Permainan-permainan OUTBOND / OUTBOUND

Saya sudah beberapa kali ikut outbond, terakhir hari Sabtu tgl. 26 Oktober 2013 mengikuti 4 permainan :

  1. Si Buta yang melewati Rintangan dengan arahan Si Tuli & Si Bisu
  2. Lomba mengayuh Sampan
  3. Voli Gila (menggunakan Saputangan & Balon yg diisi air)
  4. Lomba menyalakan obor dengan lilin (disertai gangguan dari tim lawan yang melemparkan balon yg diisi air)

Hal-hal standar & biasa banget pada kegiatan outbond itu diantaranya :

  • Buat Yel-yel
  • Halo, Hai
  • Lomba mencari pasangan : Dansa (2 orang), Traffic Light (3 orang), Teratai (4 orang), Dayung (5 orang)
  • Tepuk 1, Tepuk 2, Tepuk 3
  • pembagian hadiah diakhir acara

Permainan lain yang pernah saya ikuti?

  • Menyebrang dilapangan tetapi harus melalui tongkat yang dipegang oleh teman-teman 1 kelompok, jadi teman-teman 1 kelompok membuat semacam jembatan dadakan, apabila jatuh…harus mengulang lagi dari awal.
  • Menyusun Batu Bata, Ketua Kelompok diberi tahu oleh panitia bentuk susunan batu batanya, Ketua Kelompok memberitahukan kepada anggota 1, anggota 1 memberitahukan kepada anggta 2, anggota 2 memberitahukan kepada anggota 3 dan seterusnya dan seterusnya, anggota ke 14 memberitahukan kepada anggota ke 15 & akhirnya anggota ke 15 menyusun batu bata . disini bisa keliatan tentang adanya distorsi informasi dari 1 anggota ke anggota lainnya.
  • Egrang yang dimodifikasi (bentuknya jadi segitiga)
  • Menyebrangkan Bola Pingpong dengan pipa
  • Menyebrangkan Bola Bekel pada suatu papan yang dibuat dengan banyak rintangan
  • Lomba mengisi suatu wadah air, tapi kita tidak diizinkan untuk menggunakan gayung…waktu itu banyak yang membuka baju merendamnya di pantai lalu berlari & meremasnya supaya air berpindah ke wadah air yang dimaksud panitia.
  • Voli Gila (menggunakan sarung & bola plastik)
  • Lomba menyebrangkan air di ember tapi 1 anggota Tim hanya boleh menginjak 1 petak yang telah disiapkan panitia
  • Balap Karung
  • dsb, …..gak inget semua…..

Kebanyakan saya tidak tau Nama Resmi dari suatu permainan outbond  yang saya ikuti. Dan yang namanya outbond itu sepertinya dilarang untuk serius. Kebanyakan hanya dianggap sebagai suatu Hiburan.

Aturannya kadang-kadang gak jelas & banyak yang berbuat “curang” / Cerdas??? & Panitia juga rata-rata membiarkan kecurangan atau kecerdasan yang terjadi dalam suatu permainan.

Yang saya tidak tau, Sebenarnya panitia outbond itu ingin permainan yang dibuatnya mempunyai Arti atau memang semata-mata hanya untuk Hiburan?

Memangnya ada permainan Outbond yang memiliki Makna? Contohnya dalam permainan Menyusun batu bata yang melibatkan sekitar 15 anggota Tim. memang terjadi sangat banyak sekali distorsi informasi dari awal sampai akhir. Terus Pelajaran yang bisa diambil dari permainan ini apa? *setelah besok kita kembali ke suasana kantor lagi?

Distorsi informasi itu tetap saja terjadi & cara-cara yang menyebabkan distorsi informasi itu tetap saja dilakukan!!!!!!!!!!!!!

dalam bayangan saya, permainan outbond yang berguna itu adalah seperti ini :

  • Tetap dilakukan Permainan Menyusun Batu Bata yang melibatkan sekitar 15 orang, permainan itu didokumentasikan dengan handycam untuk melihat bagaimana perpindahan informasi dari masing-masing anggota. Lalu Panitia mengumumkan hasil lomba tersebut.
  • lalu setelah itu, dilakukan permainan ulang….lombanya tetap sama menyusun batu bata, tetapi dipermainan ke 2 ini ketua kelompok dibekali oleh 2 HP yang sudah terinstall whatsapp….Bagaimana caranya suatu kelompok menyusun batu bata sesuai susunan batu bata yang dikehendaki panitia. Setiap Tim diizinkan untuk berdiskusi untuk memikirkan strategi apa yang harus dilakukan & mungkin strategi yang ketemu adalah difoto aja susunan batu bata yg dikehendaki panitianya, lalu fotonya dikirim via WhatsApp ke anggota ke 15 yang bertugas menyusun batu bata…SUKSES
  • Lalu setelah itu Panitia memberikan semacam penjelasan singkat akan makna dari permainan tersebut. contohnya : itulah sebabnya kenapa perusahaan kita mewajibkan setiap karyawan untuk menyaksikan video langsung dari bapak pimpinan kita setiap pagi…..supaya tidak terjadi distorsi informasi!!!. jadi kita memanfaatkan teknologi (yang disimbolkan oleh 2 HP tadi) supaya setiap karyawan mendapatkan gambaran yang jelas akan Apa Tujuan Perusahaan tempat dia bekerja.

Menurut saya, kira-kira seperti itulah outbond yang bermakna itu & Tugas dari Panitia Outbond adalah mencari berbagai macam jenis Variasi permainan outbond sehingga peserta outbond tidak jenuh dengan permainan outbond yang itu itu saja dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Balasan