Tim Penyuluh Resmi dari Pertamina atau Sales Regulator ?

Minggu Sore, 23 Maret 2014, Ada dua orang yg mengaku semacam Tim penyuluhan dari Pertamina untuk mengecek keamanan BBG (Bahan Bakar Gas) yang saya gunakan.

Katanya mereka ditugaskan untuk mengecek keamanan BBG yg saya gunakan karena beberapa waktu yang lalu ada Gas  yg meledak di Perumahan yg tidak begitu jauh dengan lokasi saya tinggal & mereka ditugaskan untuk menjadi semacam Tim penyuluh tata cara penggunaan Gas yg baik & benar.

Awalnya saya tidak curiga karena mereka sudah lapor ke Satpam Cluster  & membawa semacam list daftar tetangga-tetangga yg gasnya sudah cek..

Saya mempersilahkan ke dapur

Awalnya , mereka menjelaskan dengan detail tentang :

  • Tanggal kadaluarsa tabung Gas
  • Cara mengecek kebocoran gas pada tabung
  • kondisi regulator & selang yg saya pakai
  • Cara melakukan perawatan Selang Gas dengan menggunakan minyak pelumas
  • ngasih saran supaya Regulator Gas saya cabut supaya tidak ada pengendapan gas di selang dsb (jangan membiarkan selang terus terhubung dengan Tabung 24 jam non stop)
  • cara mengatasi jika ada api pada regulator
  • dan banyak hal-hal lain yg disampaikan

lalu….mereka mengeluarkan Regulator resmi dari Pertamina yg otomatis (klaim mereka), mereka bilang kalau yg mereka bawa hanya contoh & nantinya saya harus mencari sendiri regulator yg direkomendasikan tersebut *karena mereka hanya Tim penyuluh

Regulator Otomatis yg direkomendasikan itu diperagakan & setelah saya perhatikan memang sepertinya jauh lebih aman dari regulator gas yg saya gunakan.

……………………………….

lalu, beberapa waktu kemudian….

mereka menawarkan untuk membantu saya mendapatkan regulator otomatis tersebut dengan menjadi member & ketika saya bertanya biayanya berapa…mereka mengeluarkan selembar kertas yg tertera angka Rp. 395.000,-

mmmmm….ada 2 poin yg saya tangkap…

  1. Bukankah pada awalnya mereka mengaku Tim penyuluh dari pertamina, yg hanya memberikan informasi tata cara pemakaian Gas yg baik & benar???
  2. Bukankah dikatakan sebelumnya bahwa nantinya saya yg harus mencari regulator otomatis tersebut???

tapi koq…Ujung-ujungnya Jualan??????

sepertinya saya mulai menangkap Apa yg sedang terjadi disini. Sebelumnya 4x saya berada pada kondisi seperti ini. Polanya hampir sama seperti ketika saya menghadapi beberapa orang sales penjual buku SPMB di bandung, seperti Preman Roxi yg berusaha memojokkan saya dengan logika yg mereka bangun, Seperti Trik Marketing 2 Orang Sales Asuransi yg pernah saya hadapi.

Mereka mulai melihat saya mikir-mikir & mulai mengeluarkan kalimat-kalimat seperti :

  • Apalah artinya Uang (395.000) dengan Harta benda kita yg bisa hangus dalam sekejap jika ada kebakaran yg terjadi akibat kebocoran gas dsb.

Saya mulai memperhatikan gerak-gerik 2 orang sales tersebut *jangan sampai regulator lama saya dirusak.

saya tetap berada didapur & memperhatikan sales yg masih didapur ketika sales yg lain sudah ke ruang tamu…..

Selanjutnya terjadi semacam  perdebatan antara :

  1. Mereka mencoba membuat saya mendaftar menjadi member dengan biaya cash Rp. 395.000,- (harus sekarang karena mereka mungkin tidak akan berkunjung ke rumah saya lagi & jika saya berminat lain kali saya harus memesan secara kolektif + regulator ini tidak dijual secara bebas dipasaran)
  2. Saya mencoba memaksakan ide untuk pikir-pikir dulu & mencoba meminta contact person jika suatu saat nanti saya berminat.

kesimpulan akhirnya…mereka tidak mau memberikan contact person karena yg mereka inginkan adalah saya mendaftar sekarang & bayar 395.000

paling info terakhir yg mereka berikan tentang jika saja suatu saat nanti saya berminat untuk membeli regulator otomatis tersebut adalah  nanti coba hubungi pak RT saja….(*untuk dikolektif)

lalu mereka pamit

————————-

saya tentunya…langsung googling

dengan keyword :

sales regulator

saya mendapatkan banyak info tentang apa yg baru saja saya alami.

13 Replies to “Tim Penyuluh Resmi dari Pertamina atau Sales Regulator ?”

  1. Oh itu Jelas Pedagang atau sales Regulator hati hati apalagi bilang kedaluwarsa segala pasti pasti sales pembohong apalagi kalau menyatakan Regulator 2kg/h tidak cocok untuk tabung 3 kg apalagi 12 kg jelas sales penipu.

  2. yup bru kmren saya d dtgi 2 sales macm bgtu….saya ikuti trus mw ITU sales APA…..yaaa mirip bgt sprti crta anda…. ujung2’y duit jg …. &pd akhr’y 2 sales itu g dpt ap2… yah pikir saya “lmyn ad yg Bantu brsihin kompor sya….”

  3. y Allah…bru sja q mnglmi’y…brt saya tertipu…hmmm. bwat pnglman hidup…. tdi saya gk sempet ng.google…c….ketipu dech

  4. sama persis dgn apa yg saya alami, ujungnya jualan memang. berakhir dgn perdebatan sengit yg akhirnya mereka terdiam dan mengakui bukan dr PERTAMINA. mereka pergi dgn tangan kosong dan kotor, karena hbs bersihin kompor saya, dan tidak dapat uang.

  5. hm baru saja datang dengan kepala semi kinclong, permisi dulu, buka sepatu, trus minta ditunjukin tabung gas (kebetulan punya 3, ambil 1 bawa ke depan eh malah merangkak masuk sampai ke dapur). intinya dia cuma pengen pegang regulator dan nyalain kompor gas kesayangan hehehe trus nawarin , sip trmkash infonya

  6. Istri saya baru z kn pdhl suami y kerja di pertamina,dy diksh regulator pertamina tapi lambang y yg msh kuda laut kembar,hati” untuk semua y pertamina yg skrng lambang y sudah bd,lambang kuda laut kembar itu lambang pertamina taon 1961

  7. Ya Alloh brrt saya tertipu.. saya beli reg + selang 400rb . Gpp lah anggep aja sedekah..

  8. Hai hat-hati kalian kalau komentar, kalau mereka penipu, ngapain polisi didatangi sama mereka?

  9. Kalo menurut saya mereka gak nipu kok, toh regulator dan selang yang mereka jual memang bagus. Saya baru aja hari ini ngalamin, namun saya tolak kok. Karna saya cari dulu dimbah google

  10. Ya menurut saya begini… Mereka bekerja mereka berjualan atau bisa di bilang berniaga…
    Mereka menawarkan barang yg mereka jual apa itu salah kan tidak…
    Yg penting kan tidak merusak barang anda n merugikan anda secara uang…
    Kalau barang yg mereka jual bagus dan anda butuh barang itu apa salahnya anda beli kalaupun tidak jangan anggap mereka penipu ataupun pembohong…karena sales bukan pekerjaan kotor hanya cara dari sang sales yg menentukan semuanya… Betul tidak yg saya katakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*