Penyolderan Pertama

Tujuannya adalah menyambungkan kembali kabel warna merah & putih ke Kipas Angin eksternal netbook yg telah rusak (karena kabelnya tertarik & putus).

Penyolderan dimulai :

  • Solder-nya dicolokin ke listrik, menunggu panas
  • Tangan kanan memegang solder, tangan kiri memegang timah…lalu yg megangin kabelnya siapa??? hehehe *Akhirnya kabelnya ditindih oleh alat-alat yg ada di meja
  • Ternyata Timahnya sangat cepat mencair & sangat cepat membekunya lagi…mungkin kecepatannya sekitar 1/10 lebih cepat dari lilin yg cair…beberapa kali gagal menyambungkan kabel…, saat solder diadukan dengan timah..muncul asap & mulai tercium bau timah…& sepertinya mengenai bahan  plastik yg ada di kipas angin eksternal tersebut…*plastiknya meleleh terkena solder… 🙂
  • Saya pikir titik terpanas solder itu adalah ujung yg runcingnya, tapi kenapa beberapa saat koq timah tidak bereaksi ketika diadukan dengan ujung solder???? Apakah karena ada plastik yg lengket di ujung solder sehingga ujung solder tersebut menjadi tidak panas?
  • akhirnya….dengan hasil solderan yg sangat tidak rapi…selesai
  • Kipas angin di test…dicolokin ke netbook…& hasilnya???

KIPAS AGINNYA GAK MUTER SAMA SEKALI 😀

sepertinya kipas angin eksternalnya rusak, karena sebelumnya jika kabel warna merah & putih itu saya pegangin secara manual…kipasnya masih bisa muter.

Setelah saya berhasil menyolder & menyatukannya secara permanen..ternyata malah jadi tidak jalan sama sekali.

mungkin terlalu banyak timah yg mencair yg menyebabkan kipas tidak berfungsi.

sekian pengalaman penyolderan pertamanya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*