Kretap (Kredit Pegawai Tetap) BRI

Tahun 2011, ketika saya dimutasi ke Kantor Baru….saya harus membuka Rekening BRI karena Kantor yang baru penggajiannya menggunakan BRI *Kantor lama menggunakan Bank Mandiri

Di BRI ada 1 Istilah yang dinamakan Kretap, dulu yang saya tangkap Kretap adalah Semacam Kredit Tanpa Agunan (KTA) nya Bank BRI….meski ternyata tidak terlalu tepat juga , karena yg namanya KTA harusnya Tanpa Agunan, sedangkan Kretap ini mewajibkan nasabahnya untuk menyerahkan :

  • Asli SK CPNS, SK PNS & SK Kenaikan Pangkat Terbaru
  • Asli TASPEN

Sama seperti ketika meminjam ke Bank Jabar, SK PNS nya ditahan…jadi definisi KTA untuk Kretap sebenarnya kurang tepat.

Terus karena mau nge-blog masalah Kretap ๐Ÿ˜€ ย akhirnya googling tentang Apa kepanjangan dari Kretap, dan akhirnya dapet…Kretap adalah Kredit Pegawai Tetap.

Kalau di website BRI Istilah resmi Kretap adalah Kredit BRIGuna

Kredit BRIGuna

Kredit yang diberikan kepada ‘calon debitur’/’debitur’ dengan sumber pembayaran yang berasal dari sumber penghasilan tetap

Terus apakah saya sudah menggunakan Fasilitas Kretap ini ???

Sudah … *dengan lama masa cicilan 8 tahun

Pengalaman saya ketika mengajukan Kretap pada Bulan April 2013 ย :

  • Pertama saya mau nanya-nanya dulu, jadi datanglah saya ke BRI Cabang Tangerang (Jl. Ahmad Yani) waktu itu saya sudah mengisi Absen (nulis nama, instansi & tanda tangan,* nantinya pegawai BRI memanggil berdasarkan urutan di daftar absen tersebut), namun waktu itu antrian sudah banyak & sudah dekat Jam Istirahat…jadi saya CANCEL
  • Beberapa hari kemudian sengaja dateng Pagi (Jam 8-an)….sudah ada 1 orang yang mengantri….singkat cerita saya di Panggil, saya nanya-nanya…lalu minta formulir permohonan (lumayan banyak yang harus diisi : Form Permohonan, Surat Kuasa Potong Gaji, Surat Pernyataan yg berhutang, Surat Pernyataan Kesanggupan Pemotong Gaji, Surat Rekomendasi Atasan dsb)
  • Saya kembali ke kantor & secepatnya mengisi formulir-formulir tersebut…..meminta Surat Rekomendasi Atasan dsb, namun saya tidak segera mengirimkan kembali permohonan Kretap tersebut karena masih menunggu urusan saya yg lain (8 Catatan Mengurus KPR), intinya saya belum tau berapa tepatnya Nilai Pinjaman yg saya perlukan
  • Setelah saya tau berapa nilai pinjaman yg saya perlukan…saya langsung mengisi Isian Jumlah Rupiah yg dimohonkan & menyerahkan permohonan kretap tersebut ke BRI Cabang Tangerang
  • Berkas masuk, dapet tanda terima, nunggu 7 hari kerja
  • Sekitar Jam 19:00 malam (setelah 7 hari kerja) saya mendapatkan telpon dari petugas BRI bahwa besok sudah bisa melakukan pencairan, saya harus membawa meterai, harus dateng sama istri
  • Besok Paginya (sekitar jam 8 ) saya datang ke BRI bersama istri………klo gak salah waktu itu saya menandatangani beberapa hal, menyerahkan KTP Asli untuk keperluan pencairan di Teller…Proses di bagian Kretap Selesai, lalu karena sepertinya pencairan tidak bisa ditunggu… saya & istri kembali ke kantor masing-masing untuk bekerja
  • Lalu sekitar jam 2 sore…ada uang masuk ke rekening BRI
  • Setelah Uang masuk saya kembali ke BRI untuk mengambil KTP Asli…..& klo menurut cerita teman saya yg sebelumnya mengambil Kretap…dia meninggalkan KTP nya ampe seminggu di BRI karena lupa..hahaha….ampe petugas BRInya nelpon ngasih tau bahwa KTP nya belum diambil….

kira-kira seperti itu prosesnya

selanjutnya setiap bulan Gaji/Tunjangan kita dipotong oleh Bendahara Kantor…..atau bisa juga auto-debet, tapi sepertinya BRI lebih senang Angsurannya dipotong oleh Bendahara kantor masing-masing.

Katanya sie setelah 6 bulan masa Angsuran, saya bisa Top Up…..


