Install Ubuntu di ASUS X452EA-VX026D

Saya masih memiliki 1 Flashdisk untuk menginstall Ubuntu 12.04 LTS (bekas nginstall Netbook beberapa bulan yang lalu), jadi ketika saya akan menginstall ASUS X452EA-VX026D, salah satu pilihan yg mudah untuk memasukkan Operating System ke Laptop ini adalah Ubuntu 12.04 LTS.

Awalnya saya install supaya Ubuntu berdampingan dengan Free DOS (software bawaan di ASUS ini) & sambil connect ke Internet (via Wi-Fi), jadi pas install langsung update-update, setelah penginstallan selesai entah kenapa koq Ubuntunya tidak berjalan seperti biasanya di Type ASUS ini, Log In biasa tidak bisa masuk, baru bisa masuk setelah mengambil jalan lain (masuk safe mode dulu)………………..*lalu googling, ……..masalah yg saya temukan di beberapa forum yaitu berhubungan dengan AMD di laptop ini & setelah googling beberapa lama, saya masih belum menemukan solusi yang simple.

lalu saya coba lagi Install ulang dengan Opsi yg ERASE-EVERYTHING (FREE-DOS dll saya hapus & sepintas sepertinya saya melihat ada 5 partisi yang dihapus)….*jangan-jangan semacam file untuk reset ke Factory Setting juga ke hapus 😀 …….sudahlah…terlanjur hehehe, Setelah penginstallan selesai ternyata malah tambah parah, masuk lewat safemode pun ga bisa!!!!!!!!

The system is running in low-graphic mode

Penasaran, lalu saya mengunjungi website Ubuntu (15 Juni 2014), dan disana ternyata ada Ubuntu 14.04 LTS. Asumsi saya Linux yg terbaru harusnya sudah menyempurnakan kelemahan dari Ubuntu versi sebelumnya.

Langsung download (sekitar 900MB), lalu membuat file installer Ubuntu 14.04 di Flashdisk yg biasa saya gunakan untuk menyimpan OS.

install dari awal lagi…..(Yg ERASE-EVERYTHING),  sambil connect ke Wi-Fi (update-update)…………tidak berapa lama kemudian

BERHASIL 😀

Tampilan awalnya seperti ini :

Ubuntu 14.04 Pada ASUS X452EA-VX026D

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*