Mereka tumbuh, Mereka Layu

Saya 1 tahun penuh tidak pulang

Ketika Pulang, saya melihat saudara-saudara kecil saya tumbuh lebih tinggi

  • Yang waktu lebaran th 2012 masih terbaring karena baru Lahir beberapa hari sebelumnya
  • Lebaran th 2013 ini sudah duduk & mulai belajar berjalan

Dilain Pihak, ketika sholat ‘ied tahun ke tahun saya melihat beberapa orang terlihat “mulai layu” secara fisik, dan beberapa ternyata tidak datang lagi ke tempat sholat ‘ied karena sudah meninggal.

Hal lain

Saya melihat bisnis seseorang yang mulai tumbuh (bisnis rental mobil), Mudik tahun ini saya memakai jasa Rental Mobilnya. & Menurut kabar dia sekarang sudah memiliki 3 Mobil Avanza.

Suatu hal yang anomali ketika teman-teman 1 kampung halaman profesinya hanya seputar bidang pertanian, coba buka usaha warnet kecil-kecilan, warung kecil-kecilan, tukang ojek,  kerja sebagai karyawan PLN..hal-hal semacam itu.

Ada juga bapak-bapak PNS yang dulu ketika saya SD (th 1993-an) mulai merintis Toko Bahan Bangunan, Sekarang Bapak-bapak tersebut sudah pensiun dini & punya 3 cabang Toko bahan bangunan.

Cerita bangkrut nya beberapa usaha juga memang ada (saya ceritakan kisah saya saja)

Usaha saya mulai menumbuhkan Bisnis Pulsa pada tahun 2005, ketika penghasilan saya masih sekitar 2jt per bulan saya nekad meminjam uang 30jt ke Bank Jabar. Satu tahun kemudian mulai layu. dan sampai sekarang sepertinya statusnya sekarat, saya masih bisa mengisi pulsa saya sendiri & mengisi beberapa teman yg membutuhkan tapi hanya dalam skala iseng, bukan skala usaha.

Yang jadi pertanyaan adalah ?

Apakah bapak-bapak PNS yg buka toko bahan bangunan itu sempat rugi??? sempat bangkrut? sempat terlilit utang???? sempat tertipu??…. yang bisa saya lihat hanya cerita sukses membuka 3 cabang toko bahan bangunan.

Cerita dibalik kesuksesan itu saya tidak tau….

Apa yang membuat bapak-bapak tersebut bisa tetap yakin bidang usaha yang ditekuninya akan membuahkan hasil. Apa yang membuat bapak-bapak pemilik Toko Bahan Bangunan tersebut tetap optimis?

Apakah toko bahan bangunan adalah satu-satunya jenis usaha yang ditekuni bapak-bapak tersebut?? Atau apakah pernah mencoba jenis usaha lain ?

Suatu jenis usaha, jika ditekuni secara serius…lama-lama akan tumbuh.

Saya menulis ini karena cenderung mulai merasa pesimis dengan yg sedang saya jalankan sekarang.

  • Saya sepertinya tidak akan menumbuhkan bisnis pulsa lagi
  • Yang saya coba tumbuhkan adalah Bisnis saya sebagai seorang publisher (salah satu jenis usaha dalam netpreneurship)

dengan semangat yang kadang menggebu-gebu, kadang melempem, saya mencoba terus menumbuhkan skill saya yg satu ini.

meski kadang terasa pesimistis ketika saya sudah mengeluarkan biaya ratusan dollar untuk hosting, domain dsb. tapi hasil yg saya dapat baru recehan recehan dollar.

sepertinya tetap lebih baik jika saya terus tetap mencoba lalu gagal (*ada peluang sukses juga) daripada saya tidak mencoba sama sekali …( kalimat seperti ini pernah saya dengar dari pemilik Air Asia)

Yupz…terus berusaha menumbuhkan salah satu bidang usaha!!! masalah hasil itu urusan lain

 

 

2 thoughts on “Mereka tumbuh, Mereka Layu

  1. semangat bro,\
    kalo sudah bertahun tahun disitu dan nggak ada perubahan, saatnya angkat kaki bro, coba yang baru

    jangan menyerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*