Jika Tidak Mudik, Apa yang akan terjadi?

Saya pernah tidak mudik pada tahun 2008, alasannya tidak perlu saya jelaskan disini pokoknya di lebaran tahun 2008 saya memutuskan untuk Tidak Mudik.

dan ini Konsekuensi yang harus saya hadapi setelah saya mengambil keputusan untuk tidak Mudik (dari orang-orang sekitar yg mengenal saya) :

Ibu Kost 

Ibu Kost tidak berani menanyakan secara langsung kenapa saya tidak mudik, Ibu Kost berbaik hati berbagi makanan khas lebaran & mengantarnya ke kamar kost saya (ketupat + opor ayam), namun saya sempat mendengar sepintas bisik-bisik pembicaraan Ibu Kost yang bertemakan Kenapa saya tidak mudik.

Teman-teman kerja 1 Angkatan (sekantor)

Yang saya dengar hanya pernyataan-pernyataan heran tentang kenapa saya tidak Mudik, (tidak menanyakannya kepada saya secara langsung), hanya dikalangan mereka. Saya mengetahuinya karena tidak sengaja dengar.

Bapak-bapak Se Kantor 

Bapak-bapak rekan kerja Se Kantor , ada yang menanyakan secara langsung tentang Kenapa Saya tidak Mudik, Ada juga Bapak-bapak yang menyarankan kepada Teman-teman Kerja 1 Angkatan untuk menanyakan langsung kepada saya, di pikiran Bapak-bapak tersebut takutnya saya ada masalah keluarga & dia tau kalau saya orang yang tertutup, jadi dia pikir yang pantas untuk menanyakan langsung kepada saya adalah teman-teman kerja 1 Angkatan.

Darimana saya tau kalau ada Bapak-bapak yang seperti itu, Karena beberapa bulan kemudian saya akhirnya mendapat partner kerja 1 angkatan yang 1 ruangan dengan saya & akhirnya menyampaikan keterangan tersebut.

Teman kerja 1 Angkatan (Tidak Sekantor)

Saya bertemu di suatu acara, pertama dia klarifikasi dulu apakah benar saya tidak mudik?, lalu dia berkomentar Panjang, dan diantara kalimat komentar panjang tersebut ada 2 kata yang paling keras :

ANAK-DURHAKA

*saya hanya diam menanggapi komentar tersebut.


Apakah saya marah karena di bilang Anak Durhaka??

karena saya sudah agak mengenal karakter teman saya tersebut, saya tidak marah… (*hanya tersinggung dikit lalu lupa…hahaha)

Jadi kira-kira seperti itu tentang Apa yang akan terjadi ketika kita memutuskan untuk Tidak Mudik.

Teringat sekitar tahun 2005, Saya sendiri pernah mendengar pembicaraan ibu-ibu di Angkutan Kota kalau dia tahun itu tidak mudik, si ibu menjelaskan panjang lebar tentang kenapa dia tidak mudik kepada temannya, Waktu itu saya sendiri memberikan penilaian yg kurang baik terhadap ibu-ibu yang memutuskan untuk tidak mudik tersebut. (namun setelah dipikir-pikir…………… Apakah kita harus mudik?….dan ternyata saya sendiri pada tahun 2008 tidak mudik)

Selanjutnya, Ketika Teman-teman bertanya satu sama lain tentang Mudik Naik Apa atau Mudik Tanggal Berapa……

Pertanyaan kepada saya ada yang sedikit berbeda yaitu  “Mudik Enggak?” (Tahun 2013 ini saya masih mendapatkan pertanyaan seperti itu)

itulah konsekuensi ketika saya melakukan hal-hal yang berbeda diantara suatu Tradisi yang sudah sangat melekat.

 

 

2 thoughts on “Jika Tidak Mudik, Apa yang akan terjadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*