Update, 7 September 2013

Bagi yang perlu Formulir / Aplikasi… Bisa Download pada link Google Drive : Disini , nanti formulirnya di Print & diisi dengan tulisan tangan, saya juga tulis tangan…soalnya MS Wordnya susah diedit ๐Ÿ™‚


Update, 06 November 2013

Saya sudah 6x mengangsur Kretap BRI jadi sudah bisa Top Up & saya langsung mengajukan Top Up…..

Namun sayangnya ternyata permohonan Top Up saya ditolak!ย  jadi saya tidak bisa menuliskan disini secara detail tentang bagaimana proses Top Up di BRI

Yang saya bisa tuliskan disini adalah mengenai berapa jumlah yang harus saya lunasi jika seandainya permohonan Top Up saya dikabulkan (keterangan dari petugas BRI)

Contoh Realnya :

Dulu saya meminjam 150jt (tanggal realisasi 11 April 2013), Angsuran per Bulan 2.987.500 selama 8 Tahun,ย  setelah 6 kali mengangsur Sisa Pokok Pinjaman saya Rp. 140.625.000.

Jika saya Top Up (Mengajukan Pinjaman Baru senilai Rp. 200jt) , maka yang harus dibayarkan adalah Rp. 151.478.101.

Saya dijelaskan lumayan panjang lebar tentang darimana didapatkan Angka 151.478.101,- dan saya juga tidak bisa menangkap semua yg dijelaskan Pegawai BRI. Yang saya tangkap adalah :

Bunga masa pinjaman saya selama 8 tahun itu diperhitungkan semua, tapi tentunya bukan Jumlah Bunga utuh yang saya setorkan tiap bulan, tapi yang diperhitungkan adalah selisih antara Bunga Anuitas & Flat

Jadi didapatlah angka Rp. 151.478.101,-

Kantor saya juga sudah mendapatkan Surat Pemberitahuan Resmi dari BRI mengenai ‘Ketentuan Pelunasan Maju Untuk Kredit dengan Perhitungan dengan Perhitungan Bunga Flat’

isinya :

1. Pelunasan maju (tidak mengajukan pinjaman lagi) maka perhitungan yang berlaku sekarang adalah

Total Kewajiban = Total Amount (pay off report) + Penallty (1 x bunga kredit perbulan)

2. Pelunasan Maju (Mengajukan Pinjaman lagi) maka perhitungan yang baru adalah

Total Kewajiban = Total Amount (Pay Off Report)

Dengan berlakunya ketentuan diatas maka ketentuan Pelunasan Maju yang lama sudah tidak berlaku lagi.

mmmmmmmmm, setelah di tolak BRI (Top Up) saya googling mengenai KTA dari Bank- Bank lain….. Mandiri, Standard Chartered, BNI dsb…..yang membuat saya tertarik adalah Penawaran dari Bank Jabar Syariah (*koq bisa??!!!)

*Saya belum nanya langsung ke BJB Syariahnya..tapi nemu info menarik di Websitenya

http://bjbsyariah.co.id/produk-dan-jasa/produk-pembiayaan/pembiayaan-konsumtif/pembiayaan-serbaguna/ย (Update, Jumat 8 November 2013, Saya ke Bank Jabar Syariah Tangerang City…katanya tahun 2013 ini sudah tidak menerima permohonan pembiayaan, baru bisa menerima permohonan pembiayaan lagi pada awal tahun 2014)


Update 18 Agustus 2015

Bulan kemarin pengajuan Top Up saya sudah diterima (Hutang Lama Rp. 150.000.000,- kalau mau Top Up yg harus dilunasiย Rp. 126.757.336,-…selengkapnya saya tulis disini :ย http://blog.rivaekaputra.com/2015/08/18/top-up-kretap-bri/

110 thoughts on “Kretap (Kredit Pegawai Tetap) BRI

  1. Malem Mas Maaf mo nanya Kale smpean ngerti ?? Pa setiap kretap tersebut sudah ada asuransinya ??? trus apakah Asuransinya bisa di klaimkan kalo udah selesai ato kita kompen ( nambah Utang lagi) ??? kalo bisa di klaimkan kan bisa nambah buat lebaran he he he he peng sewu …. oh ya pa smpean ada skema penghitungan klaim asuransinya ???

    • Waktu Pencairan memang ada Potongan Asuransi…..klo detail Klaim, skema dsb saya kurang tau ๐Ÿ™‚

  2. infonya bermanfaat sekali mas,, kalo boleh saia mau numpang tanya, potongan-potongan awal (biaya administrasi, asuransi dll) ketika mengurus kredit besarannya kira2 berapa ya? Atau simpelnya misalnya kita mengajukan kredit 150 juta… Jumlah bersih yg kita terima berapa ya? Saya denger langsung ada potongan cicilan pertama ya ?
    Kemudian apakah ada opsi pelunasan sebagian sebelum akhir masa kredit ? Kalo ada, syarat dan ketentuannya gimana ya ?

