Bulan ke-18 sebagai Bendahara

Tak Terasa sudah Satu Setengah Tahun sejak saya ditunjuk jadi bendahara lagi , membuat catatan seperti ini berguna bagi saya sebagai pengingat tentang apa saja yang saya Alami selama 18 bulan terakhir ini.

Yang sedang Trend saat ini didunia bendahara adalah Aplikasi SILABI (SISTEM LAPORAN BENDAHARA INSTANSI), Ini adalah Aplikasi pembukuan resmi dari pemerintah. Di Group Facebook Bendahara sudah tampak banyak keluhan mengenai Aplikasi Silabi ini. Entah kenapa setiap ada Aplikasi baru yg dilaunching, selalu kesannya itu merepotkan. Padahal Yang namanya Aplikasi itu seharusnya dibuat untuk mempermudah pekerjaan.

Sebelumnya ada yang namanya Aplikasi SPM, sudah mulai launching sekitar tahun 2008, tapi sampai tahun 2014 ini masih saja Error-error (*Padahal sudah 7 Tahun).

Terus….klo cuma meng-kritik saja sepertinya tidak akan menyelesaikan masalah, Kira-kira apa masukan dari saya untuk memperbaiki Aplikasi-aplikasi ini?

Salah satu Kendala dari Aplikasi-aplikasi ini adalah Aplikasi ini akan di install di berbagai macam OS Satker-Satker. Yang saya maksud dengan berbagai OS disini bukan Aplikasi SIlabi untuk Linux Ubuntu, Aplikasi Silabi untuk MAC hehehehe, OS nya cuma Windows tapi tingkatannya beda-beda (XP, Vista, 7, 8) & didalam OS jenis Windows itu terdapat berbagai macam Anti-Virus. Yang mana beberapa Anti Virus mendetect Aplikasi-aplikasi yang dilaunching pemerintah ini sebagai VIRUS & membuat APlikasi pemerintah tidak dapat berjalan dengan baik pada Laptop/Komputer.

Ide dari saya adalah Pemerintah harus membuat Operating System Sendiri, Aplikasinya jangan berjalan diatas Windows. Cukup membuat OS ringan saja mengambil contoh Ubuntu yang dapat berjalan berdampingan dengan Windows. Lalu semua Aplikasi yang dikeluarkan pemerintah seragam berjalan semuanya di OS ini.

Cukup sekian dengan catatan Aplikasinya

————————————-

Hal lain,

saya sekarang mencoba menuangkan permasalahan-permasalahan Bendahara melalui sebuah wadah resmi yang bernama ‘TELAAHAN STAF’, Senin 23 Juli 2014 saya menggunakan sekitar 80% Jam Kerja saya untuk menelaah pekerjaan saya dari Januari 2013 sampai 20 Juni 2014.

Telaahan Staff ke-dua saya buat untuk menelaah masalah STANDARD OPERATING PROCEDURE Pekerjaan Bendahara Pengeluaran, karena menunggu dibuatkan SOP dari Eselon I sepertinya tidak pasti & yang tau detail pekerjaan Bendahara Pengeluaran hanya saya sendiri. jadi lebih baik membuat semacam SOP sendiri supaya ada semacam TIPS-TIPS yang membuat saya menyelesaikan pekerjaan secara maksimal, tidak mengulangi kesalahan yang sama berulang-ulang

  • Telaahan Staff Pertama sudah saya Print & Sudah saya tanda tangan,
  • Telaahan Staff Ke-dua, gak tau bisa selesai kapan.

Format telaahan staf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*