Memindahkan File dari Android (Samsung Galaxy Ace 3) ke PC

Biasanya saya bisa dengan sangat mudah memindahkan file dari HP ke PC hanya dengan memakai kabel data, tapi beberapa bulan terakhir ini gak tau kenapa HP Androidnya gak ke detect sama PC, sudah saya coba di Laptop ber OS Windows & Laptop ber OS Linux…tetap sama jadi gak bisa ke detect.

Sampai akhirnya memory HP saya penuh &  mo update google Chrome di HP aja gagal karena memory penyimpanannya dikit lagi.

Saya coba googling singkat, kesimpulan cepat yg saya ambil adalah :

  • Hal ini terjadi tidak hanya di HP saya…beberapa orang juga menanyakan tentang permasalahan yg sama di beberapa forum
  • Solusi sementara yang saya temukan adalah harus Factory Reset (Tapi sebelumnya tetap harus amankan data dulu)

Untuk sementara, berhubung memory HP benar-benar sudah minim, saya coba cari CD di Dus HP Galaxy ACE 3 untuk install semacam PC Suite-nya samsung…tapi pas saya buka Dus HP koq ga ada CD nya ya? saya lupa dulu itu dikasih CD apa enggak pas beli.

Lalu coba googling dengan keyword “Samsung PC Suite” … langsung muncul di peringkat pertama website samsung (namanya : KIES)

Samsung PC Suite (KIES)

Kalau untuk Samsung Galaxy Ace 3 (Android 4.2) saya download yang Kies, bukan Kies3….Beratnya 75,1 MB

Setelah selesai Download, langsung Install….langkah-langkah selanjutnya tinggal cari menu Save to PC, navigasi softwarenya mudah dimengerti koq

Di Samsung KIES ini semua foto (dari Kamera, WhatsApp, ScreenShot dsb)…semuanya menyatu… tidak ditampilkan dalam bentuk folder masing-masing…

Samsung KIES - Save to PC lalu Delete

Singkat cerita selesai & saya berhasil memindahkan foto-foto dari HP ke PC (Save to PC) memakai Samsung Kies…lalu foto-foto di HP tinggal dihapus melalui Samsung Kies juga.

Paling yg harus di waspadai, pas saya buka HP lagi ternyata masih ada beberapa gambar yang masih belum ke save di PC & belum kehapus juga….ada kemungkinan pas saya select all, sebenarnya semua gambar belum ke loading (karena gambar di HP banyak banget…gak di cek satu-satu)….solusinya tinggal dihubungkan lagi dengan samsung KIES aja & ulangi hal yg sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*