    Makasih banyak infonya mas

    NB. Kalo ada email/nomor kontak pegawai kredit BRI bisa tolong kasih tau? Via email juga boleh, di kyoppon@gmail.com

    • Jika Permohonan Pinjaman Rp. 150.000.000 dikabulkan,
      Potongan-potongan :
      – Provisi Pinjaman 1,5% : Rp. 2.250.000,-
      – Administrasi Pinjaman : Rp. 100.000,-
      – Premi Asuransi Jiwa Kredit BRIGuna : Rp. 1.500.000,-
      – Biaya Pencairan Kredit di Notaris : Rp. 50.000,-

      Rp. 150jt dikurangi Potongan-potongan, Yang masuk Rekening Tabungan kita = Rp. 146.100.000,-

      —————-
      Kalau yang langsung ada potongan cicilan pertama itu setau saya yang melakukan pencairan dibulan berikutnya, misal dia ditelpon petugas BRI bulan Agustus, tapi baru melakukan pencairan bulan September.

      —————-
      Untuk Pelunasan full sebelum akhir masa kredit, info yg saya dapat = Sisa pokok + 2 Bulan Angsuran Normal (Info dari Temen, bukan dari pegawai BRI langsung)…..
      Untuk pelunasan sebagian sebelum akhir masa kredit saya belum tau.
      ————
      email/nomor kontak pegawai kredit BRI, nanti saya kirim lewat e-mail. Kartu Nama Pegawai BRInya ada dikantor (sekarang saya sedang cuti) ๐Ÿ™‚

    • Promonya = Bunga yang lebih Kecil Untuk Nasabah Baru & Untuk Nasabah Kretap yang sudah 1 tahun (Top Up)

      Seingat saya di BRI Cabang Tangerang (Jl Ahmad Yani) promonya berlaku Juli s.d. September 2013

  3. Setau saya kalau udah 6x cicilan bisa Top Up

    Misalkan nanti ngajuin lagi permohonan 200jt, hasil pinjaman barunya nanti dikurangi biaya pelunasan utang yang 120jt (setau saya yg harus dilunasi itu = Sisa Pokok Pinjaman + 2x angsuran)

    • wah.. peraturan baru BRI berbahaya mengambil kredit di BRI.. pelunasan atau topup hitung seluruh sisa angsuran, bukan hanya sisa hutang tapi juga hitung sisa bunga..
      Berlaku mulai 1 Oktober 2013.. Tanpa sosialisasi atau pemberitahuan ke nasabah..

      • kejadian ini baru aja menimpa saya hari ini, 2 tahun lalu saya pinjam 45jt ke BRI, dengan perjanjian bahwa jika ingin di lunasi kena biaya denda 3x angsuran, saya sudah bayar 30 bulan, cicilan 918.000 (termasuk bunga 450rb) setelah saya hitung2, seharusnya saya hanya tinggal bayar sekitar 33jt an lagi (termasuk bunga 3x) tp pas saya tanya ke bank, ternyata saya harus membayar denda 6jt dengan alasan bahwa peraturan baru kena biaya pay off, saya nggak ngerti istilah itu, saya minta ke dia peraturan dan rinciannya kenapa saya harus bayar 6jt tersebut, pihak mereka hanya menjawab bahwa itu sudah sistemnya seperti itu dari pusat. saya juga komplain kenapa tidak ada pemberitahuan dahulu. mereka sih bilangnya sudah memberitahukan melalui pegawai keuangan yang ada di kantor saya, tp yang saya sayangkan pemberitahuan itu hanya lisan bahwa “peraturan pinjaman di BRI sekarang pay off” tanpa ada keterangan lain2, tanpa ada surat juga. jadi mohon informasinya kalau ada yang tahu berita detilnya.. terima kasih

    • Berlaku mulai 1 Oktober 2013.. Tanpa sosialisasi atau pemberitahuan ke nasabah..
      Penutupan atau Top Up menghitung seluruh sisa bunga..
      ex. angsuran 3jt/bln, sisa 20bulan..
      ingin top up 200jt.. Dana yang diterima 200.000.000 – (3.000.000×20)= 140.000.00
      Pelunasan 60.000.000+1bulan bunga
      Yang aneh adalah top up menghitung bunga.. padahal ketika top up maka untuk bulan berikutnya akan terkena 2 bunga bank.. 1 yg dilunasi karena untuk topup 1 lagi karena hutang baru hasil top up..
      kecuali memang sangat membutuhkan sebaiknya cek dulu bank2 lain yg memberikan kredit pegawai tetap.

  4. Mas.. kalo saya mau pinjam 7jt pake jaminan BPKB motor bisa ga ya? jd ga ribet persyaratannya..

  5. salah satu dokumen yang dipersyaratkan kan Surat Rekomendasi Atasan. Surat ini wajib atau bisa ga dilakukan Pak? Pengennya atasan ga usah sampai tau.. hehe

  6. info sangat menarik gan…tlg kirim tabel angsuran+persyaratan detailnya…ane cuma pengin minjem 10jt’an..terima bersihnya brp ya,setelah dipotong biaya administrasi &biaya2 lainnya..??maturnuwun..

