Riset Pasar sebelum produksi Massal Buku?

Dari berbagai buku bisnis & motivasi yang saya baca seharusnya saya langsung Action saja. Jangan mikir lama-lama…klo mikir kelamaan atau nunggu sempurna dulu maka saya akan keduluan sama orang lain…akan pasti gagal…akan pasti rugi…akan kalah ….. πŸ˜€

Mungkin salah saya sendiri sie, yang menterjemahkan Action tersebut sebagai :

  • Pinjam Dana ke Bank…lalu buka usaha
  • atau…Menguras Tabungan…lalu buka usaha

Dulu Th. 2005Β  sempat nekad pinjam dana ke Bank…buka usaha…Rugi….*cicilannya baru lunas di tahun 2010… πŸ™‚Β  & selama 5 tahun itu saya membatasi Action saya sendiri karena merasa sebagai orang yang gagal. Bingung mau buka usaha apa lagi karena tidak punya modal…seolah-olah peluang usaha saya baru bisa terbuka lagi setelah cicilan pertama lunas.

Padahal sebenarnya saya masih bisa tetap Action kan? meski masih berada dimasa-masa tiap bulan gaji dipotong untuk melunasi cicilan di Bank.

Action yg tidak memerlukan Dana Puluhan atau Ratusan juta ke Bank, Action yang tidak perlu menguras tabungan…

  • Biaya Kursus masih terjangkau
  • dimasa-masa yang paling sibuk pun jika saya mau meluangkan waktu untuk memikirkan strategi usaha sebenarnya masih ada
  • Buku-buku genre lain
  • Komunitas di Internet untuk menambah ilmu, sharing ilmu
  • Belajar membangun bisnis yang tidak memerlukan modal banyak / tidak perlu menguras habis tabungan
  • Riset Pasar

………….

Awalnya saya berniat menguras tabungan saya untuk mencetak buku 1.000 eksemplar. Sama seperti cara-cara usaha saya sebelumnya…main nekad aja, setelah nekad tidak ada follow up action dengan alasan banyak kerjaan dikantor πŸ˜€ (*kerjaan dikantor emang banyak sih….tapi kyaknya ada yang salah deh)

Sekarang saya lebih memilih action-action yg kecil dulu, bukan action yang sampai pinjam ke Bank, bukan action yg sampai menguras tabungan.

Apakah ini kemunduran untuk saya?

Mungkin saja saya nekad …lalu sukses jadi best seller….balik modal cepet, cetak ulang, cetak ulang…dst.

mmm…untuk sekarang saya mencoba sesuatu yang lain dulu. Diri saya yang nekad pinjam dana ke Bank…saya stop dulu…coba strategi yg lain πŸ˜€

Kedepannya mungkin harus di kombinasi, ada saatnya saya menyusun Strategi & melakukan langkah-langkah kecil…tapi ada saatnya saya perlu membuat suatu lompatan besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*