[Ide] Patungan Beli Rumah

Waktu saya nyari-nyari rumah di Tahun 2013,-  harga rumah termurah yg tidak terlalu jauh dari pusat Kota tangerang adalah 325jt….untuk Apartemen masih ada yg 150jt tapi udah langka. Tahun 2016 ini (hasil pencarian singkat) termurah ada dikisaran 450jt & Untuk Apartemen kisaran 300jt.

Para Pegawai baru yang ditempatkan dikantor saya mengeluarkan biaya sekitar 1jt per Bulan untuk Kost deket Kantor. & secara hitung-hitungan dengan kemampuan gaji sendiri sudah tidak mungkin untuk ngambil rumah yg lokasinya strategis…belum lagi kendala DP.

Lalu saya melihat rumah yg saya tempati (LT 60m2) sekarang sebenarnya cukup untuk dibuat 4 kamar kost (Dapur & Ruang Tamu dijadikan kamar juga)…

Ide-nya adalah para pegawai baru tersebut (4 orang) masing-masing minjem KTA ke Bank sebesar Rp. 150jt selama 10 tahun (Angsuran sekitar 2,5jt per bulan) jadi terkumpul Dana 600jt …beli rumah dilokasi strategis Rp. 450jt…150jt sisanya dipakai untuk merenovasi bentuk rumah dari rumah biasa menjadi 4 kamar kost-an & untuk surat-surat.

Dengan demikian Para Pegawai baru bisa tinggal di kamar yg lokasinya gak terlalu jauh dari kantor & itu milik sendiri…*daripada mengeluarkan 1jt per bulan untuk Kamar Kost-an.

& Jika perlu Uang …..kamar tersebut bisa dijual ke Pegawai lain / orang lain…atau di sewakan.

Kendala-kendala jika ingin merealisasikan Ide ini :

  • Tidak semua pegawai baru punya pemikiran yg sama….jadi cukup sulit mengumpulkan 4 orang dengan Visi yg sama
  • Saya sendiri belum tau bagaimana cara mengurus sertifikat 60m2 disuatu perumahan…menjadi 4 sertifikat dengan luas masing-masing sekitar 15m2 ? apakah bisa? ….IMB nya jadi bagaimana?
  • Para tetangga disuatu perumahan sepertinya akan melihat hal ini sebagai sesuatu yg aneh 😀

Jika tidak mau terikat dengan aturan-aturan suatu perumahan atau cluster, sebenarnya tinggal mengumpulkan pegawai baru lebih banyak lagi….jika misalkan terkumpul 10 orang….masing-masing minjem 150jt…maka terkumpul 1,5M…

  • Beli tanah disuatu perkampungan yg lokasinya strategis & relatif aman…urus sertifikat menjadi 10
  • urus IMB
  • Pasang dinding dimasing-masing sisi
  • lalu bangun 10 kamar kost-an didalam dinding tersebut
  • Jadilah semacam Town House versi ekonomis 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*