    • Tabel udah dikirim, klo persyaratan paling
      1. Asli SK CPNS
      2. Asli SK PNS
      3. Asli SK Pangkat terakhir
      4. Ket. Penghasilan
      5. Copy Daftar Gaji
      6. Keterangan tidak punya hutang di koperasi
      7. Isi Formulir

      Meskipun minjem 10jt sepertinya tetep ada potongan, untuk detail potongan yg 10jt saya kurang tau, lebih baik konsultasi ke Staff BRI langsung ๐Ÿ˜€

  7. Minta tolong agan untuk konfirmasi kebijakan baru ini… apakah pernah disosialisasikan..? trus apa yg bisa dilakukan konsumen untuk menghadapi perubahan kebijakan sepihak ini..

  8. Mohon info ttg aturan baru pelunasan n top up,,, ad kabar yg simpang siur,,, ada bbrpa rekan kerja yg gak jd top up n pelunasan krna kabar pelunasan = sisa hutang pokok + jumlah bunga sisa,,,yg hasil akhir malah qta nombok / tekor,,, bukan kna penalti +/- 18bln,,, mohon pencerahan’y,,, makasih

  9. saya kemarin baru saja minta penjelasan mengenai nilai rekalkulasi bunga yang muncul saat pelunasan. Kata manajer operasional kc veteran adalah hutang bunga yang harus dibayar karena jika melunasi dipercepat hitungan bunga tidak lagi flat, tapi efektif. Sayangnya tak ada rincian perhitungan angka rekalkulasi bunga, semua sudah sistem. saya coba hitung dg excel, angkanya beda dengan rekalkulasi bunga, rekalkulasi bunga nilainya 2x dari hitungan saya. Saya dah menghubungi MO yang menjelaskan, tp dia tidak bersedia menanggapi, dia hanya bilang itu semua sudah sistem. Itu aja sharing saya gan…

    • Makasih Share-nya mba Ai Yunengsih,

      Saya juga bulan ini atau Bulan depan ada rencana mo Top Up

  10. Kira-kira aturan baru u/t pelunasan & top up kembali seperti smula ga’ ya????????????
    ditunggu kabar terbaru ya mas…….

  11. Salam,
    Terima kasih atas infonya ya.. Kebetulan sy lg nyari info bgt nih, newbie di dunia prerkreditan pegawai ๐Ÿ˜€

    Oiya, sy ingin nanya mas.. Apakah ini jg berlaku utk Pegawai lembaga negara (non PNS). Sy bekerja di instansi negara (Lembaga Negara Non Kementerian), domisili Makassar.. Sy bingung kl mau ngajuin kredit di Bank itu jenis kredit nya apa.. Sy pikir Multi guna, tapi setelah nanya dgn bbrp marketing Bank BUMN spt *NI, M*nd*ri, kredit multi guna itu ttp pake jaminan, sedangkan maksud sy fasilitas kredit yg pake jaminan SK Pegawai Tetap..
    Nah, kira2 kl di BRI ini, kebijakannya gmn ya mas? Trus, boleh minta no yg bs dihubungi ga, utk org BRI terkaitnya.. Sama tabel simulasi kredit nya ya…

    Terima kasih byk, maaf too many questions ๐Ÿ™‚

    • Menurut Pengalaman saya, Bank yang memberikan kemudahan Pinjaman itu biasanya Bank yang ada kerjasama dengan kantor tempat kita bekerja. Kantornya kerjasama dengan Bank Apa (Penggajian dsb)?

      Pertanyaan lainnya mudah-mudahan bisa saya jawab lain kali ๐Ÿ˜€ *Nanti klo ktemu Pegawai Bank BRI saya tanyakan

  12. Jangan berhutang di BRI sebelum di rubah system pelunasannya, sangat mencekik jadinya,,,,,

  13. mas, kalau pegawai swasta tetap bisa nggak ya?
    untuk BANK BRI fi kota lain bisa nggak?
    mohon kirimkan tabel simulasinya ke email saya,
    terima kasih…

    • Kemarin saya tanya ke petugas BRI, untuk Swasta katanya belum bisa.
      Kretap BRI untuk PNS & BUMN yang sudah ada kerjasama Penggajian dengan BRI

  14. saya jg begitu kasusnya mas, tnyta berlaku nasional utk plunasan ataupun top up, kcewa bgt… btw slain bank bjb, dr hasil gugling, ad lg gk bank nasional yg kira2 bs jd referensi buat pinjaman baru?

  15. Untuk Pengunjung Blog yg memerlukan Formulir & Tabel bisa didownload sendiri di 2 Link Google Docs pada tulisan diatas.

