Mengembalikan / Recovery Foto HP Android yg terhapus (Dari SD Card)

Hari Sabtu kemarin, secara tidak sengaja saya menghapus 1 folder DCIM dari SD Card HP Android, niat awalnya saya hanya ingin menghapus hasil jepretan foto terakhir yg saya ambil…namun ternyata kemarin itu saya belum masuk ke dalam folder DCIM & 1 folder DCIM pun terhapus (*ada  sekitar 120 foto yg terhapus & ada 1 video !!!!)

Setelah googling & coba beberapa aplikasi dari PlayStore….yang memberikan hasil cepat & nyata adalah Aplikasi DiskDigger photo recovery (Versi yg Free).

Install DiskDigger Photo recovery - Screenshot_2016-04-30-16-03-54

Setelah di Scan, saya bisa melihat foto-foto yg terhapus (dalam ukuran kecil…bukan ukuran file asli)…lalu saya bisa recovery foto ukuran kecil tersebut ke Google Drive atau ke HP…..untuk 1 video yg terhapus tidak bisa.


Karena Foto & 1 Video yg terhapus ini penting saya akhirnya memutuskan untuk membeli DiskDigger Pro (harganya Rp. 39.899) saya bayar pake Pulsa Indosat (Bill my Indosat account)…namun ternyata untuk mengembalikan file dengan ukuran original saya harus root dulu HP Androidnya pake One Click Root Software, harganya $29,95 (Rp. 412.864)

Disk Digger Pro Screenshot_2016-04-30-16-15-55Screenshot_2016-04-30-16-47-52

Singkat cerita saya pake jasa One Click Root….ternyata untuk root HP android itu agak kompleks….saya perlu PC/Laptop OS Windows & Kabel Data…Saya menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk chat sama Customer Service (CS) One Click Root (dalam bahasa inggris), beberapa kali CS One Click Root nge-remote Laptop saya….melakukan banyak hal (Download & Install beberapa aplikasi di laptop)….beberapa kali dia minta tolong saya restart HP….Volume Down + Home + Power Button dsb ….lalu 1 jam kemudian berhasil.

Setelah di Root tampilan DiskDigger Pro-nya seperti ini :

Tampilan setelah di Root Screenshot_2016-04-30-19-50-34

Hasil akhirnya…saya bisa mendapatkan kembali foto-foto dengan ukuran original (meski ada beberapa foto yg sepertinya rusak & gak bisa di recovery)….untuk video tidak berhasil, meski saya sudah coba aplikasi berbayar tetap saja video-nya gak bisa di recovery….ada keterangan seperti ini setelah Full Scan : “There were also 1 video .MP4 file that are corrupted/fragmented beyond recovery

122 foto terselamatkan - 1 video tidak Screenshot_2016-04-30-19-11-34

Sepertinya 1 video tersebut sudah tidak bisa diselamatkan….setelah DiskDigger Pro tidak berhasil, saya coba Aplikasi lain dari PlayStore (Dr. Fone) untuk recovery video…tetap sama tidak berhasil.

Kesalahan yg saya lakukan sebelum recovery adalah masih memakai HP tersebut untuk aktifitas (Screenshot, foto dsb)… katanya (hasil googling)… klo saya mau recovery file….jangan sampai HPnya dipake dulu, takutnya file yg terhapus tersebut jadi gak bisa di recovery lagi karena sudah terlanjur tertimpa file yg baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*