Jika memutuskan untuk tidak / belum mau punya anak

Yang saya rasakan sendiri, kalimat pertanyaan : “Udah Nikah Belum?” kemungkinan besar selalu diikuti dengan kalimat : “Udah Punya Anak belum?” atau : “anak udah berapa?”

Sebelumnya, ketika belum menikah…: “Udah Nikah belum?”….”kapan?…nunggu apa lagi sih?”

Menikah & Punya anak itu seolah-olah menjadi 1 paket, padahal sebenarnya tidak.

Respon dari orang-orang sekitar tentang keputusan untuk tidak/belum mau punya anak…saya bagi menjadi beberapa kelompok :

  1. Kelompok yg heran, ini adalah orang-orang yang saklek merasa menikah & punya anak itu adalah 1 paket . Karena merasa itu takdir, takdir, takdir…kadang beberapa orang yang merasa heran ini mendesak saya dengan pertanyaan tentang apa alasan saya tidak/belum mau punya anak…kadang hanya terlihat heran tapi merasa enggak enak untuk menanyakan lebih lanjut;
  2. Kelompok yang mencoba membantu, mereka membicarakan alasan-alasan seperti : punya anak itu menyenangkan, punya anak itu kewajiban, punya anak itu menambah motivasi kerja, punya anak itu membuat kita ingin cepat-cepat nyampe rumah karena anak itu ngangenin, mungkin sekarang kita akan repot mengurus anak…tapi pas kita sudah tua renta anak lah yang akan mengurus kita, cepat-cepatlah punya anak supaya pas kita pensiun anak kita udah lulus kuliah & sudah kerja, istrimu itu punya batas usia untuk mengandung, punya anak itu = menghadiahkan cucu kepada kedua orang tua…kita harus membahagiakan orang tua bukan?
  3. Kelompok yang menghormati pilihan hidup orang lain, mereka punya anak namun mereka menghormati pilihan hidup orang lain yang tidak/belum mau punya anak,
  4. Kelompok yg menghina…
  5. Kelompok yang sepaham, Jika googling dengan keyword “Childfree”…pasti akan ditemukan beberapa komunitas / pasangan yang lebih memilih untuk Tidak/Belum mau punya anak.

4 Replies to “Jika memutuskan untuk tidak / belum mau punya anak”

  1. Punya anak..rempong deh euy…. ๐Ÿ˜‰ mau makan direcokin,, pergi mandi ditangisin, tidur dibangunin, blm lg pumping,nyusuin malem2, ga bs ngedate sm suami… Tiap weekend kudu bangun pagi buat olahraga bocah, ngapalin lagu anak-anak, Mau beli baju,, musti mikirin beli diapers trus bli mainan buat latihan motorik, bikin tabungan pendidikan, klo lg sakit jd rewel , I won’t deny it’s easy, and it never be easy.
    But after all, being a mother making me a better person <3

    • Jadi…Maria masuk kelompok yang mana Nih….:)

      Antara kelompok ke-2 & Ke-3 Kyaknya ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*