Menutup 2 Kartu Kredit

Berdasarkan Pengalaman saya sendiri saat mencoba menutup Kartu Kredit pertama kali & Baca Blog-blog orang lain, saya mengambil kesimpulan bahwa  menutup kartu kredit itu sulit.

Jadi sebelum saya menelpon Call Center saya melakukan beberapa persiapan dulu :

  • Pulsa HP Diisi dulu, karena ada kemungkinan prosesnya lama
  • Dikartu Kredit sengaja saya sisipkan dana lebih, supaya tidak ada alasan harus mentransfer biaya meterai dsb
  • Baterai HP juga dipastikan cukup untuk menelpon lama
  • Siap-siap mental untuk di ‘Pingpong’ , menghadapi putusnya sambungan telpon saya secara tiba-tiba, suara telpon yg kresek-kresek gak jelas dsb

Proses menutup Kartu Kredit Pertama (Nama Banknya gak usah disebut deh yah)

Mulai menelpon, mendengarkan panduan mesin penjawab, mencet-mencet Nomer sesuai panduan lalu akhirnya ada Customer Service Kartu Kredit yang menyapa, saya menyampaikan maksud saya menutup kartu, lalu klarifikasi data (No. Kartu, Nama Lengkap di Kartu, Nama Ibu Kandung, Masa berlaku kartu dsb) yang aneh adalah Customer Service tersebut menanyakan 3 digit dibelakang kartu, namun karena saat itu saya yakin menelpon Call Center resmi saya memberikan informasi 3 digit dibelakang kartu..lalu ditanya Alasan menutup kartu , saya jawab :”SUDAH TIDAK PERLU LAGI” & setelah itu …

Telpon saya di Transfer ke Bagian Penutupan Kartu, hahhaha (sudah siap untuk di ping-pong)

Sama bagian penutupan kartu saya ditanya-tanya lagi…setelah pertanyaan selesai saya bertanya ke Cust. Service tersebut tentang pertanyaan 3 digit dibelakang kartu dari cust. service sebelumnya, jawabnya itu memang Standard Bank tersebut & dia bilang jangan kuatir,,datanya aman……….selesai…lalu disuruh nunggu lagi

menunggu,,,menunguuuuu….lalu…….TELPON-nya PUTUS 😀  (saya sudah siap untuk  telpon yg putus …sudah gak kaget lg)

Saya kembali menelpon Nomor Call Center Bank tersebut, disapa oleh Cust. Service yg lain…………..diklarifikasi datanya lagi……lalu disambungin lagi ke bagian penutupan Kartu.

Nyambung lagi ke Bagian Penutupan Kartu & sepertinya yang menjawab adalah Mba Cust. Service yang tadi (yg sebelum telponnya putus)…jadi saya tidak harus menjelaskan keterangan dari awal lagi Proses penutupan kartu di proses & katanya prosesnya 14 Hari Kerja…nanti saya dapat semacam surat Penutupan Kartu

Tidak lupa saya tanya nama mba Cust. Service tersebut , (saran dari blog-blog lain yg saya baca)……………namanya Mba E***.

belum selesai sepenuhnya sie….nunggu 14 hari kerja…tpi ini salah satu langkah yg harus saya lewati ketika menutup kartu.

Proses penutupan Kartu Kedua

Menelpon Call center…….ditanya-tanya…( & Tidak ada pertanyaan 3 digit dibelakang kartu, makanya saya heran dengan Standard Op. Proced. Bank sebelumnya)………lalu kembali saya di Transfer ke Bagian Penutupan kartu

Menunggu…menunggu..menunggu…..kali ini menunggunya lama…yg saya dengar hanya lagu

lirik :

AYO AYO KITA KE BANK,,,,

MAJUNYA NEGERI KITA

TERGANTUNG KITA SENDIRI

AYO INDONESIA………..dst

……………………..

………………..

 

akhirnya ada yang menyapa!

& Tema perbincangan kali ini adalah Rayuan-rayuan agar saya tidak menutup kartu

  • Ditawarin Free Iuran Tahunan
  • Promo Cashback
  • Mencoba terdengar Care..dengan menanyakan apakah ada kendala-kendala selama kartu

Karena sepertinya Mba nya terus menerus mencoba mengeluarkan seluruh memori PROMO nya , Saya selang : Mba….Bisa cukup promosinya??….bisa dilanjutkan ke proses penutupan kartu?

Akhirnya proses penutupan pun dilakukan, katanya prosesnya 1 x 24 Jam…

Si Mba nya menyebutkan Sekitar 11 digit  Nomor Penutupan Kartu

selesai!!!!!!!!!!, kali ini saya tidak menanyakan nama karena Mba nya sudah mengenalkan diri duluan.

Akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..Mulai proses bebas dari 2 Kartu Kredit

*dilain Pihak , Sekitar 1 Bulan ini ada 2 Sales Bank yang sengaja datang ke kantor saya (membuka stand), menawarkan Kartu Kredit yang Free Iuran Tahunan.

& ada 1 Bank yang menghubungi saya lewat telpon , juga menawarkan Kartu Kredit yang Free Iuran tahunan.

 

 

 

12 thoughts on “Menutup 2 Kartu Kredit

  1. surat penutupannya diterima dalam berapa hari setelah telepon? Karena saya menutup kartu kredit, kata mbak yg pertama surat penutupan dikirim dalam 14 hari kerja, sampai 1 bulan saya belum terima akhirnya saya telpon lagi, ternyata katanya proses penutupan kartu memakan waktu 1 bulan setelah itu baru dikirimkan surat penutupan dimana waktu pengiriman tergantung domisili yang bisa bisa memakan waktu 1 bulan. Padahal mengirimkan kartu kredit dalam 2 hari saja sudah bisa sampe.

    • Saya agak-agak lupa Mba…

      Seingat saya Surat Penutupan yg kartu pertama nyampe kantor sekitar seminggu kemudian, kartu ke-2 saya lupa nerima Surat penutupan atau enggak…

      ….

      Tapi pas saya mengajukan KPR, kartu-kartu tersebut sudah tidak-aktif, jadi gak mengganggu proses pengajuan KPR saya.

  2. Biasanya jangka waktu brp lama sih mas kena iuran tahunannya? Saya terima kartunya udah sktr 2bln yg lalu, sampe saat ini blm sy aktifkan, itu udh kena annual fee blm yah?

    • Normalnya 1 tahun setelah kartu dikirim dari Bank.

      Tiap kartu kredit beda-beda, ada yg tahun pertama dibebaskan iuran tahunan, ada yg biaya administrasinya bulanan bukan tahunan, ada juga yg bebas iuran tahunan selama 5 tahun.

      Yg bisa melihat data itu cuma Call Center Bank yg bersangkutan, jadi kalau mau dapet info yg lebih spesifik mengenai kartu Mba Lulu ….mba Lulu harus nanya ke Call Center Bank bagian kartu kredit.

  3. Iya mas. Akhirnya tadi sore saya menelepon call center bank penerbit kartu yg mau saya kembalikan. Call center bilang tinggal digunting aja kartunya, dan katanya saya memang tidak ada tagihan (karena memang belum 1th dan belum pernah saya pakai sama sekali). Tapi saya kok parno ya mas, jangan2 yg dibilang call center itu nanti tidak sesuai kenyataan.
    Saya khawatir di bi checking saya ada masalah karena ada tagihan iuran tahunan yg tidak diberitahukan ke saya.
    Jadi sebaiknya bagaimana ya mas untuk memastikan bahwa memang saya tidak ada tagihan dan kartu kredit saya benar2 sudah ditutup?

Tinggalkan Balasan