Mengurus Uang Duka Wafat PNS

Ditahun 2013 ini saya harus mengurus Uang Duka Wafat karena ada salah seorang PNS dikantor meninggal dunia.

Di Petunjuk Operasional Kantor kami tidak ada MAK 511147 (Uang Duka) jadi langkah pertama adalah mengurus Revisi POK………mengalihkan sebagian Pagu Gaji Pokok/Pagu Belanja Pegawai Lainnya  (kecuali Uang Makan / Lembur) dan  memunculkan MAK baru (511147)……..nantinya Aplikasi GPP akan mengambil Dana Dari :

  1. 511147 Uang Duka (3x Gaji Pokok)
  2. Tunjangan Umum
  3. Tunjangan Beras
  4. Pembulatan

ADK RKAKL yang sudah ada MAK 511147 di upload ke Aplikasi SPP/SPM

*Update 03 Jan 2013, saya baru ngeuh bahwa MAK yang ditarik oleh Aplikasi GPP 2013 ternyata MAK 511111 bukan MAK 511147, nanti tulisan ini di update lagi setelah Rekon dengan KPPN selesai.

 

Selanjutnya :

*Dokumen yang diperlukan adalah SURAT KEMATIAN dari Ahli Waris

Mengubah Status Pegawai pada Aplikasi GPP 2013, dari Aktif menjadi ‘Meninggal Dunia’………

Membuat Uang Duka Wafat dari Aplikasi Gaji…..hampir sama dengan membuat Gaji Induk….Pengujian Gaji…..

Mengirim File untuk di upload ke Aplikasi SPP

Membuat Surat Permohonan Uang Duka dari Aplikasi GPP ttd Kepala Instansi

Membuat SPP dengan menggunakan ADK dari Aplikasi GPP……….dikolom isian rekening otomatis muncul Rekening Almarhum…….Pihak KPPN menyarankan agar Uang Duka dikirim ke Rekening kantor lalu diserahkan secara cash ke Ahli Waris…*Untuk mengubah Rekening Almarhum menjadi Rekening Kantor tidak bisa menggunakan cara edit, tapi rekening Almarhum di hapus dulu, lalu Rekam Rekening Kantor secara Manual….simpan.

selanjutnya seperti biasa, cetak SPP, Catat Di SPM…Cetak SPM…Inject PIN PPSPM

Yang dikirim ke KPPN

  • SPM
  • ADK SPM
  • Hasil Cetakan dari GPP
  • ADK dari GPP
  • Copy Surat Kematian?

Kira-kira prosesnya seperti itu….*saya menulis ini di rumah jadi tidak bisa menulis secara detail hal-hal yg berhubungan dengan Aplikasi RKAKL, SPM, GPP.

———————-

Update

setelah rekon dengan KPPN, ternyata memang benar…jika saya membuat permohonan Uang Duka Wafat dengan menggunakan Aplikasi GPP, lalu ADK yg dihasilkan dari GPP tersebut kita upload ke SPM, ternyata Realisasi yg ditarik adalah Gaji Pokok (511111), Tunjangan Umum, Tunjangan Beras & Pembulatan.

Berhubung masih banyak pekerjaan lain yg harus saya lakukan, akhirnya pada saat rekon saya menyamakan data dengan data yg ada di KPPN.

Karena prediksi saya, meskipun saya ingin mengalihkan realisasi tersebut ke MAK 511147, berarti saya harus mengajukan Ralat SPM, dimana SPM dengan MAK 511147 pun belum tentu bisa dibuat karena Aplikasi GPP Langsung mengarahkan ke MAK Gaji pokok, Tunjangan Umum, Tunjangan Beras & Pembulatan.

…..tulisan ini dibuat dengan kondisi Aplikasi GPP tahun 2013.

Mungkin setelah ada Update Aplikasi GPP , kondisinya akan berbeda.

 

Tinggalkan Balasan