Mengatasi Aplikasi SAS 2015 yg file SAS.exe nya terhapus Anti Virus AVG

Minggu kemarin entah kenapa Anti-Virus AVG yang selama ini bersahabat dengan Aplikasi-aplikasi keuangan di Laptop tiba-tiba ngedetect SAS.exe sebagai salah satu Virus….& entah kenapa juga saya gak bisa masukin ke exeption…jadinya file SAS.exe terhapus & saya tidak bisa log-in ke Aplikasi SAS 2015 (User Admin/PPK/PPSPM/Bendahara)

Kemaren saya gak sempat menulis secara detail cara  mengatasi masalah ini….saya hanya ingin menyelamatkan Database & gimana caranya supaya Aplikasi SAS nya bisa berfungsi kembali seperti semula…

Langkah-langkahnya kira-kira seperti ini :

  1. Masuk ke Folder DB SAS, klik 2x atau Run As Administrator pada : mysql-stop.bat (Ini sepertinya untuk menon aktifkan sementara Aplikasi SAS)
  2. Copy DB SAS tersebut ke Flashdisk
  3. Download Aplikasi SAS 2015 dan semua Updatenya di website perbendaharaan (http://www.djpbn.kemenkeu.go.id/portal/id/unduh/aplikasi/433-aplikasi-sas.html)
  4. Install Aplikasi SAS & semua updatenya di laptop yg baru (Saya belum menemukan cara supaya aplikasinya berjalan di laptop yg sama)
  5. Timpa DB SAS yg ada di laptop baru dengan DB SAS yg sudah kita copy sebelumnya pada langkah ke-2
  6. Masuk lagi ke Folder DB SAS di laptop baru ,Klik 2x atau Run As Administrator :  mysql-install.bat (untuk mengaktifkan kembali Aplikasi SAS)

Saya sudah coba lihat Data User, Data SPP, Data Kontrak, Data SPM & Data Transaksi pada User Bendahara Pengeluaran….semuanya tampaknya masih sama persis seperti data terakhir.

Link Blog yg menolong saya saat mengatasi masalah ini : http://ulasanringan.blogspot.co.id/2015/03/cara-kopi-aplikasi-sas-2015-pada.html

Comments are closed.