  16. Saya bisa Top-Up di BRI, pinjaman lama jangan dilunasi, buka lagi aja pinjaman baru sesuai nominal yang kita butuhkan. Jadi, nanti muncul 2 fasilitas pinjaman ๐Ÿ™‚

    • Iya Ga Bisa, Waktu saya nanya ke petugas BRI sekitar bulan Nov 2013 katanya hanya menerima PNS & BUMN saja.

  17. mas saya kan pinjem uang di bri sebesar 40 juta jangka waktu 3 tahun pencairan tgl 9 oktober 2013
    dengan rincian
    angsuran pokok: 1.111.200
    bunga. : 640.000
    total. : 1.751.200
    total angsuran selama 3 tahun: 1.751.200 x 36= 63.043.200

    saya sudah ngangsur 3x.
    1.751.200 x 3 = 5.253.600
    sisa : 63.043.200 – 5.253.600 = 57.789.600

    setelah jalan 3 bulan saya ingin melunasi sekaligus, apakah saya harus bayar 57.789.600. tolong mas di bntu berpa saya hrus melunasinya

    • Hitungannya tidak seperti itu Mas,

      Ada semacam hitungan Bunga yg berubah-ubah setiap hari, yg hanya bisa dijawab oleh Petugas Kretap BRI.

      Kalau untuk nilai Rupiah seharusnya lebih kecil dari 57.789.600

  18. Salam,,, saya pernah meminjam kretap sebesar 45 juta, dengan angsuran pokok 750000 dan angsuran bunga 405000 cdengan total cicilan 1155000 / bln dan sudah mengangsur 32x,, saya bernia topup kira” bagaimana cara perhitungan pelunasannya,,, apakah saya harus membayar sisa angsuran pokok + angsuran bunga secara keseluruhan,,,, mohon bantuannya,,,,

    • Lebih baik ditanyakan langsung ke Bagian Kretap BRI Pak, Setau saya Hitungan Sistem BRI pun setiap hari ada kemungkinan berubah.

  19. Bos boleh minta syarat dan cara proses Top Up di BRI. Soalnya saya ada rencana utk Top Up. Terima kasih

    • Prosesnya hampir sama seperti permohonan baru (ngisi formulir, diajukan ke Bank, Nunggu info dari BRI dst)…..Saya tidak punya Syarat resminya

  20. Sebaiknya berhati-hati dalam mengajukan pinjaman kepada semua bank untuk saat ini karena sebagai peminjam kita harus tunduk pada ketentuan bank yang seringkali tanpa informasi terlebih dulu dan bisa-bisa ketentuan tersebut sangat merugikan. Contoh realnya yang saat sekarang terjadi pada sistim Top Up ataupun pelunasan. Saya bulan kemarin sangat terkejut ketika akan topup yang perkiraan saya kurang lebih kena Rp.20jt-an, ternyata malah kena Rp.27,8Jt. Saya ambil pinjaman dulu 64,5Jt dengan angsuran perbulan 1.304.000 ( pokok 671.875+bunga 632.125) selama 8 tahun. Bulan kemarin sudah angsuran ke 69 dan tinggal 27 angsuran lagi. Menurut pemberitahuan lisan saat ambil kredit dulu, untuk Top Up hanya akan diperhitungkan sisa pokok+ 3 bulan bunga. Tapi ternyata bulan kemarin kalau mau Top Up harus mau membayar sisa pinjaman sebesar 27,8Jt. Saat saya tanya kenapa aturan berubah, kata petugas itu aturan dari bank indonesia dan berlaku untuk semua bank. Menurut saya aturan ini sangat memberatkan dan mencekik peminjam. Seperti halnya yang diceritakan di atas bahwa pinjam 150jt setelah bayar 6x angsuran, mau melunasi malah kena diatas pinjaman ( 151 jt). Artinya pinjam 150jt dalam waktu 6 bulan sudah kena bunga (2.987.500 x 6) + (151.478.101-150.000.000)=17.925.000+1.478.101=19.403.101. Sehingga bisa dikatakan bunga yang dibayar tiap bulan adalah 3.233.850 atau 2% lebih. Itu belum biaya saat pencairan yang basarnya 3,9jt. Teman sekantor saya pun mengalami, dia pinjam 25jt dengan jangka angsuran 5 tahun, dan saat angsurannya sudah 30 x, saat melunasi dia harus bayar sekitar 20 jt. Jadi, sebelum melangkah ke bank, pikirkan baik-baik. Lebih baik kalau dikantor kita buat koperasi saja, walaupun ada bunga 2%/bulan misalnya, tapi kan bunga nanti balik lagi ke kita sebagai SHU.

  21. MOHON TANGGAPANNYA TENTANG HAL INI

    Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia dulunya merupakan bank โ€œsahabatโ€ akrab bagi PNS/TNI/POLRI. Pelayanan yang cepat, ramah, dan kantor unit yang tersebar di tiap kecamatan sangat memudahkan nasabah untuk berhubungan dengan BRI.

