Top Up KRETAP BRI

Akhirnya saya mengajukan Permohonan Top Up ke BRI. Isi Formulir lagi & Menyiapkan lampiran-lampiran seperti saat pengajuan pertama…Cair pada tanggal 13 Juli 2015.

Hutang saya di BRI dulu adalah Rp. 150.000.000,- (Untuk keperluan DP Rumah dsb) …jangka waktu 8 tahun (96x Angsuran)…di bulan Juli 2015 baru Angsuran ke-27….& yang harus saya lunasi ketika Top Up adalah Rp. 126.757.336,-


Update, rincian 126.757.336 :

  • Nilai Sisa Pokok Saya tgl 15 JUNI 2015 (waktu nanya-nanya ke BRI) = Rp. 109.375.000,-
  • Bunga Berjalan = Rp. 142.500
  • Sisa Bunga = Rp. 19.087.336     +
  • TOTAL = Rp. 128.604.836,-

Jika Top Up di Bulan JUNI 2015 yg harus saya lunasi 128.604.836,- tapi berhubung cairnya di Bulan berikutnya / JULI (Di Awal bulan Juli saya sudah bayar lagi 1x Angsuran) Jumlah yg harus saya lunasi jadi berkurang…jadinya 126.757.336,-


Dana yang masuk ke rekening saya ada 2 :

  1. Selisih antara Pelunasan Hutang Lama & Hutang Baru (Dikurangi Provisi, Asuransi, Administrasi & 1x Angsuran yg diblokir sebagai Jaminan)
  2. Klo saya gak salah tangkap 1 lagi adalah Refund Asuransi dari Hutang lama

Kalau di Cek di Internet Banking BRI Keterangannya seperti ini :

01 Top Up Kretap BRI - Dana Cair

& Pada Internet Banking BRI…Hutang saya jadi tercantum 2 (Hutang Lama yg sudah lunas & Hutang Baru

02 Top Up Kretap BRI - Hystory Pinjaman

Hutang lama (outstanding-nya sudah Rp. 0)

03 Top UpKretap BRI - Hutang Lama

1 lagi Hutang Baru, Outstanding-nya masih Buanyaaaak 😀

04 Top Up Kretap BRI - Hutang Baru

102 Replies to “Top Up KRETAP BRI”

  1. Perhitungan pelunasan awalnya bagaimana pak?
    Apakah pokok+bunga dihitung sampai akhir, atau cuma pokok+bunga 3 bulan ke depan?

    • Kalau Pak Pahlevi sudah daftar layanan Internet Banking BRI, Nilai Pelunasan untuk Top Up itu dapat di cek di Menu : Informasi Pinjaman > Rincian Pinjaman > Klik Nomor Rekening Pinjaman > Lihat rupiah Outstanding.

      Waktu saya tanya ke Pegawai BRI, saya dapet print-an kertas yang menunjukan bahwa Nilai Outstanding itu terdiri dari (Sisa Pokok + Bunga Berjalan + Sisa Bunga)

      Update, Nilai Outstanding di Internet Banking BRI ternyata Nilai Sisa Pokoknya aja Pak…Sory saya salah inget kemaren….tulisan saya diatas sudah saya update

    • Perhitungan pelunasan awalnya bagaimana pak?
      Apakah pokok+bunga dihitung sampai akhir, atau cuma pokok+bunga 3 bulan ke depan?

      • Waktu saya Top Up tahun 2015 saya langsung nanya ke Marketing BRI-nya (seperti yg saya tulis di Artikel) …. jadi untuk hitungan manual saya kurang tau….

  2. Pak, mohon infonya, kalau nilai outstanding itu maksudnya kalau kita mau melakukan pelunasan sebelum tanggal jatuh tempo, yg dibayarkan hanya nilai outstanding itu saja? Krn nilai outstanding yg saya lihat di internet banking saya hanya sisa pokok hutang saya…

    • Sepengetahuan saya Top Up & Pelunasan putus sebelum jatuh tempo itu Berbeda.

      Yang saya lakukan kemaren Top Up (Minjem dana lagi ke BRI…tapi sebagian dana yg saya pinjam langsung dipakai untuk melunasi Hutang Kretap yg lama)

      Klo untuk pelunasan putus sebelum jatuh tempo katanya sih kena pinalti 3x angsuran..

