[note] Bulan ke-4 sebagai Bendahara

Rencana awal Kantor pada bulan Januari 2013 adalah : saya jadi bendahara sementara (selama 3 Bulan), menggantikan bendahara sebelumnya yang sedang Cuti Melahirkan.

*udah ada feeling klo ini gak bakalan sementara, & ternyata benar…..3 Bulan kemudian saya masih jadi Bendahara.

Well, sebelum jadi PNS saya sudah menandatangani Surat Pernyataan siap ditempatkan dimana saja, jadi….terima sajalah.

dibulan ke-4, disaat saya masih mencoba beradaptasi lagi dengan pekerjaan-pekerjaan Rutin, ada beberapa pekerjaan baru yang perlu mendapatkan perhatian khusus seperti Revisi DIPA.

sepertinya sudah mulai tidak sinkron antara jam kerja dengan jumlah pekerjaan, dimana artinya saya harus mengambil waktu diluar jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Bendahara.

Saya ingin membuat semacam buku panduan untuk mempermudah pekerjaan saya sebagai bendahara, namun selalu tidak sempat karena waktu habis untuk menyelesaikan pekerjaan rutin sehari-hari.

Lucunya..proses adaptasi ini terjadi pada seseorang yang :

  • Sudah Diklat bendahara
  • sudah berpengalaman jadi bendahara selama 3 tahun
  • Sudah pernah melakukan semua pekerjaan Bendahara disaat jadi bendahara selama 3 tahun tersebut
  • bahkan sudah pernah melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang belum tentu Bendahara kantor lain pernah lakukan , seperti mengurus Uang Persediaan Vat-refund di Bandara Soekarno-Hatta, membuat forum bendahara.com

Apakah pekerjaan bendahara ini memang benar-benar berat???? * yang saya maksud disini adalah Pekerjaan bendahara yg sesuai dengan Kondisi di Lapangan…bukan pekerjaan bendahara yang tertulis di Peraturan (hanya sebagai juru bayar)

dilapangan bendahara seringkali harus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawab pegawai lain, atau bisa juga karena kantornya memang kurang pegawai jadi semua masalah keuangan diserahkan kepada bendahara.

Bahkan, dulu saya memiliki teman di kantor lain yang  pengiriman Surat Dinas ke POS pun dilakukan oleh bendahara.

Buat teman-teman bendahara yang kebetulan membaca posting ini, silahkan gabung di Group bendahara di Facebook

alamatnya : http://www.facebook.com/groups/forumbendahara/

Sampai hari ini sudah ada 272 Bendahara yang gabung disana untuk mendiskusikan permasalahan bendahara sehari-hari……Forum Bendahara.com sampai saat ini memang masih aktif, tapi saya sarankan untuk gabung di Group Facebook saja.

 

 

 

 

3 Replies to “[note] Bulan ke-4 sebagai Bendahara”

  1. Persis bgt mas..sama nasibq,,tp bedanya aq baru kali pertama d pindah k bendahara pengeluaran.
    Trs solusi gmn y mas Biar bsa pndah?masalahny tmpatq lg kkurangan org 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*