Bendahara Note Bulan ke 11

Tidak terasa sudah 11 bulan jadi bendahara lagi……Apa yang bisa saya catat selama 11 bulan terakhir ini?

Ada banyak perubahan antara pekerjaan tahun 2007 s.d. 2010 dengan pekerjaan bendahara tahun 2013 ini. Mungkin perubahan ini tidak akan terasa oleh Pegawai yang langsung terus menerus menjadi bendahara dari tahun 2007 s.d 2013. Tapi bagi saya yang sempat berhenti jadi bendahara selama 2 Tahun, perubahan tersebut…………Terasa.

Ada beberapa hal baru seperti :

  • PIN PPSPM
  • KIPS yang memakai Barcode
  • Uang Makan yang dulunya ‘LS’ menjadi ‘Gaji Lainnya’
  • Peraturan-peraturan baru mengenai Tata Cara Pencairan
  • Peraturan SPD baru (dulu istilahnya SPPD)

Namun sayangnya Bendahara belum juga Fungsional…(fungsionalnya masih boong-boongan hehehe)

dan Tetap saja saya sendiri yang harus mencari-cari Tau tentang Hal-hal baru tersebut.

  • Mencari-cari peraturan
  • Membuat Excel & Word sendiri untuk pelaporan-pelaporan dsb

Belum ada suatu sistem yang dengan otomatis memberitahukan kepada saya peraturan-peraturan terbaru, format-format Excel / Word yang sesuai dengan Peraturan terbaru.

Ingin rasanya membuat semacam Organisasi Bendahara. Dimana bisa share mengenai permasalahan-permasalahan baru yang dihadapi bendahara.

Dimana terlihat jelas Apa yang seharusnya dilakukan oleh bendahara (Bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan sesuai peraturan yang terbaru)

memperjuangkan bendahara supaya bendahara bisa menjadi Fungsional

Menyediakan 1 Paket Peraturan & Tool-tool untuk menyelesaikan pekerjaan bendahara, baik untuk bendahara yang benar-benar baru jadi bendahara….atau bagi bendahara yang sempat berhenti selama 2 tahun seperti saya. Saya ingin ketika saya mulai jadi bendahara lagi, saya sudah diberitahu apa yang sudah berubah dari zaman saya jadi bendahara dulu.

Yang terjadi sekarang adalah :

Bendahara dituntut untuk bisa bekerja dengan Cepat diawal dia mulai bekerja sebagai bendahara. Tidak ada yang memberitahu Apa yang harus dilakukan, harus mencari tau sendiri……ditengah tengah rekan-rekan kerja kita yang menuntut supaya Gaji Cepat, Uang Makan Cepat, menuntut supaya SPD bisa cepat Cair 😀

Ditengah-tengah mengerjakan Pembukuan (Buku Kas Umum, BP Uang Persediaan, BP Kas Tunai, BP LS, BP Bank, Realisasi Anggaran dsb), ada honor Satpam yang harus dibayarkan, Tagihan Listrik, Telpon, PDAM. Bayar Honor Cleaning Service. Bayar Pembelian Kertas, ATK, Sewa Fotocopy, Uang Lembur,Tagihan Pos,Forecasting,Membuat SPby setiap uang brankas keluar, Membuat SPP, Ngambil Uang ke Bank untuk disimpan di brankas, mengantri di KPPN, mengantri di Bank untuk setor Pajak, mengurus SSPB atau SSBP, membuat Surat Keterangan Penghasilan, Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rekan kerja  mengenai keuangan, kadang harus bersitegang dengan rekan kerja, Laporan SPT Masa bendahara PPN/PPh 21, 22,23. LPJ ke KPPN, Revisi DIPA, Revisi POK, Laporan Daya Jasa.Laporan TGR, Arsip-arsip yang harus di rapikan. Ada pemeriksaan Auditor Internal atau Eksternal.

Ditambah lagi ada beberapa bendahara yg juga ditunjuk sebagai Operator SAKPA………bikin Laporan Keuangan yang mumet…rekon tiap bulan ke KPPN sie cenderung gampang.

Kadang ada bendahara yang merangkap jadi PDG/PPABP. atau……….PDG sebetulnya ada tapi hitungannya sering salah, minta diganti tapi ga ada pegawai lain …….somewhere pasti ada Bendahara yang merangkap jadi PDG.

 

 

Comments are closed.