      Untuk Informasi lebih lengkapnya lebih baik ditanyakan lanngsung ke Pihak Bank

        • Pak riva,sy baru ambil april 2015,nah skrg sy perlu top up,kt mbak2nya bisa top up stlh 6 bln,alasannya gag bisa top up knp ya?soalnya waktu sy ambil kan msh jauh dari plafond yg diijinkan,mbak2nya jg waktu itu nawarin ambil sekalian aj gede tp sy waktu itu gag mau kepotong banyak gajinya.

          • Sepengetahuan saya di BRI atau di Bank Mandiri peraturannya memang seperti itu, baru bisa Top Up setelah 6 bulan…alasan tentang adanya peraturan tersebut saya kurang tau 🙂

            Klo ngambilnya April 2015, berarti sekarang udah bisa Top Up kan ?

            • Siang pak, ibu sy baru top up dari pinjaman 25 juta kmarin br 1 Minggu sdh cair top up 100 jt utk keperluan membeli rumah. Tapi ternyata uang nya tidak jd dipakai Krn rumah yg mau dibeli sdh terjual. Kira2 klo sy kembalikan bisa ga pa

              • Kira2 klo dikembalikan dan tidak jd pinjam apakah ibu sy harus membayar dgn bunga nya walaupun dana nya br cair 1 Minggu dan blm kena jth Tempo cicilan sama sekali

                • Untuk lebih pastinya harus nanya ke pegawai bank Langsung.

                  Menurut pendapat saya karena sudah cair berarti rekening pinjamannya sudah terbentuk & nomor rekening pinjaman yg sudah terbentuk kemungkinan besar tidak bisa di hapus begitu saja, untuk pelunasan sepertinya mengikuti peraturan Bank terkait pelunasan dipercepat.

                  Coba dikonsultasikan sama pegawai banknya aja mas Rachman

    • bikin sesek dada memang seperti itu peraturan barunya. padahal saya pengajuan kredit tahun 2012 mau top up kena peraturan baru yang mana kena 15x bunga harus dilunasi. itu berlaku sejak 2014 seharusnya nasabah yang pada tahun itu (2014 ketas) yang kena peraturannya tapi semua dihantam rata.

  3. kmrn saya sudah tanya sama pihak bri, kata mereka saya harus melunasi dengan perhitungan = sisa pokok hutang + (15xbunga). Maka saya tanya lagi disini kali aja pinter2an BRI unit tempat saya minjem ngitungnya. Ternyata setelah saya tanya teman2 lain yang, memang begitu skr peraturan di BRI, betul2 mencekik leher PNS

    • Saya sudah tambahkan (update) data Sisa Pokok + Bunga Berjalan + Sisa Bunga

      Mungkin hitung-hitungannya hampir sama dengan yg ditanyakan Pak Dedek Tampubolon ke BRI

    • Klo itungan detail yg dimaksud sisa bunga saya kurang tau…..tapi dulu kan saya minjem 150jt ke BRI, 2 tahun-an kemudian pas saya mau top up yg harus saya lunasi 126jt-an (seperti yg saya ceritakan diatas)

      126jt itu terdiri dari : Sisa Pokok + Bunga Berjalan + Sisa Bunga.

  4. yg hrs dilunasi=sisa pokok+(bunga berjalan+sisa bunga)

    126.757.336=107.812.500+18.944.836

    18jt kl dibagi bunga per bulan brati mas riva bayar 13x bunga donk,kl dibagi dg angsuran mas riva bayar 6x angsuran

    kl salah mohon diralat

    • Nilai sisa pokok tersebut tidak bisa saya lihat di Internet Banking, yang keliatan cuma Nilai Outstanding (126.757.336). Klo ada rekan kerja yg nanya berapa yg harus dilunasi untuk Top Up, saya biasanya jawab Nilai Outstanding di Internet Banking.