    Produk andalan BRI yang disukai oleh PNS/TNI/Polri adalah kredit multiguna dengan bunga Flat, syaratnya hanya menyertakan SK PNS/TNI/POLRI sebagai jaminan maka proses pinjaman kredit tersebut akan cair maksimal 3 hari kerja dengan nilai cicilan maksimal 60% gaji.

    Saya termasuk pelanggan setia kredit ini, karena pengurusannya sangat mudah, waktunya cepat, bunga ringan. Sehingga cocok digunakan untuk berinvestasi bagi PNS/TNI/POLRI dengan gaji rendah. Pelunasan Awalnya (Top Up) hanya dikenai penalti 3x bunga, bahkan jika ingin memperpanjang kita tidak perlu membayar biaya penalti.

    Namun cerita diatas adalah masa lalu. Ternyata diam-diam BRI mengubah kebijakan top up atau pelunasan awal kreditnya. Kebijakan tersebut berlaku surut sehingga jika nasabah ingin melunasi kredit lebih awal maka nasabah harus membayar pokok hutang plus seluruh bunga.

    Sebagai contoh jika anda ambil kredit 100 Juta selama 10 Tahun. Maka cicilan yang harus dibayar perbulan adalah pokok (100 Juta /120bulan) + bunga (0.95%x100 Juta) = 1.783.333,-. Berarti tiap tahun kita bayar pokok hutang Rp. 10.000.000,- ditambah bunga 11.400.000,-. Namun BRI yang dulu bukanlah BRI yang sekarang. Di โ€œmasa lampauโ€ Jika kredit telah jalan 3 Tahun dan anda akan top up anda cuma bayar 70 Juta plus penalty 3 bulan bunga. Saat ini jika anda ingin top up untuk kredit yang telah jalan 3 Tahun anda harus bayar 70 Juta plus penalty bunga 84 bulan alias pelunasan kredit harus bayar pokok hutang plus seluruh bunga. Lebih parah dari rentenir. He he he.

    Tulisan ini bukan bermaksud menjelekkan bank BRI tetapi merupakan penjelasan kepada teman-teman PNS/TNI/POLRI agar hati-hati (jangan) ambil kredit di BRI, carilah bank lain yang bisa top up. Semoga direktur BRI sadar bahwa kebijakan ini akan mengurangi jumlah PNS/TNI/POLRI yang ambil kredit di BRI. Saya juga mengharapkan agar BRI menjelaskan hal ini kepada nasabah yang mengajukan kredit. Semoga Direktur BRI bisa mengembalikan kebijakan kredit BRI seperti dulu lagi.

    • Ini maksudnya Mohon Tanggapan dari Pihak BRI kan pak? ๐Ÿ™‚

      karena saya juga sama seperti Pak Yahya (*Nasabah juga) ๐Ÿ˜€

    • mengenai Surat Edaran saya tidak punya Pak,

      mungkin yg lain (yang punya) & kebetulan baca artikel ini bisa share link nya disini…….

  22. Hallo mas saya udah baca Artikel mas di Atas, mas saya mau nanya atau mungkin kalau ada teman lain yang bisa bantu jawab, Begini saya dan suami saya ingin mengajukan pinjaman di bank BRI, tapi kantor suami saya belum ada kerja sama dengan bank BRI hanya saja gaji kami masuk melalui Bank BRI, apa kah bisa seandainya kami mengajukan pinjaman???? Trims. Mohon Infonya.

    • Terakhir saya tanya BRI (akhir 2013) , Kretap BRI ini hanya untuk PNS & Karyawan BUMN….meskipun tidak kerjasama dengan BRI Para PNS/Karyawan BUMN bisa mengajukan Pinjaman ke BRI.

    • kantornya di daerah mana mbak natalia? kalau gajinya sudah di BRI berarti tinggal membuat MOU dgn BRI supaya karyawan nya bisa mengajukan pinjaman. kalau masih berminat bisa hubungi nomor ini 081380704080

  23. Benar sekali apa yg dijabarkan pak yahya,sy juga sama punya kretap 80jt dr awal des 2011,sy ambil 8thn dgn cicilan 1,593/bln,kemaren baru sy mau top up pinjaman sy,dan setelah dihutung petugas bri sisa hutang sy 61jt,bisa dibayangkan selama 3thn cicilan htng pkok sy cm 11jt,lebih lebih drrentenir nih bri,sy kecewa dgn kebijakan bri skrng.

  24. Sy dulu ngajukan Kretap BRI sebesar Rp.80.000.000 selama 84x, sekarang sdh berjalan 38x, rencana sy mau kompensasi dgn mengajukan pinjaman sebesar Rp. 150.000.000, kira2 bisa gak dan bila bisa brp sisa nanti yg didpt, mksh
    Dan tolong dikirimkan blangko Kretap BRI ke email sy, terima kasih

  25. Boleh Minta no tlp salesnya wilayah bandung timur ada ngk, saya mau konsultasi mengenai pengajuan Kretap Bri Guna,Tks

        • Waktu saya pencairan tahun 2013 diminta dateng sama Istri, soalnya ada dokumen yang harus di ttd Istri.

