Asus Eee PC 1015BX Over Heat

Beberapa minggu yang lalu, baru sekitar 5 menit menyalakan netbook Asus, tiba-tiba …mati!!!!!!!!!!

Saya nyalakan lagi……sekitar 30 detik kemudian mati-lagi….

Curiga :

  • Over Heat, atau
  • Berkaitan dengan semut yg pernah terpergoki berada di netbook (takutnya bawa sesuatu ke dalam netbook hehehe) atau
  • Akibat netbook jatuh 1x?

Saya coba beberapa kali dengan menggunakan kipas pendingin eksternal , tetap saja sekitar 5 menit kemudian mati lagi-mati lagi.

Padahal sekitar 170GB data saya ada di netbook ini….

Akhirnya saya bawa ke toko komputer yg ada logo Asusnya di Metropolis Town Square. Penjaga tokonya sempat mengecek kondisi netbook, *awalnya sedikit kaget melihat tampilan ubuntu di netbook tersebut (sepertinya masnya biasa pake window), dia mencoba melepas baterai lalu menyalakan lagi….tetapi di toko tersebut sepertinya belum bisa memberikan solusi, Singkat cerita…penjaga tokonya menawarkan diri untuk membawa netbooknya ke Asus Resmi di Jakarta…..tapi saya harus menyelamatkan dulu data saya yg sekitar 170 GB  karena saya tidak tau kerusakannya seperti apa & takutnya klo dibawa ke tempat service begitu saja…nanti datanya hilang semua.

Kendalanya …setiap kali saya copy data 2GB netbook….nunggu netbooknya dingin baru copy data lagi…..kapan selesainya???

Kenapa sih Tempat penyimpanan Data pada netbook tidak bisa diakses dari luar (dengan netbook/PC lain) ? jadi meskipun netbook saya mati…saya tinggal nyolokin kabel lalu datanya bisa dibaca oleh perangkat lain. 

mmm….lalu…akhirnya saya mencoba mencari solusi sendiri…

terlintas apakah ada software pada ubuntu yg bisa mengukur suhu pada netbook…& akhirnya…ketemu!!!ada suatu aplikasi yg bernama Psensor…..setelah diinstall jadi ketahuan bahwa ada suhu yg naik dengan cepat & ketika mencapai suhu 98 …otomatis netbooknya mati sendiri

Aplikasi Psensor-ubuntu

dan

ada ide untuk membuka bagian bawah netbook, lalu kipas pendingin eksternal saya dekatkan ke lubang netbook yg terbuka tersebut

&

BERHASIL!!!!!!!!!!!

Saya pantau melalui aplikasi Psensor…suhunya naik lebih lambat karena mendapat bantuan pendingin dari Kipas Eksternal

Saya bahkan bisa menyelamatkan data sekitar 20 GB langsung tanpa netbooknya mati…..

Sekarang :

  • Datanya sudah terselamatkan
  • Netbook sebenarnya sudah berfungsi normal, hanya saja sekarang saya hanya bisa menggunakan netbook di meja, gak bisa sambil tiduran karena ada Kipas pendingin eksternal yg harus menyala.
  • saya bisa saja menitipkan netbook saya ke toko di metropolis untuk diantar ke service center resmi
  • karena sudah ketauan masalahnya ada pada kipas pendingin internal, Apakah saya tinggal coba mencari tempat service netbook biasa?
  • & Ada rasa penasaran untuk membongkar netbook ini……selama ini saya belum pernah bisa memperbaiki hardware yg rusak (baik HP / Netbook)……

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*