Proses Persalinan di Bidan

Dulu saya pernah liat proses persalinan Normal / Caesar di video FB. Setelah liat 1x saya gak mau liat-liat lagi…& Hari Senin, 18 April 2016 kemarin saya mendampingi istri saya untuk lahiran secara normal di Bidan deket rumah…

rasanya gimanaaaa gitu…Campur-aduk, berasa mimpi…kasian…gak tega…berharap prosesnya lancar & secepatnya selesai.

Yg bisa saya lakukan berdo’a, membetulkan posisi selang oksigen yg kadang pindah dari tempatnya, memegangi istri & ngasih semangat….

& Jam 13:50 lahir…Alhamdulillah


Prosesnya, kalau diringkas kira-kira seperti ini :

  • Sekitar jam 10:00 istri udah ada di tempat praktek Bidan
  • Saya tandatangan semacam Surat Pernyataan yg disediakan Bidan
  • Istri tiduran….mulesnya sepertinya masih jarang-jarang…
  • Bidannya menyediakan teh manis anget & makan siang…katanya supaya tenaganya lebih maksimal
  • Mungkin sekitar jam 13:15-an prosesnya dimulai
  • Jam 13:50 lahir…
  • Ari-ari dipotong
  • 13:55-an klo gak salah mengeluarkan plasenta
  • Bayi di peluk istri..sekitar 1 jam……*& proses penjahitan
  • Setelah sekitar 1 jam bayi di bersihkan, diukur beratnya, tinggi/panjangnya….kaki kirinya disuntik dsb
  • Istri juga disuruh minum obat
  • Harusnya kami pulang ke rumah di Selasa Pagi (19 okt 2016) supaya bidannya bisa terus Observasi…tapi istri minta pulang sekitar jam 21:00-an malem (masih tgl 18) & bidannya juga mengizinkan karena istri saya dosen di salah satu Akademi Kebidanan …jadi dianggap sudah tau apa yg harus dilakukan
  • Singkat cerita dede bayi di suntik lagi (kaki kanannya) ….saya menyelesaikan masalah administrasi (Lahiran di Bidan biayanya 1,5jt)…dapet dokumen tertulis yg sepertinya salah satu persyaratan bikin Akta Kelahiran..& kami pulang ke rumah jam 21:00-an

Diatas hanya gambaran aja…kalau mau ditulis secara detail sepertinya akan panjang.

 

Tinggalkan Balasan