Beberapa catatan tentang Asuransi (Askes, BPJS, Prudential)

Asuransi pertama saya adalah Prudential, padahal saya PNS…*ASKES-nya kemana??? hehe

Beberapa teman saya begitu diangkat jadi PNS langsung mendatangi Kantor Askes untuk mendaftar, sedangkan saya cu’ek-cu’ek aja, meskipun pada akhirnya setelah sekitar 5 tahun jadi PNS tiba-tiba saya mendapatkan kiriman kartu Askes via Pos.

Askes mulai Januari 2014 sudah berubah menjadi BPJS. Sedangkan Istri saya belum sempat saya daftarkan menjadi peserta Askes. Melihat Antrian Kantor BPJS tiap hari malah tambah males untuk pergi ke kantor BPJS.

Baru bulan Agustus ini saya mendapat info klo antrian untuk daftar baru BPJS & Antrian untuk mendaftarkan istri (supaya menjadi peserta Askes/BPJS) ternyata berbeda. Syarat untuk mendaftarkan istri saya adalah :

  1. Isi Formulir pengupdate-an Data (Ada di kantor BPJS), ditandatangani oleh istri
  2. Foto Istri 3×4 1 lembar
  3. Copy Kartu ASKES saya
  4. Copy KTP saya & Copy KTP Istri
  5. Copy Kartu Keluarga
  6. Copy Daftar Gaji PNS

& ternyata saya tidak harus mengurus sendiri ke kantor BPJS, yang penting istri saya udah tandatangan formulir, lalu saya bisa minta tolong Cleaning Service kantor untuk mengurus ke Kantor BPJS, beberapa jam kemudian saya sudah mendapatkan Kartu BPJS atas nama istri.

btw meskipun ASKES sudah berubah namanya menjadi BPJS, Kartu ASKES lama saya masih dinyatakan berlaku, jadi saya tidak harus menukar Kartu Askes menjadi Kartu BPJS.

—————

Alhamdulillah ke dua Kartu Asuransi saya ini belum pernah saya gunakan.

Pernah sekali saya mencoba membawa Kartu ASKES untuk mendaftar ke Poli Gigi Rumah Sakit Sari Asih – Karawaci,  saya coba tanya ke petugas pendaftaran RS Sari Asih Apakah kartu Askes bisa digunakan untuk mendaftar ke Poli Gigi?? (siapa tau dapet semacam discount gituh 🙂  ), jawaban-nya : Tidak Bisa.

Jadinya semua biaya perawatan Gigi  harus saya bayar full dari kantong sendiri, lebih lanjut saya bertanya ke Teman saya yang lebih paham masalah Asuransi, jawabannya : Tidak Bisa, kecuali di Gigi timbul suatu penyakit yang menyebabkan harus di operasi dan dirawat.

—————

btw, Prudential yang saya pakai juga gak murni Asuransi sebenernya, tahun 2007 saya ngambil yg Asuransi + Investasi. Tahun 2014 ini saya coba mencairkan setengah Nilai Investasinya supaya saya yakin klo Nilai Investasinya benar-benar bisa dicairkan suatu saat nanti & ternyata prosesnya gampang! persyaratannya cuma Isi Formulir, KTP, Buku Tabungan (semuanya di Scan), kirim via e-mail, lalu sekitar 1 mingguan uangnya udah masuk ke rekening.

————-

Beberapa hal lain tentang Asuransi :

  • Klo memang asuransi itu penting, kenapa tidak ditekankan waktu sekolah dulu ya?? saya tidak ingat ada pelajaran yang memfokuskan agar saya memiliki Asuransi karena Asuransi itu sangat penting! *atau mungkin pas Gurunya lagi ngajarin pentingnya Asuransi sayanya sedang tidak masuk kelas 😀
  • Banyak Agen-agen asuransi yang mendatangi kantor saya, dari berbagai perusahaan
  • via telpon juga banyak
  • Kadang Agen Asuransi itu tidak langsung to the point klo dia menawarkan Asuransi, kadang ngalor ngidul dulu kemana-mana lalu ujung-ujungnya ternyata Agen Prudential…hahahaha, *kan saya sudah ikutan 😀

 

Tinggalkan Balasan