Menyiapkan Hosting untuk ribuan e-mail

Hari rabu kemarin dimintain tolong untuk menyiapkan hosting yang siap untuk menampung ribuan alamat e-mail, sesuatu yang baru bagi saya. Pertimbangan :

  • Memakai Hosting dalam negeri atau luar negeri?
  • Register domain dimana?
  • Pake Paket hosting yang berapa?
  • Apakah Unlimited e-mail account yang tertera di daftar paket hosting itu benar-benar unlimited?

Menurut pendapat saya pribadi lebih baik menggunakan hosting luar negeri & register domain luar negeri… rencana-nya akan memakai bluehost.com (yang sekitar $100) & register domain di name.com (sekitar $10).

lalu saya baru ngeuh klo harga dolar itu sekarang sudah mendekati 13.000-an…hahaha, *padahal perkiraan budget dalam rupiah sekitar 1jt untuk hosting & 100rb untuk domain.

Untuk domain sudah saya daftarkan di name.com & saya tambahkan fasilitas whois privacy supaya tidak ada banyak e-mail spam yang masuk gara-gara whois nya tidak diprotek, total domain & whois privacy jadi $14,98

Untuk Hosting, supaya lebih meyakinkan apakah Email Accounts Unlimited itu benar-benar unlimited atau tidak…saya menghubungi Customer Service bluehost.com, jawabannya seperti ini :

Hello Riva,

Thank you for contacting Technical support.

Yes, since you have Plus Plan for hosting you can make Unlimited email accounts.

We appreciate your business. If you need further assistance with this matter, please feel free to reply to this email. If you have other issues we can assist you with, please open a new ticket.

Kendalanya adalah saat saya mencoba membayar hosting yang $107,40 (yg paling murah) Paypal / kartu kredit saya gak mau dipake….bahkan setelah menghubungi Call Center kartu kredit-pun masih saja pembayarannya ditolak.

Berhubung mulai besok sepertinya hostingnya mau dipake, lalu saya teringat dengan hostgator.com (hosting luar negeri yang pernah saya pake), dan kualitasnya hampir sama dengan bluehost.com…kelebihannya adalah dia menerima pembayaran untuk sewa hosting per 1,3,6 &12 bulan…

Lalu akhirnya saya Sign Up paket hostgator yang 3 bulan, harganya $23,88 ….*karena Paypal / kartu kredit saya biasanya gagal hanya untuk transaksi yang lebih dari $100 …& benar saja…. untuk bayar yang hanya $23,88 lancar jaya

Domain sudah siap, hosting sudah siap … selanjutnya saya coba bikin 1 e-mail uji coba, lalu ngirim e-mail ke yahoo, gmail & go.id…sukses. Saya coba reply dari Yahoo, Gmail & go.id ….sukses juga…meski entah kenapa reply dari gmail paling lambat masuknya.

Semoga besok hostingnya bisa dipakai untuk menampung ribuan alamat e-mail. Pengalaman baru… jadi belum tau nantinya akan menjadi seperti apa…


Update 20 feb 2015, 18:08

Tadi pagi saya menemui permasalahan yang sama sekali tidak di duga…domain & hosting yang sudah saya siapkan ternyata tidak bisa diakses, ada e-mail masuk dari verify@hostgator.com :

Hello,

Thank you for your order with HostGator.com!

In order for us to continue with the account setup, please respond to this ticket with a scanned copy of a Photo ID such as as a passport, or drivers license. In addition to a photo ID, please include a scanned copy of the credit card that was used in your account purchaseĀ  (assuming you purchased a hosting account with a credit card). For security purposes you can mask off all the digits of the card number except for the last 4 digits.

We sincerely appreciate your cooperation here, and look forward to working with you.

Thank you,
HostGator.com Sales Team
Customer ID: 2389112

 

Tadinya yang saya kuatirkan adalah hostingnya di suspend karena kebanyakan bikin email accounts, tapi ternyata permasalahan awal-nya ada diproses verifikasi…tadi saya langsung kirim Scan KTP tapi sampai sore belum dapat e-mail lagi dari hostgator…

Akhirnya saya memutuskan untuk daftar hosting & domain dalam negeri saja…ada info klo niagahoster.com bagus…jadi saya akhirnya bikin domain baru & daftar hosting baru…setting-setting dikit & sekarang sudah bisa dipake….

Belum tau Niagahoster ini sanggup untuk menampung ribuan e-mail accounts atau tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*