      Saya lupa naruh kertas print-an dari pegawai BRI mengenai masing-masing nilai Pokok + Nilai Bunga Berjalan + Nilai sisa bunga tersebut. Kalau misalkan nilai pokok saya 107jt, emang bener berarti yg harus saya lunasi +6x angsuran

      Update, ternyata saya salah….Nilai Outstanding di Internet Banking itu = Sisa Pokok, tulisan di artikel diatas sudah saya update…

  5. Jika ingin meminjam uang di BANK agar lebih hati2, perhitungkan dgn baik, cari informasi dengan jelas, silahkan posting yang banyak2 jika anda termasuk di rugikan oleh Bank, cuma bagaimana cara mendapat perhatian dari pemerintah untuk merubah sistem tersebut, mengcekik, menghisap rakyat kecill.

    HATI HATI DENGAN BAHASA MARKETING

  6. Mas mau nanya sy sedang mengajukan permohonan pinjaman senilai 150 jt slama 120 bln yg mana perblnnya ciclan 2.9xx.000 dengan jaminan sk pensiun mertua.. Spertinya bunga pinjaman di daerah saya sangat tinggi apa tiap daerah nilai bunganya memang berbeda ya.. Mohon pencerahannya…

    • Di BRI itu seingat saya ada beberapa jenis Kredit…yg saya ingat :
      – KRETAP (Kredit Pegawai Tetap)
      – KRESUN (Kredit Pensiun)

      Yg saya ceritakan di artikel diatas = KRETAP, klo jaminannya SK Pensiun kemungkinan besar masuk ke kategori KRESUN…saya pernah baca brosurnya, untuk KRESUN sepengetahuan saya bunganya memang lebih tinggi.

      Untuk Suku Bunga lainnya bisa di cek di website BRI :
      – Buka : http://www.bri.co.id/corporate
      – Cari Menu : Suku Bunga dan tarif
      – Pilh : Suku Bunga Dasar Kredit, lalu klik : Go

  7. mas saya mau nanya, bulan nopember 2012 pinjaman lama saya 90jt selama 96 bulan dng potongan 1.792.500 sudah berjalan 39 angsuran ketika saya mau top up januari 2016 dan minjam lagi, pinjaman yg harus saya lunasi 69.508.264. ? saya bingung dapatnya dari mana krn sy tidak tanya detail ke pihak bri saya pikir kalau mau pelunasan hanya bayar pokok pinjaman + 1x bunga, jd apakah jumlah angka itu didapat seperti yg mas terangkan diatas; nilai sisa pokok + bunga berjalan + sisa bunga ? trims

    • Iya Mas, Sisa Pokok + Bunga berjalan + Sisa Bunga….kalau ditanyakan secara detail ke pegawai BRI kemungkinan besar jawabannya seperti yg saya terangkan di Artikel diatas.

      • mas sy mw tanya.. sy punya pinjaman 210juta selama 15 tahun, setelah 1 tahun nyicil sy lunasi sebesar 216juta. pertanyaan sy apakah setelah sy lunasi sy akan mendapatkan tabungan beku apa tidak? mohon infonya

        • Saya pinjam BRI jangka waktu 4 tahun & ada 1x angsuran yg dibekukan (Tabungan Beku) sebagai salah satu jaminan

          Katanya sih setelah Lunas Tabungan beku tersebut bisa dicairkan….

  8. saya mau tanya pak.kalau misalnya saya mau hutang lagi gimana.sedangkan hutang saya masi ada..apa bisa pak

  9. Mas..hutang kami di BRI sebesar 70 juta dgn waktu pembayaran 72 bulan….saat ini kami sudah membayarnya 48 bulan..potongan sebesar 1.672.300 dgn pokok sebesar 972.300 dan bunga 700.000….kalo kami ingin top up di bulan ini…brapa kira2 sisa hutang kami ? Trimakasih atas jawabannya mas

    • Harus ditanyakan ke BRI-nya langsung Mba….

      Data yg saya tulis di artikel diatas hasil hitungan Sistem-nya BRI…saya sendiri belum sempat mencari tau cara menghitungnya bagaimana.

  10. Kenapa pihak bank BRI tdk pernah menyampaikan secara lansung ,terbuka atau transparant kepada nasabah, di saat nasabah melunasi pinjamannya kalo ada kelebihan atau refund yang harus di bayarkan kepada nasabah.

