Beli Rumah dengan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Beli rumah itu umumnya menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), alasan : bunganya lebih rendah, masa Angsuran bisa lebih Panjang & Jumlah Pinjaman yang kita dapatkan bisa lebih besar. Tapi waktu tahun 2009 saya malah beli rumah menggunakan KTA hehehehe, kenapa?

  1. Harga Rumah masih dibawah 80jt
  2. Penjualnya perlu uang secara mendesak, Urgent
  3. Proses KTA Lebih Cepat, sekitar 1 minggu-an
  4. Lebih Familiar dengan KTA karena sering sekali didatengin oleh sales-sales KTA
  5. Persyaratan KTA Lebih simple, cuma mengisi Aplikasi, Copy KTP & Copy Tanda Pengenal Pegawai….

Jika saja Proses KPR semudah KTA tentunya saya lebih memilih menggunakan KPR.

Kenapa saya tidak mau capek sedikit bertanya kesana kemari mengenai KPR (supaya dapet bunga yang lebih rendah)?, karena terhalang oleh point Nomer 2. (Penjualnya perlu uang secara mendesak, urgent)……..KPR itu perlu DP, perlu Survey Rumah dari pihak Bank dsb….& Saya tidak ada bayangan prosesnya bisa selesai berapa lama.

——————-

Singkat cerita KTA Cair, saya bayarkan sebagian ke pihak penjual & saya akan bayarkan sebagian lagi untuk melunasi KPR Pihak penjual di suatu Bank.

& ada kejadian yang tidak terduga……niat saya adalah ingin melunasi Angsuran KPR pihak penjual , tapi pas saya datang sendiri ke Bagian KPR Bank untuk bertanya tentang berapa sisa angsuran pihak penjual tersebut koq malah seperti dicurigai???? Intinya sie bagian KPR pengen yang datang itu pihak penjual, bukan saya yg sebagai pihak pembeli.

Akhirnya, saya serahkan uangnya semua ke Pihak Penjual, biar dia yang melunasi sisa angsuran & mengambil sertifikat rumah….

Belakangan saya baru ngeuh, kenapa saya merasa seperti dicurigai….karena Bagian KPR nyangkanya saya berniat melunasi sisa angsuran terus langsung mengambil sertifikat!!!!!, karena mungkin umumnya memang seperti itu………Jadi ada perbedaan persepsi antara saya & bapak-bapak bagian KPR tersebut.

  • Persepsi saya : Nanya berapa sisa angsuran, dapet data, ke Teller buat ngelunasin, dapet bukti pelunasan, Pulang
  • Persepsi Petugas Bank : Ada orang asing nanya berapa sisa angsuran nasabahnya, nantinya akan ke Teller & Melunasi Sisa Angsuran, lalu akan mencoba mengambil Sertifikat.

————————

Singkat cerita  sertifikat & data-data lainnya sudah saya pegang…selanjutnya saya urus ke Notaris untuk buat Akta Jual Beli & Balik nama Sertifikat.

terus bedanya KPR & KTA…….klo KPR sertifikat rumah itu ditahan di Bank sebagai Agunan…….sedangkan klo beli rumah pake KTA sertifikat rumah aslinya kita yang pegang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*