Cara Mengatur/Setting Brightness yang permanen di Linux-Ubuntu 12.10

Salah satu Kendala saya dalam menggunakan Linux-Ubuntu adalah Brightness/kecerahan yang selalu kembali 100% (sangat silau) setiap kali saya menyalakan Netbook atau setelah Restart.

Solusi sementara saya adalah memasang Icon/Shortcut ‘Brightness and Lock’ di launcher, jadi sebelum saya menggunakan Linux hal pertama yang harus saya lakukan adalah masuk ke ‘Brightness and Lock’ lalu mengatur Tingkat Kecerahan menjadi sekitar 20%.

Cara agar Tingkat Kecerahan/Brightness menjadi permanen 20% saya temukan di blog :

Langkah-langkah yang saya lakukan berdasarkan 2 post dari ubuntu genit 🙂 adalah :

  1. Cek Installan VGA : dalam tahap ini Linux Ubuntu saya sudah sesuai dengan petunjuk, jadi tidak perlu melakukan apa-apa (meski sepertinya tampilan di tutorial tidak 100% sama dengan tampilan di netbook saya, tapi saya pikir point-nya tetep sama)
  2. Buka Terminal (Ctrl + Alt + T)
  3. Ketik : sudo apt-get install xbacklight  (waktu itu saya cukup memasukkan sudo apt-get install xbacklight  tanpa mengetik gnome-session-properties)
  4. Masukkan Password Netbook kita masing-masing (Ingat, Passwordnya gak kliatan…jadi ketik aja password kita lalu enter)
  5. menunggu proses yang tidak terlalu lama – selesai
  6. buka ‘STARTUP APPLICATION’ (klik ‘Dash Home’ lalu cari aja pake keyword ‘startup’)
  7. Add, berhubung saya mau mengatur Brightness menjadi 20%, jadinya command yang saya gunakan adalah xbacklight -set 20 (kalau di contoh tutorial, xbacklight -set 55) selesai
  8. saya coba Restart
  9. Berhasil 😀 Brightness Netbook saya otomatis permanen menjadi 20%

Berarti Icon ‘Brightness and Lock’ bisa saya ‘Unlock from Launcher’

Cara Mengatur/Setting Brightness yang permanen di Linux-Ubuntu 12.10

 

7 thoughts on “Cara Mengatur/Setting Brightness yang permanen di Linux-Ubuntu 12.10

    • Ubuntu 12.10? atau 14.04?

      Cara diatas berhasil untuk Ubuntu 12.10 saya tapi pas saya coba di 14.04 memang belum berhasil…entah kenapa (Saya bukan ahli Linux) 🙂

Tinggalkan Balasan