Bayar pake Kartu Debet, tapi tanpa PIN?

Kamis, 14 Mei 2015 saya akhirnya memutuskan untuk membeli Acer One 10 di Carrefour Tang City. Waktu itu saya membawa kartu kredit & kartu debet mandiri. Khusus untuk kartu kredit saya sudah siap-siap nyatet PIN di HP (karena sangat jarang digunakan jadinya daripada lupa mending saya catet sementara di HP)…kalau untuk kartu Debet Mandiri sudah sering saya gunakan… jadi PIN nya udah diluar kepala.

&

Daripada nambah utang, saya akhirnya memutuskan pake Kartu Debet aja…Setelah mendapat semacam invoice dari karyawan yang jaga di display laptop-laptop saya pergi ke Kasir untuk membayar sambil menyerahkan Kartu Debet.

Tidak berapa lama kemudian… koq…struknya udah keluar??!!!!!!! *padahal saya kan belum masukin PIN? akhirnya saya nanya ke Kasir-nya : “Mas, saya belum masukin PIN”…kasirnya jawab :”tidak perlu” … Waktu itu saya hanya diminta untuk tanda tangan saja tanpa memasukkan PIN.

mmm…

beberapa saat saya merasa ada semacam bentrok belief-belief di dalam pikiran saya (hehehe) 😀 …Asumsi saya adalah Jika Kartu Kredit saja sudah mulai diperketat penggunaannya (dengan memakai PIN)…ini koq Kartu Debet malah nyeleneh sendiri  bisa transaksi tanpa PIN…

& saya ingat kalau dulu juga istri saya pernah beli Laptop di tempat yang sama menggunakan kartu DEBET (Sekitar Juni 2014), ternyata istri saya juga memang tidak diminta untuk memasukkan PIN.

Pas saya langsung cek di Mobile Banking Mandiri …memang muncul transaksi Debet sebesar harga Acer One 10

Kartu Debet - tanpa PIN cek mobile banking

Sesampainya di rumah…transaksi Kartu Debet tanpa Pin ini saya cek di Internet Banking & keterangannya adalah (VE POS SA)

Kartu Debet - tanpa Pin (cek internet banking)

Pas browsing-browsing di internet juga ternyata yang lain banyak pada kaget koq bisa kartu Debet transaksi tanpa PIN.

Pelajaran dari pengalaman saya hari kamis kemarin adalah :

Saya harus menjaga keamanan kartu kredit & kartu debet dengan level pengamanan yang sama. Dulu saya lebih cenderung memperketat keamanan untuk kartu kredit saja.

9 thoughts on “Bayar pake Kartu Debet, tapi tanpa PIN?

  1. harus lebih ati2 dong mas, kalau begini bisa digesek sama siapa aja, betul ga 🙂
    sy udah lama ga belanja pake mandiri tapi seingat kayanya di superindo sama indomaret sy biasanya disuruh masukin pin

  2. Keluhan..saya d telepon oleh fitri no igent 118 bilangnya dr bni syariah ttg pembuatan id hasanah.sampai akhirnya sy percaya dan memberikan data.selanjutnya aplikasi akan d kirim via email.lalu sy cek info web bni dan tdk ada promo pemenang pembuatan kartu kredit tsb.apakah data tsb bs d cancel.

  3. Saya baru terkena musibah. Atm Mandiri saya hilang kmren sore dan saya baru engeh pas bsok mlamnya karna ga tau kenapa saya ingin lihat saldo di M banking saya… Pas dlihat saya kaget karna saldo saya brkurang dan dalam menit itu juga ada notif sms debit 2juta!
    Lgsung sgera saya telp cs mandiri dan blokir kartu! Dan ket transaksinya ternyata ada pembelnjaan dimerchant pake mesin edc tanpa PIN itu.. Saya bgung dan aneh bru tau kalu bisa trasaksi pke ATM tanpa pin!
    Prtnyaanya apakah bisa kita lacak lokasi tmpat transaksi tersebut?

    • Waktu nelpon Call Center Apakah ditanyakan transaksi 2jt-nya dimana? siapa tau Call Center bisa melacak transaksinya dimana

      Kalau kita melacak sendiri sepertinya agak sulit karena Transaksi yg muncul di Internet Banking juga cuma menyebutkan Nama Toko aja….gak sampai menyebutkan nama cabang (Seperti contoh screenshot mutasi rekening Mandiri yg saya upload didalam artikel)

    • Kalau untuk Kartu Debit VISA di Iklan-iklan yg baru-baru ini saya lihat…VISA ada 2 pilihan…PIN atau TANDA TANGAN

      Tapi klo untuk Kartu Kredit (CC) saya baru denger lagi klo masih bisa pake paraf…setau saya udah lama CC diwajibkan pake PIN…tapi klo memang ada perubahan kebijakan lagi saya kurang tau … saya ga mantau..

      Klo memang beneran masih bisa paraf berarti harus ekstra waspada lagi ….klo misal CC hilang, harus cepet cepet telpon call center buat blokir

      • Sy td dtelpon sama orang yg ngakunya pihak mandiri kartu kredit, katanya saya berhak dapat voucher hotel en penerbangan bla…bla… Singkatnya saya disuruh verifikasi no. Kartu dan masa berlakunya, tanpa saya beritahu pun dy punya data2 alamat kantor, ibu kandung, dll ttg saya. Jd saya mengiyakan transaksi tersebut, tanpa PIN, dan tanpa no. yang ada dbelakang kartu yg katax tdk boleh diberikan ke orang lain termasuk petugas bank. Setelah saya browsing ternyata byk cerita penipuan dg modus yang sama. Pas saya cek barusan dcall center, sudah ada transaksi dan tdk dpt dcancel. Trus saya harus gimana ?

        • Untuk langkah tepatnya saya kurang tau, karena saya belum pernah mengalami & semoga saya tidak mengalaminya…

          Btw Waktu telpon ke Call Center, sekalian ditanyakan gak langkah apa yg harus dilakukan jika ada orang lain yg menggunakan kartu kredit kita seperti yg diceritakan diatas?

          Jawaban dari Call Center bagaimana?

          Kalau saya di posisi seperti itu sih mungkin langkah awal yg akan saya lakukan adalah memblokir dulu kartu kredit…supaya tidak ada transaksi yg muncul lagi.

Tinggalkan Balasan