Apa benar tarif uang makan PNS turun?

Beberapa minggu kemarin saya ditanya oleh salah seorang pegawai mengenai isu tarif uang makan PNS yg katanya akan diturunkan, waktu itu saya pikir pegawai tersebut sedang bercanda, tapi ternyata beberapa hari terakhir ini isu tersebut sangat santer terdengar, bahkan di group FB dan 2 group WA yang saya ikuti tersebar Foto yg berisi tarif uang makan akan disesuaikan.

Ini yang saya liat di Group WA & FB :

Isu uang makan turun WAIsu uang makan turun WA2isu uang makan turun FB

Tarif Uang Makan berdasarkan foto yang belum jelas kebenarannya tersebut adalah :

  • Golongan I & II : Rp. 30.000 per hari
  • Golongan III : Rp. 32.000 per hari
  • Golongan IV : Rp. 36.000 per hari

Tarif Uang Makan tahun 2014 yang sudah saya terima tiap bulan :

  • Golongan I & II : Rp. 25.000 per hari
  • Golongan III : Rp. 27.000 per hari
  • Golongan IV : Rp. 29.000 per hari

Tarif Uang Makan tahun 2015 yang sudah naik & Bulan Januari – Februari 2015 ini sudah saya terima :

  • Golongan I & II : Rp. 35.000 per hari
  • Golongan III : Rp. 37.000 per hari
  • Golongan IV : Rp. 41.000 per hari

Info dari beberapa wilayah per 3 Maret 2015 :

  1. Info dari saya sendiri yang berhubungan dengan KPPN Tangerang, untuk uang makan yang masuk tanggal 2 Maret 2015 masih pake tarif 35rb, 37rb & 41rb
  2. di Mamuju juga sama, belum ada pemberitahuan Tarif Uang Makan akan diturunkan
  3. di Medan belum ada pemberitahuan turun
  4. di Bandung masih nerima tarif yg 35rb, 37rb & 41rb…tapi sudah ada warning klo memang benar tarifnya diturunkan maka harus ada pengembalian
  5. di Jember ada pemberitahuan kalau tarif uang makan tidak jadi naik Rp 10rb, tapi hanya naik Rp 5rb. SEnya nanti menyusul. Untuk bulan Januari yang sudah terlanjur pakai tarif itu harus dikembalikan, dihitung ulang dengan manual.

KESIMPULAN

*Isu ini masih simpang siur karena aturan resminya belum terbit

*Klopun isunya benar, istilah tarif uang makan turun sebenarnya kurang cocok juga….karena sebenarnya klo dibandingkan dengan Tarif 2014 tetap naik koq…

*Lebih baik kita sama-sama menunggu aturan resminya terbit 😀


Update 11 Maret 2015

Kemarin (10-03-2015) di website perbendaharaan.go.id ada update Aplikasi GPP (Gaji PNS Pusat), menurut info dari yang sudah update katanya Tarif Uang Makan yang benar adalah :

  • Golongan I dan II : Rp 30.000
  • Golongan III : Rp 32.000
  • Golongan IV : Rp 36.000

Dasar kenaikannya menurut info dari web kppnserang.com adalah surat dari Direktur Jenderal Anggaran No. S-347/AG/2015 (Tapi pas saya googling blom ada yg upload…jadinya ga bisa download)

Lalu bagaimana nasib saya yang sudah dibayar dengan menggunakan tarif yg naik 10.000 (35rb, 37rb & 41rb) ??

  • Apakah harus mengembalikan?
  • Atau tidak harus? karena aplikasi GPP nya baru di Upload tanggal 10 Maret 2015?

di web kppnserang.com juga ada yang nanya seperti ini :

Tarif Uang Makan yang dituker hehe
Sumber : http://kppnserang.com/?p=1619

Jadi masih harus menunggu aturan lebih lanjut…

*Bersambung


Update!

Sampai Hari Rabu, 27 Mei 2015 ini belum ada pemberitahuan untuk mengembalikan kelebihan Uang Makan Januari & Februari 2015…

Info Lisan dari KPPN (Tangerang) sih katanya tidak ada pengembalian

& ….

Di Kantor saya ada pegawai baru (pindahan dari kantor lain / Mutasi) yang mana di SKPP Gaji-nya ternyata Uang Makan Bulan Februari 2015 belum dibayarkan…bagaimana cara membayarkan Uang Makan Februari 2015 (Tarif Lama) sedangkan Aplikasi GPP sudah di update menjadi Tarif Baru (Yang hanya naik 5.000?)

Caranya…saya memakai cara manual, jadi penghitungannya tidak memakai Aplikasi GPP tapi dibuat di Excel terpisah…dengan demikian kita bisa membayarkan Uang Makan Februari 2015 dengan Tarif lama (Yang naik 10rb).

Jika ada teman-teman Bendahara / PPABP di berbagai wilayah yang mau share info mengenai Tarif Uang makan yg berubah ini silahkan mengisi kolom komentar dibawah… 🙂

4 thoughts on “Apa benar tarif uang makan PNS turun?

  1. welaaaah dalah! komen po bae to iki! kok podo nggrendul kabeh,,, di golekke pemimpin sg apik malah usrek! yo ws… ng usreko aku yo tak melok…

  2. Mas, boleh minta perhitungan manual uang makannya?
    kebetulan saya ada pegawai baru CPNS TMT nov 2014, mau dirapel bulan ini, yang jelas gak bisa dicover aplikasi semua, hehe

    • Saya lupa naruh file-nya dimana 🙂

      Coba dibuat di Excel aja…seinget saya itungannya simpel…atau data uang makan yg normal di export ke excel, terus tinggal ganti tarif & otak-atik rumus dikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*