      • Mkasih bgt infonya gan sangat berguna….kalo blh tnya lihat tabel angsuran kretap bri dimana ya?mksih sebelumnya

          • Pagi pak, klo pelunasan kredit (kompensasi), kok asuransinya blm di bayarkan…padahal sdh berjalan 2 bln pembayaran kredit yang baru…kok lama pak y..

            • Sepertinya harus ditanyakan ke Pegawai BRI-nya langsung Pak…

              Kalau yg saya alami seperti yg saya tulis diatas…pengembalian asuransinya bareng dengan tgl pencairan (13-07-2015)

  11. Saya ingin bertanya sbg berikut : jika saya mengajukan pinjaman Top Up apakah saya menerima pengembalian sisa asuransi yg sudah dibayar pada pinjaman sebelumnya , karena asuransinya sudah dibayar sepenuhnya tapi belum selesai jangka waktunya 5 th baru berjalan 2 th..terima kasih jawabannya

    • Saya ingin bertanya sbg berikut : jika saya mengajukan pinjaman Top Up apakah saya menerima pengembalian sisa asuransi yg sudah dibayar pada pinjaman sebelumnya , karena asuransinya sudah dibayar sepenuhnya tapi belum selesai jangka waktunya 5 th baru berjalan 2 th..terima kasih jawabannya

      • Saya baru sekali mengajukan Top Up & mendapatkan pengembalian sisa asuransi….

        Untuk lebih jelasnya lebih baik ditanyakan langsung ke Pegawai BRI-nya, jadi pas mengajukan permohonan ditanyakan dulu apakah pengembalian asuransinya langsung didapat pas pencairan top up atau bagaimana?…

  12. Mau nanya dong..pak klu mau tu2p kredit di bank bri itu perhitungan pembayaran 3 bulan ke depan itu hanya pokok atau dgn bunganya?

  13. pengalaman saya kredit di BRI itu MENGECEWAKAN…krn saat mau pelunasan diawal BRI MEMBEBANKAN rekalkulasi bunga yang sangat tidak masuk akal…dan marketing BRI tidak transparan saat nasabah hendak mengajukannya…saat meminta

    penjelasanpun mereka bertele-tele…hal ini membuat saya KAPOK berurusan dngn BRI…bank BUMN yang memeras rakyat layaknya rentenir….

    • Kalau saya sih menghubungi bagian Kretap BRI dulu, konsultasi misalkan jika saya perlu dana 50jt…berarti nilai rupiah yg harus saya tulis di formulir permohonan pinjaman baru /Top Up berapa.

      Setelah dapet kepastian ….baru saya mengajukan permohonan Top Up (Hampir sama kyak permohonan dulu yg pertama : Isi Formulir, Surat Rekomendasi Atasan dsb)…hanya saja lampirannya lebih sedikit karena sebagian berkas sudah ada di BRI.

  14. Pa saya mau tanya … klaw saya mengajukan topup apa saya hrus melunasi semua sisa angsuran …ap bisa nanti d potong pas pencairan???

  15. pak mau tanya. saya kan baru pinjam dana. saya binggung cara pembayaranya gimana ya. apa udah di potong di rekening saya. apa saya harus kebank nya untuk bayar. waktu pengambilan nya saya gak begitu ngerti cara bayarnya. tolong di jawab ya. thx.

  16. mas mau tanya..sy pinjam d BRI 40jt angsuran 2.1500.000.sisa angsuran kurang 5 bulan.apa b isa mngajukan pinjaman lg.dg catatan plunasan pinjaman lama dipotong pinjaman baru..

  17. Pak saya mau taya,saya kan kmrn bulan febuary baru minjem ke mandiri (KTA) dan potongan saya faerol langsung,dan kata seles’y bisa top up setelah 6.bln angsuran,apakah itu benar?

