalau PPSPM ini mengurus transfer langsung dari Kas Negara ke Rekanan atas permintaan Timnya Pak Ha**** juga, biasanya ini untuk pengeluaran kantor yg langsung besar seperti Tagihan listrik kantor yg sekitar 30jt  per bulan…. Total per bulan mungkin sekitar 500jt….. & PPSPM juga bertanggung jawab untuk pengarsipan dokumen-dokumen yg nanti sewaktu-waktu bisa di cek oleh BPK / Itjen.

Dan berhubung Bendahara itu secara struktural adalah Pelaksana…seringkali bendahara juga “dipaksa” bantu-bantu bagian pertama dan ke-3.

Kira-kira seperti itu 😀


Itu hasil usaha saya dalam meringkas jawaban ke seseorang yg awam terkait Tim Pengelola Keuangan kantor….jika mau jawaban lebih detail & panjang lebar bisa dilihat secara lengkap di 3 link yg saya cantumkan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*