Checklist saat pindahan HP

Ganti HP itu bukan hal yang sering dilakukan, jadi lebih baik saya tulis aja…siapa tau nanti perlu buat pengingat pribadi :

1. Mengenai Contact

Sekarang saya pindahan dari Android ke Android (Ace 3 ke V Plus)….seharusnya lebih simple…tinggal masukin e-mail di HP baru, sync contact …selesai…untuk memastikan hitung dulu jumlah contact yg ada sekarang…setelah saya hitung 1.499 contact.

Tulisan saya sebelumnya mengenai transfer contact disini

2. Aplikasi dari Play Store yg dipakai di HP sebelumnya…

Coba saya data dulu :

  • Barcode Scanner
  • BBM
  • Clean Master
  • Mandiri Mobile
  • My Bolt!
  • Skype
  • WhatsApp

di HP baru tinggal install

3. Data SMS?

Bisa aja sih di pindahin ke HP baru pake aplikasi sms backup & restore, tapi bukan sesuatu yg urgent

4. File-file Media di HP lama (Foto, Video, Musik dsb)

Bisa dipindahkan via google drive, bisa juga manual….klo untuk saya saat ini bukan hal yg penting…yg paling penting sepertinya Contact & Aplikasi-aplikasi yg masih sering saya pake dari Play Store

Yg harus di antisipasi adalah WhatsApp, karena untuk saat ini Aplikasi ini yg paling sering saya gunakan & saya juga sudah membuat beberapa Group…apakah setelah saya pindah HP akan berpengaruh?…jangan2 group-nya bubar gitu hehehe…kyaknya enggak sih….di coba dulu


Update setelah pindahan…

Ternyata setelah saya masukan alamat e-mail utama ke HP baru, otomatis dia menyingkronkan Data Contact & Aplikasi-Aplikasi yg ada di HP lama ke HP baru…

Jadi saya tinggal nunggu aja 😀 lumayan lama nunggunya soalnya selain install aplikasi juga otomatis update aplikasi bawaan yg ada di Android (Chrome, Drive dsb) …*Proses ini lumayan menghabiskan kuota internet

Setelah selesai, hal pertama yg saya lakukan adalah cek WhatsApp…Group WA masih ada semua cuman History Chat-nya ga ada…lalu saya uninstall lagi WA nya, supaya saya bisa restore backup yg ada di google drive (karena opsi restore ternyata cuma ada pas awal instalasi)…lalu restore data …tapi entah kenapa gagal…mungkin nanti dicoba lagi.

Contact di Cek udah Ok & Aplikasi-aplikasi udah ada di HP baru (WA udah bisa jalan di HP baru meski tanpa History Chat dari HP Lama)

…Sekian dulu catatan singkatnya.


Update Lagi (9-4-2016)

  • History Transaksi berhasil di Mandiri Mobile ternyata gak ikut…yg ikut hanya daftar transaksi favourite
  • Hilangnya fitur Auto Fokus kamera menyebabkan Aplikasi Barcode Scanner susah membaca barcode (Barcode e-faktur masih bisa dibaca tapi barcode dilembaran SPM sulit ke detect)
  • WhatsApp udah coba sekitar 3x restore backup chat dari google drive, entah kenapa gagal terus
  • Harus ngisi lagi password MiFi Bolt :).. password untuk masuk ke My Bolt & password untuk bisa restart bolt dari android beda….ribet klo lupa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*