  18. Mas mw tny ttg take over kredit melalui SK pns dr bank lain bisa kah? Sk msh berada di bank lain(bank lokal) bs diproses take over dgn bank lain, di bank apa kh y mas? Alasan dsini dgn pinjman 200jt di bank eka/lokal tuk 15thn @bulan ccilan 3,2…jt. Kok dibank lain spt bri mandiri bni spt nya lbh ringan. Klu bs dikondisikan kan mayan mas bs dpt balikan lbih drpd dibnk lokal skrg sy ini yg bunga mencekik.mnta solusiny mas riva. Trims

    • Saya belum pernah coba, tapi tahun 2015 kemarin temen saya yg sebelumnya pinjem di Bank Mandiri (SK PNS sudah dipegang sama Bank Mandiri) …. bisa di Take Over ke BRI

      Salah satu persyaratan yg diminta BRI adalah Rekening Koran Sisa Hutang yg di Bank Mandiri…

      Untuk syarat lainnya saya tidak tau secara detail…

  19. pak. numpang tanya..
    klw kita pinjam uang di bri 15jt jangka waktu 2tahun.
    setelah angsuran baru berjalan 2bulan, bisakah kita melakukan pelunasan ?

  20. Pak saya mau tanya…
    Bulan november saya ajukan kredit kur bri sbesar 20jt..tpi uang yang sya terima lngsung di potong satu kali cicilan untuk disimpan sampai akhir msa cicilan…katanya pemotongan itu bsa buat pelunasan cicilan terakhir atau bisa buat tabungan….jdi uang yg sya terima waktu itu cuma skitar 18.780.000 stelah dipotong satu kali cicilan sebesar 1.220.000…jangka kredit selama 18bln..pa memang aturannya begtu ya..mohon infonya

    • Saya belum pernah coba mengajukan Kredit KUR BRI, jadi saya kurang tau aturan KUR seperti apa.

      Yg saya tulis diatas jenis Kredit dari BRI yg lain (Kredit Pegawai Tetap / Kredit BRIGUNA) & memang ada 1x Angsuran yg di Blokir sebagai Jaminan…nanti katanya bisa dicairkan kalau sudah lunas.

      & Di Kredit Pemilikan Rumah Bank Syariah Mandiri (BSM) saya juga ada 1x Angsuran yg di Tahan….waktu Akad Kredit, Pihak BSM memang bilang harus ada 1x angsuran yg ditahan.

    • Sy pinjam jg KUR 25 juta angsuran 12 bulan,tp 1sen pun tidak dipotong.saya nerima 25 juta bulat bahkan gak ad biaya adm.

  21. pak tolong penjelasannya : saya minjam 100jt di BRI awal tahun 2012 jangka 96 bln, sudah berjalan 52 angsuran.
    1. klo saya mo tutup berapa yang harus saya bayar?
    2. klo saya mo menaikan pinjaman menjadi 180 jt, berapa yang dipotong dan berapa yang saya terima ?
    mohon penjelasannya pak, karena saya bingung klo dijelaskan ma pegawai BRI nya. Makasih banyak….

    • Data yg saya tulis di Artikel diatas (Nilai Sisa Pokok, Bunga Berjalan & Sisa Bunga) saya peroleh dari keterangan pegawai BRI di Tangerang.

      Saya juga tidak mengerti cara penghitungan manual nilai Bunga Berjalan & Sisa Bunga tersebut…jadi waktu saya mengajukan Top Up bulan Juli 2015 saya cuma liat data dari Pegawai BRI saja. (Berapa Jumlah Hutang Lama yg harus saya lunasi…berapa yg saya terima dari hutang baru & berapa jumlah Angsuran Hutang yg baru)

      Selain saya tanya-tanya ke Pegawai BRI…sebelum memutuskan menaikan pinjaman (Top Up) …saya juga tanya-tanya ke Bank lain untuk mencari Opsi lain yg lebih menguntungkan saya…

      Setelah saya membandingkan data dari 2 Bank yg berbeda tersebut akhirnya saya memutuskan untuk tetap pake BRI (Menaikan Pinjaman).

  22. saya nasabah BRI saya mau TOP UP pinjaman saya tapi masih ada 6 bulan lagi dgn angsuran 778.000,- permasalahannya kita disuruh melunasinya dulu sementara kita tdk ada dana untuk itu, bagaimana caranya supaya bisa di layani permintaan kami

    • Kalau kantornya hanya kerjasama dengan BRI & permohonan Top Up-nya ditolak memang agak susah Pak….saya tidak tau caranya bagaimana

      Tapi Kalau Kantornya kerjasama dengan 2 Bank, ada opsi Take Over Pinjaman….contoh dulu permohonan Top Up temen saya di Bank Mandiri ditolak sama Bank Mandiri ….terus akhirnya temen saya pinjam ke BRI (Sebagian digunakan untuk melunasi pinjaman di Bank Mandiri, sebagian dipake untuk keperluan pribadi)