          Klo istri pak Edy sedang di luar daerah coba di Konsultasikan ke petugas BRI-nya aja pak.

  26. Klo kita blm punya rekening bri ….bisa ga kita ngajuin kretap/briguna??…
    Tks sebelumnya

    • Sepengetahuan saya nanti ujung-ujungnya diwajibkan buka rekening BRI pas pencairan…

      Klo saat pengajuan awal kretap saya kurang tau apakah wajib sudah ada rekening atau belum wajib…

    • Teman Kerja saya juga pernah menanyakan tentang Perjanjian Kredit…katanya sih bisa diambil di BRI-nya …saya sendiri kurang tau bentuknya seperti apa…belum sempat ke BRI lagi…

      Waktu Pencairan seingat saya cuma dapet :
      1. Tanda terima SK CPNS,SK PNS, SK KENAIKAN PANGKAT & TASPEN ASLI;
      2. Kyaknya ada 2 lembar kertas yg berisi rincian jumlah pinjaman, biaya asuransi dsb.

  27. Mas saya PNS, apakah yang dilihat oleh bank hanya Gapok?
    Tunjangan lainnya tidak dihitung kah? seperti Remunerasi gtu..
    kebetulan yang masuk ke rekening BRI hanya gapok saja, sedangkan tunjangan diterima Cash..

    • Tergantung Kebijakan BRI di tempat Mas Robi…

      Dulu ditempat saya memperhitungkan Gaji & Remunerasi (sebelum tahun 2013), tapi setelah ada 2 pegawai dikantor saya yang gak masuk kerja terus (otomatis gak dapet Remunerasi & jadinya kredit macet)…akhirnya BRI mensyaratkan kalau Angsuran perbulan tidak boleh melebihi Gaji PNS yg masuk rekening tiap bulan.

  28. Mas,saya mau tanya,kalau karyawan perusahaan berapa sih plafon pinjamannya?
    Kemarin saya pergi ke kantor BRI pegawainya bilang maksimalnya cuma 30jta.
    Jadi batal saya minjam.
    Tq infonya mas

    • Mungkin tiap cabang kebijakannya beda-beda Mas.
      Contoh : dikantor saya sekarang Angsuran per Bulan tidak boleh lebih dari Gaji PNS….misal Gaji PNS per bulan 3jt,
      – Klo Jangka Waktu Minjemnya cuma 1 tahun maksimal plafonnya 30jt-an
      – Klo Jangka Waktu Minjemnya 3 tahun maksimal plafonnya 85jt-an
      – Klo Jangka Waktu minjemnya 5 tahun, maksimal plafonnya 125jt-an
      – dst

      Mungkin di BRI dikota Mas Akbar memang kebijakannya seperti itu …

    • batas maksimal pinjaman untuk karyawan perusahaan tergantung kebijakan masing2 cabang BRI, dan juga ada faktor lain yg jadi pertimbangan seperti, pinjaman awal hanya 30 juta dalam jangka waktu 2-3 tahun, setelah 1 tahun berjalan tanpa ada kendala mungkin pihak Bank BrRI akan mempertimbangkan untuk memberikan pinjaman yang lebih besar lagi.

  29. Wah makasih banyak pak riva udah promosiin produk briguna BRI, saya rinjani AO Briguna BRI cab Tangerang, bagi teman2 yang mau ngajuin briguna atau kalau ada pertanyaan silahkan hubungi telp kita di 0215530705.. trima kasih..

        • Kalau untuk se-Indonesia saya kurang tau, lebih baik ditanyakan ke Call Center BRI (14017) aja Mba…

          Kalau di Tangerang, sepengetahuan saya tidak semua BRI melayani Briguna, contoh di BRI Cabang Ahmad Yani menerima permohonan Briguna tapi tidak menerima permohonan KPR, sebaliknya di BRI Cabang Tangerang City menerima permohonan KPR tapi tidak menerima permohonan Briguna.

    • Kalau saya liat di daftar Angsuran, pinjaman 500jt itu angsuran paling kecilnya Rp. 7.695.021 (jangka waktu 15 tahun)…kemungkinan besar sepertinya ditolak…

      • benar sekali mas rivai, karna dengan gaji 8 jutaan, besaran maksimal briguna yg bisa diajukan ada diangka 389,862,461 selama 15 tahun dengan angsuran 6 jutaan. dan rumus untuk perhitungan batas maksimal angsuran briguna adalah sebesar 75% dari gaji. artinya dengan gaji 1 juta rupiah, batas maksimal untuk angsuran briguna hanya 750ribu. pihak bank tidak akan menghabiskan gaji debitur tanpa sisa.
        demikian mas yuki.

