Surat Keterangan Penghasilan

Seharusnya membuat Surat Keterangan Penghasilan itu simple, tinggal mengetik penghasilan yang diperoleh pegawai setiap bulan lalu ditandatangan oleh pejabat yang berwenang.

Pada prakteknya :

  • Ada yang minta penghasilannya di besarkan, katanya supaya pengajuannya diterima oleh Bank
  • Ada yang justru minta penghasilannya dikecilkan, untuk hal-hal yg berbau subsidi.

Bagian keuangan suatu kantor saya pikir akan sangat sulit menolak permohonan pegawai yang minta penghasilannya dibesarkan atau dikecilkan. Terlebih jika surat keterangan penghasilannya dibuat manual. Daripada menimbulkan Konflik antara bagian keuangan dengan pegawai biasanya bagian keuangan akan menyetujuinya.

Surat Keterangan Penghasilan biasanya dibuat untuk :

  1. Pembuatan Kartu Kredit
  2. Permohonan KPR
  3. Permohonan Kredit Tanpa Agunan / Kredit Pegawai Tetap (Kretap)
  4. Permohonan Pembiayaan untuk pembelian Mobil / Motor.

Pihak Bank setau saya mengecek kebenaran penghasilan tersebut dengan cara :

  • Konfirmasi ke Bagian Keuangan melalui Telpon
  • Meminta Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
  • Wawancara langsung dengan orang yang bersangkutan (menilai karakter)
  • Minta copy SPT Tahunan pegawai.

Dari semua cara diatas, saya pikir cara yang paling baik untuk menilai penghasilan seseorang adalah melalui Rekening Koran. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menilai penghasilan dari Rekening Koran adalah adanya penghasilan yang dipotong sebelum Uang di transfer.

Contohnya seorang pegawai sebenarnya memiliki penghasilan 5jt. Namun karena ada pinjaman koperasi , Uang yang di transfer ke rekening pegawai tersebut misalkan hanya 3jt (potongan koperasi selama beberapa bulan). Hal itu menyebabkan kesalahan penilaian terhadap kondisi keuangan  pegawai yg bersangkutan.

Keputusan terakhir dalam menilai penghasilan seseorang tetap ada di Pihak Bank.

Pihak Bank juga jangan sampai tertipu oleh Trik Calon Nasabah yang meminjam uang kepada saudaranya atau rekan bisnisnya untuk dimasukkan ke Rekening Pribadi beberapa saat (Supaya Rekening Korannya terlihat Baik, ada Saldo Banyak).

Comments are closed.