  23. Pak, saya ada pinjaman di BRI sebesar Rp 80 jt pd bulan juni 2015, dan kemaren saya mau top up di BRI tsb ketika pinjaman udh berjalan 14 bulan, selama ini angsuran pinjaman saya semua tepat waktu membayarnya/ tanpa ada tunggakan sedikitpun, tapi mereka bilang gak bisa top up sebelum 24 bulan berjalan. Yang ingin saya tanyakan apakah memang syaratnya hrs sudah berjalan 24 bulan ? terimakasih pak atas jawabannya.

      • Terakhir saya tanya ke BRI, untuk Kretap (Kredit Pegawai Tetap – Payroll) …setelah 6 bulan berjalan sudah bisa Top Up….

        Tapi Kredit Pinjaman di BRI itu setau saya ada beberapa jenis (Contoh : Kretap Payroll, Kretap Non Payroll, Kresun, KPR dsb) …. saya tidak tau persyaratan untuk tiap-tiap jenis Kredit tersebut sama 6 bulan atau ada yg berbeda.

        Mungkin coba ditanyakan ke Call Center BRI saja pak… 14017 …Call Center seharusnya tau lebih banyak mengenai jenis-jenis kredit di BRI

        Kalau saya baru berhubungan dengan salah satu jenis kredit saja.

  24. PAk saya pelaku usaha mikro….SAya udah 2 kali top up.Saya ingin .Mengajukan top up lgi setelah pnjaman sayA berjalan 9 bulan tapi jwaban nya saya harus melunasi pnjaman bank lain..padahal saya pkai anggunan..Apakah ada solusi tuk nasabah mikro seperti saya..Trims pak..

    • Mungkin Solusinya coba cari Pinjaman dari Bank lain Pak…. (Take Over)

      Contohnya dulu permohonan Top Up temen saya di Bank Mandiri di tolak, lalu dia mengajukan Pinjaman di BRI & Akhirnya diterima…sebagian pencairan dipake untuk melunasi hutang di Bank Mandiri sebagian untuk keperluan pribadi.

  25. Pak saya wiraswasta saat ini masih kredit mobil 3.100.000/bln dan pinjaman bank BRI 150.000.000jt dgn ansuran 5.700.000/bln….saat ini 2pinjaman itu hampir selesai dan saya punya rencana mengajukan lagi ke BRI kredit multi guna 500jt untuk bangun rumah
    #pertanyaan
    -apakah mungkin bri mensetujui dari pinjaman tadi 150jt lonjak ke 500jt (catatan pinjaman yg dulu saya minta 200jt cairan 150jt)
    -apa benar bri sulit untuk pengajuan diatas 200jt

    • Ini yg bisa jawab sepertinya Analis Kredit BRI 🙂 …tapi saya coba jawab

      Biasanya Pihak Bank minta Surat Keterangan tertulis yg memperlihatkan rata-rata penghasilan per bulan (Rekening Koran / SPT Tahunan) & mungkin Minta Agunan (Sertifikat / BPKB)

      Kalau penghasilan per bulannya sudah meningkat drastis dibandingkan dengan waktu memohon 200jt (dikabulkan 150jt) …mungkin saja permohonan 500jt tersebut dikabulkan ….ditambah jika mobil sudah lunas berartikan BPKB Mobilnya bisa dijadikan tambahan Agunan.

      Tapi jika penghasilan per bulannya masih mirip-mirip dengan waktu memohon 200jt…rasanya kemungkinannya kecil untuk dikabulkan

  26. Saya pegawai negeri punya hutang KRETAP BRIGUNA ANUITAS plafon sebesar Rp 190 jt selam 180x perbln angsuran 2.924.300 dan sudah 16x angsuran,.
    Pertanggal 27/10/2016 saya mau melunasi lebih awal , ternyata saya sangat kaget, mendengar penjelasan dari staff Bank BRI,. Sebagai berikut perhitungan nya:
    Sisa pokok. 185.515.000
    + Pinalty 3x 2.924.300 (angsuran)
    Jadi total yg harus saya bayar
    185.515.000 + 8.772.600 =
    194.287.000,, luar biasa,, kebijakan dari BRI,,. Padahal plafon saya cuma 190 jt kog suruh melunasi 194 jtan,, padahal sudah mengansur slm 16 bln..
    HARUS KEMANA SAYA MENGADU,.