  30. Sebelumnya ada pinjaman di mandiri krna kmren slip gaji di mandiri di kantor skrg slip gaji BRi rncana mau pindahin ke BrI pinjamannya gmn y mas bisa tdak mohon di bls y

    • Bulan kemaren temen saya (PNS) ada yang Take Over dari Mandiri ke BRI…jadi hal tersebut masih dimungkinkan. Lebih baik dikonsultasikan ke BRI-nya langsung mengenai berapa limit maksimal yg dapat dikabulkan BRI.

    • Batas maksimal yang bisa di take over oleh BRI dari bank lain adalah sebesar plafond kredit debitur ybs di bank lain. untuk lebih jelasnya silahkan mas yuki hubungi kantor cabang BRI terdekat.
      terima kasih

    • Klo saya liat di tabelnya 390jt selama 15 tahun itu angsuran per bulannya 6.002.117

      Selain Gaji ada Tunjangan lain? …
      *Untuk jawaban yg lebih akurat lebih baik ditanyakan ke pegawai BRInya langsung….

    • dengan gaji 4 juta batas maksimal plafond pinjaman yang bisa diajukan sebesar Rp.194 juta dengan besaran angsuran Rp. 2,985,668,- selama 180 bulan atau 15 tahun.

  31. Udah saya upload di dalam artikel diatas : blog.rivaekaputra.com/wp-content/uploads/2013/06/Brosur-KRETAP-BRI-Kredit-Briguna-Juni-2015-daftar-angsuran-15-tahun.jpg (Update, Daftar Angsuran sudah tidak berlaku, sudah dihapus)

  32. SAYA PNS GOL IVa, BILA PINJAM 400 JUTA SELAMA 10 TAHUN DI BRI, BERAPA ANGSURAN PERBULANNYA?

  33. Pa apakah pinjaman BRIGUNA dikhususkan hanya untuk karyawan yang menerima payroll dari BRI atau perusahaan bekerja sama dengan BRI ?
    Saya ingin mengajukan akan tetapi payroll dan perusahaan tempat saya bekerja tidak bekerja sama dengan BRI. Apakah bisa disiasati ?

    • Sepengetahuan saya iya…hanya yg payroll di BRI & yg ada kerjasama / MOU dengan BRI.

      Untuk menyiasati saya kurang tau..

      Mungkin bisa ditanyakan ke Call Center BRI 14017…siapa tau BRI memiliki Produk Pinjaman lain selain BRIGUNA

  34. pak, saya mau tanya. jadi kita bisa mengurus sendiri pinjaman kretap langsung ke bri tanpa lewat kantor yg sudah bekerja sama ya? selama ini, karyawan kantor saya mengurus lewat kantor

    • Sepengetahuan saya dari kantor minimal perlu 2 dokumen :
      1. Surat Rekomendasi dari Kepala Kantor
      2. Surat Pernyataan Bersedia memotong penghasilan dari Bendahara Kantor…

      Coba ditanyakan ke Pihak BRI aja Pak, apakah di cabang terkait bisa meminjam tanpa 2 dokumen diatas.

  35. Pak mau bertanya kalau mau menutup pinjaman BRi sebelum jatuh tempo untuk bunga apakah di hitung semua .Terimakasih

  36. mas saya mau tanya untuk bukti tanda terima angsuran pinjaman kretap di bri hilang, apakah bisa mas saya minta lagi bukti angsuran tersebut ke bank bri?

    • Setor secara Kolektif atau pribadi masing-masing?

      Saya belum pernah coba sih, tapi mungkin tinggal diminta data history pembayaran aja ke Bagian Kretap BRI, klo statusnya lancar sepengetahuan saya Slip Angsurannya hilang pun gak masalah.

      Untuk lebih pastinya harus tanya ke BRI langsung Mas ๐Ÿ™‚ karena saya juga sama sama Nasabah.

  37. Mas,saya mau top up dari 70 jt ke 200jt..kira2 brp ya yg sy terima..angsuran sy 1.796.667 (1.166.667 pokok + 630.000 bunga)selama 60 bulan sy sudah 45kali byar..sekarang sy mw ngmbil 200jt dg masa angsuran 12tahun

    • Itu melibatkan hitungan sistem BRI mas….saya belum nemu cara ngitung manualnya.

      *Dulu pas saya mau Top up Saya juga daripada pusing-pusing nyari itungannya gimana….saya akhirnya langsung nanya ke Bagian Kretap BRI… ๐Ÿ™‚

  38. buat mbak rinjani , misalnya saya ambil kretap Bri buat Dp property saya, kemudian saya ambil Kpa yg di bantu developer ngurusnya. cuma saya belum tahu kerjasama dengan bank apa. misalnya ternyata bri juga. nah apakah kpa saya akan lolos. karena ke hitung jd double ga sih. saya lagi hitungan skema payment property. tlng sarannya mbak. makasih artikelnya pak .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*