Introvert & Sosialisasi di lingkungan rumah

Dulu waktu sekolah saya diberikan ide bahwa kita itu makhluk sosial, semuanya dipukul rata sebagai makhluk sosial…sebagai makhluk yg seharusnya suka bersosialisasi.

Pada prakteknya sehari-hari…kita semua diharapkan untuk aktif di lingkungan kantor dan lingkungan rumah (saat di undang kerjabakti kita seharusnya datang, saat diundang syukuran kita seharusnya dateng, saat diundang ngumpul-ngumpul sama bapak-bapak dilingkungan rumah kita seharusnya datang dsb)….Normalnya seperti itu.

Namun bagi saya pribadi… untuk aktif dilingkungan kantor saja (…+lembur) sepertinya sudah terlalu over dosis dalam hal sosialisasinya…saya kebanyakan belum sempat bersosialisasi dilingkungan rumah…

“Baterai” saya sudah habis…

…dan dengan sikap seperti itu sepertinya saya di cap sombong & individualis oleh lingkungan sekitar rumah…karena dari kecil kita memang diajarkan bahwa kita semua adalah makhluk sosial yg normalnya adalah suka bersosialisasi

Jadinya seperti extrovert VS introvert…..atau dari sudut pandang para extrovert mungkin kalimatnya tidak seperti itu…bahkan mungkin istilah introvert pun mereka gak pernah denger, klo dijadikan kalimat mungkin kalimatnya adalah : “Manusia Normal VS Manusia sombong yg individualistis” …manusia normal-ah yg benar (yg aktif bersosialisasi di lingkungan kantor & rumah) ..sedangkan manusia sombong & individualis itu harus dilabrak, dibentak-bentak supaya dia menjadi “normal” aktif di lingkungan rumah.

Terus memangnya apa gunanya Introvert? …apa gunanya “manusia sombong yg individualistis” ini?

Kalau dianalogikan di sepakbola, para extrovert itu adalah pemain inti yg turun ke lapangan…sedangkan introvert itu adalah orang dibelakang layar yg merancang strategi. Keduanya seharusnya saling melengkapi untuk memenangkan pertandingan.

  • Para pemain inti kegiatannya berlatih dilapangan, pertandingan latihan lawan tim cadangan dsb
  • Sedangkan ahli strategi kegiatannya menganalisis kekuatan & kelemahan Tim Lawan

Namun yg terjadi di masyarakat sekarang adalah…semuanya harus turun kelapangan, semuanya harus tampil, semuanya harus suka bermain bola….yg gak suka turun kelapangan itu orang aneh!!!!!

Lalu apakah sudah ada beberapa tulisan saya sebagai “ahli strategi” meskipun belum bisa maksimal?

Di Lingkungan Rumah
http://blog.rivaekaputra.com/2010/11/28/banjir/
http://blog.rivaekaputra.com/2015/01/07/rt-rukun-tetangga/

Di Lingkungan Kantor
http://blog.rivaekaputra.com/2015/08/30/ide-s-o-p-pelayanan-ketika-mati-lampu/
http://bpg.bendahara.com/tips-menyelesaikan-pekerjaan-bendahara-pengeluaran-apbn/

Di Lingkungan Nasional, saya sepertinya belum berkonstribusi terlalu banyak
http://blog.rivaekaputra.com/2015/09/05/ide-mengatasi-kemacetan-saat-adanya-perbaikan-jalan/

Di Lingkungan Internasional, juga belum berkonstribusi banyak

Cita-cita saya suatu saat nanti adalah saya menjadi penulis (Buku Cetak / Internet) Bekerja dari rumah…memiliki banyak royalti / penghasilan dari dunia internet…lalu saya mulai sedikit banyak berkonstribusi di lingkungan Nasional & Internasional.

Tinggalkan Balasan