  27. pak sya mau nanya saya pengambilan kredit untuk uasaha sebesar 25 jta dan skrang sudah berjalan 5 bulan angsurannya apa saya bisa melunasinyA dan mengajukan pengambilan kredit lagi..?
    tpi dengan pinjaman agak besar..?

    • Untuk jawaban pastinya harus ditanyakan ke Pegawai BRI langsung….

      Tapi sepertinya sih bisa…Temen saya pernah setelah Angsuran 5 bulan melakukan pelunasan dipercepat…& Bisa …

      Bedanya paling dulu temen saya setelah pelunasan dipercepat pinjem dana ke Beda Bank (Bank Mandiri)…gak di BRI lagi

  28. pak sya mau nanya saya pengambilan kredit untuk uasaha sebesar 25 jta dan skrang sudah berjalan 5 bulan angsurannya apa saya bisa melunasinyA dan mengajukan pengambilan kredit lagi..?tpi dengan pinjaman agak besar..?

  29. Jangan pinjam lagi sama BRI…
    aku pernah luasi utang sy dibri yg kurang 12 x cicilan ..
    namun harus membayar sebanyak 12 kali cicilan + 1 bulan bunga
    jadi akhirnya pelunasannya lebih besar jika cicil sampai habis waktunya…
    waktu sy tanya perjanjiannya dulu di bri gak ada… apa itu gak menipu ….!!!!

    Pada pada waktu akad dijelaskan waktu pelunasan sebelum jatuh tempo adalah dg melunasi pokok + 3 bulan bunga…

    Saya benar benar merasa ditipu …

  30. Izin memberi saran bro. Coba pelajari sistem suku bunga anuitas pasti dapat pencerahan. Saya sudah pelajari dan puji Tuhan sudah mengerti..
    BRI menipu kita!!

    • http://www.simulasikredit.com/calculate.php
      Silahkan bro dicoba buka..
      Kalo sudah dibuka, isi semua kolom sesuai dengan pinjaman anda..
      *Untuk kolom bunga pinjaman bukan bunga flat* Contoh pada kasus saya : saya minjam 150juta dengan suku bunga 0.95% (bunga ini adalah suku bunga flat yg ditawarkan petugas BRI pada waktu itu, bukan bunga ini). Pada suku bunga flat tersebut total hutang saya 269,7juta (pokok+bunga) dengan angsuran 3,21juta/bulan.
      *Untuk perhatian* sekali lagi yg kita isi pada kolom bunga pinjaman bukan suku bunga flat yg ditawarkan petugas bri (0,95% pada kasus saya) melainkan suku bunga anuitas yaitu 1,54% (suku bunga anuitas pada pinjaman saya, suku bunga anuitas tidak sama pada setiap plafon, silahkan anda sesuaikan, berikut saya jelaskan)..
      Pada suku bunga anuitas ini total pinjaman saya adalah 253,39juta (pokok+bunga) dengan angsuran yg kurang lebih sama dengan angsuran pada bunga flat yg saya jelaskan diatas yaitu 3,196juta/bulan.
      Menurut penelusuran hamba, untuk suku bunga anuitas dapat ditentukan dengan melakukan beberapa percobaan, yg perlu diperhatikan adalah jumlah hutang dan besarnya angsuran kurang lebih harus sama dengan jumlah hutang dan besaran angsuran anda (tinggal disesuaikan saja)..
      Setelah menemukan suku bunga anuitas yang tepat semua masalah akan terjawab..
      Jangan lupa untuk klik kolom perhitungan bunga, pastikan pada kolom tersebut perhitungan bunganya “anuitas”

      Saya melakukan top up setelah 15 kali angsuran..
      Menurut perhitungan pada suku bunga flat sisa pokok pinjaman saya 123,213juta, sedangkan menurut perhitungan suku bunga anuitas sisa pokok saya 135,204juta..

