Bagaimana kemajuan skill mengemudi saya?

Tahun 2011 pernah ikut Kursus Setir Mobil (disini)…lalu mulai September 2015 ada Honda Brio Satya yg terparkir di Carport rumah yg mana bisa saya pakai kapan aja…

  • September 2015
  • Oktober 2015
  • November 2015
  • Desember 2015
  • Januari 2016
  • Februari 2016

…& kemajuan skill mengemudi saya sepertinya tidak begitu signifikan karena jarang dipake!!!!

Ada rasa takut setiap kali mau rutin pake mobil….rasa takut yang hampir sama ketika saya beralih dari pengguna jasa Angkot ke Mengendarai Motor Sendiri….

Bedanya :

Saya melawan rasa takut ketika beralih dari pengguna jasa Angkot ke Mengendarai Motor sendiri karena Motor bisa membuat saya lebih cepat ke kantor…sangat berguna untuk mobilitas ketika saya sudah punya skill mengendarai motor.

Ketika saya ingin mulai membiasakan menyetir mobil ke kantor…saya malah seperti membuang-buang waktu untuk macet-macetan di jalan! & saya menuh-menuhin jalan aja….jumlah mobil sekarang aja udah banyak…saya malah nambah penuh jalan 😀 . Klo pagi mungkin bisa diakalin dengan berangkat lebih pagi….klo pulang jam 5 sore sudah pasti macet…klo pulang malem…mobil bisa-bisa gak bisa keluar dari komplek perkantoran karena trotoar & sebagian besar jalan dijadikan tempat parkir oleh mahasiswa-mahasiswi (motor/mobil) suatu Universitas deket kantor.

Jadinya….mobil jarang dipake…weekend juga sebenarnya saya sangat malas untuk pergi keluar rumah….bagi saya liburan itu adalah menyendiri (setelah 5 hari lelah bersosialisasi) ….hasilnya….skill mengemudi saya masih biasa-biasa aja.

Maksud saya menulis ini adalah…pasti ada hal-hal yg bisa saya lakukan agar skill mengemudi saya bisa terus berkembang meskipun saya tidak memakainya ke kantor tiap hari & tidak memakainya ke mall tiap weekend :

Ide-idenya :

  • Melakukan hal sederhana seperti ketika saya mulai belajar…keliling komplek
  • Latihan parkir di carport rumah /depan rumah (mundur & parallel)
  • Latihan tehnik mengemudi di tanjakan (yg menggunakan rem tangan)…tapi di depan rumah…untuk melatih feeling aja …supaya lebih peka merasakan mobil akan maju tapi tertahan rem tangan
  • Ngumpulin video-video tutorial mengemudi…karena klo dalam bentuk video biasanya lebih jelas
  • Ngumpulin video tentang teori mobil, bagaimana mesin bekerja..klo bisa cari yg lebih spesifik yg membahas honda brio satya
  • Pas manasin mesin mobil, setidaknya saya bisa lihat-lihat alat-alat yg ada di mobil, coba injek kopling…masukin gigi 1 balikin lagi netral…nyalakan lampu…liat spion dsb (gak cuma starter..terus mobilnya ditinggal 5 menit hehe)
  • Kumpulin aplikasi android yg membantu…seperti : Waze
  • Buat slideshow gambar…yg berisi pengingat dalam hal skill mengemudi
  • …apakah saya harus membuat Page sendiri di Blog ini? untuk mempermudah saya melihat ulang hal-hal dasar dalam mengemudi & pengalaman-pengalaman yg udah saya coba sebelumnya.

2 thoughts on “Bagaimana kemajuan skill mengemudi saya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*