      Pada saat top up yg saya lunasi 135,642juta.. (pokok anuitas + bunga berjalan)

      • Pada suku bunga anuitas ini total pinjaman saya adalah 253,39juta (pokok+bunga) dengan angsuran yg kurang lebih sama dengan angsuran pada bunga flat yg saya jelaskan diatas yaitu 3,196juta/bulan.

        Ralat :

        Pada suku bunga anuitas ini total pinjaman saya adalah 268,53juta (pokok+bunga) dengan angsuran yg kurang lebih sama dengan angsuran pada bunga flat yg saya jelaskan diatas yaitu 3,196juta/bulan.

  31. tolog di jelaskan . Asuransi krdit bri bnyak y tidak tau . kususnya buat aparat negara dan pegawae negri selama ini bnya y tidak tau .

    • Saya baru pengalaman mengajukan Top Up 1x… & dulu dapet info klo saya dapet semacam pengembalian sebagian dana asuransi dari pinjaman sebelumnya yg sudah Lunas.

      Yg saya tau itu saja … & sudah saya tuliskan di artikel diatas… 🙂

  32. Pak mau nanya,saya ngambil pinjaman KUR,dgn jumblh 75 jt yg angsurannya 2312500 kali 48 bln sudah berjaln 34 kali kemudian saya mau top up masak sy masih di kenakan jumblh pokok+bunga berjalan+ bunga 12.itu sama aja g ada potongan sama sekali apakah itu progamnya BRI saat ini.trimakasih

    • Saya kurang tau Mba, mohon maap ga bisa jawab

      Karena saya belum pernah mengajukan Pinjaman KUR, dulu pinjaman BRI yg saya ajukan jenisnya Kredit Pegawai Tetap (Kretap) … & yg saya tau sudah saya tuliskan di artikel diatas

  33. Selamat pagi mau bertanya untuk pelunasan pinjaman BRI sebelum jatuh tempo apa dikenakan bunga penuh untuk aturan sekarang.
    Terimakasih

    • Untuk aturan yg terbaru saya kurang tau….itu harus ditanyakan langsung ke Pihak BRI-nya

      *Saya terakhir ke BRI pas mengajukan Top Up pinjaman tahun 2015 kemarin, sudah tidak update lagi
      (Kalau untuk kondisi tahun 2015 sudah saya tulis diartikel diatas)

  34. Saya mau tanya suami saya udh berulang kali pinjam di Bri dan sering top up hanya saya bingung setiap top up slalu pot provisi asuransi dan admstri.kira2 asuransi yg lama kemana ya? Kan asuransi itu milik kita.kalo top up sudah 5 kali dan udh 5 kalo potong sekitar 700ribu.wah Bri dpt banyak dong apa kita bisa mengklaim asuransi lama ngk? Maksi

    • Hal tersebut sebaiknya ditanyakan ke pegawai BRI di tempat suaminya mengajukan KRETAP…

      Kalau informasi dari saya (Sebagai nasabah yg baru 1x Top Up) sudah saya tuliskan pada Artikel diatas.

  35. Mf pak mau tanya,saya pengen ngajuin pinjaman ke bank bri,apa harus ke bank tempat alamat yang sesuai d ktp,dan misal mau pinjam 90,d ansur selama 5-6 th bunga dan angsurannya berapa

    • Kalau untuk Kretap BRI (Kredit Pegawai Tetap) di ajukan di cabang yg sudah melakukan kerjasama dengan kantornya….jadi bisa ditanyakan ke bagian keuangan/bendahara di kantor, kerjasamanya dengan BRI cabang mana.

      Untuk jenis Pinjaman BRI yg lain saya kurang tau….mungkin bisa coba ditanyakan ke Call Center BRI aja : 14017

      Untuk Angsuran per bulan lebih baik ditanyakan langsung ke BRI-nya

  36. Kredit sy baru berjalan 10 bln untuk 24 bln, bisakah saya mengajukan pinjaman lagi dg Plafound lebih untuk menutup sisa angsuran selebihnya akan sy gunakan lebih hati hati lagi. Kredit sy 40 juta, sisa pokok 23,3 Juta.

  37. Pak..saya ada kredit KPR di bri..pengennya sih top up..apa ada biaya2 nya ya?seperti biaya notaris dll..kira2 top up habis brp biayanya…trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*