Biaya pembuatan PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) & Kuasa Untuk Menjual

Tadi Siang (04 April 2013) saya meng-sms salah satu kenalan staff Notaris, menanyakan Biaya Pembuatan PPJB & KUM…karena mungkin beberapa minggu/ bulan lagi, saya berurusan dengan 2 dokumen tersebut.

  • Tanya : Mas, biaya untuk bikin PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual beli) & ‘Kuasa Untuk Menjual’ berapa?
  • Jawab : 1,8 mas (Rp. 1.800.000,-)
  • Tanya : Kalau hanya PPJB biayanya berapa :
  • Jawab : 8 rts mas (Rp. 800.000)

Mungkin tiap Notaris biayanya beda-beda….tapi kira-kira patokannya segitu.


Update Mei 2013

Menurut Informasi dari Staf Notaris yg lain , ‘Kuasa untuk Menjual’ sekarang sudah tidak ada.

Waktu saya Over Kredit Rumah, Saya dibuatkan AKTA yg judulnya :

  • PENGIKATAN JUAL BELI DAN KUASA 
  • SURAT KUASA

Biaya Rp. 2.000.000,-

 

34 thoughts on “Biaya pembuatan PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) & Kuasa Untuk Menjual

  1. Mas Riva terima kasih untuk info nya sangat bermanfaat, saya bisa minta no telpon notaris nya gak ya karena kebetulan saya transaksi jual beli apartemen.

    • Saya bulan Mei 2013 kemarin dengan Notaris CHAIRUL ANAM ABDULLAH SH., M.Kn , Kantornya di Jl. Mawaddah Raya – Islamic, Kelapa Dua – Tangerang, Telp. (021) 54205307

      • Slm malm mas riva..
        Saya mau konsultasi aja n minta masukannya…
        Saya beli rmh atas nama org, (take over) setelah lunas dr cicilan kpr dibank.. Saat sy mau ambil sertifikasi tdk bs dikarenakan hrs org tsb yg ambilnya.. Yg sy mau tanyakan..
        1. Bgm cara mengambil sertifikat tsb yg sy sdh lunasi sdgkan nama tsb ats nama org lain, dan org tsb sy tdk tau keberadaanya skrg lg..
        2. Langakah2 apa aja yg sy hrs tempuh melalui notaris, agar srt sertifikasi tsb bs diamabil dan estimasi biayanya brp.. Tnx

        • 1. Mengenai cara mengambil sertifikat yg atas nama orang lain tersebut saya kurang tau Pak Suhendra. Pihak Bank sepengetahuan saya pasti akan minta nama yg ada didatabase Bank untuk ngambil sertifikatnya. Karena dulu yg melakukan Akad dengan pihak Bank adalah nama orang lain tersebut.

          Entah bagaimana caranya, jadi memang nama pemilik tersebut harus dicari dulu Pak

          2. Setelah ketemu dengan Pihak Penjual….yg diurus di Notaris nanti Akta Jual Beli. +Pajak Penjualan, Pajak Pembelian (BPHTB) & Balik Nama Sertifikat…..klo estimasi tergantung Harga Transaksi/NJOP Rumah-nya….untuk rumah yg nilainya 100jt estimasi sekitar 11jt-an

  2. salam kenal mas riva.
    mohon bantuannya ya, begini mas, sya berencana utk membeli rumah didaerah bekasi dgn over kredit krna cicilannya msh sktar 12th, yg mau sya tanyakan berapa kira2 biaya notaris utk perjanjian jual beli tersebut dan apakah benar nanti ada biaya pajak penjual dan pembeli?, lalu apakah sya nanti akan keluar biaya lg saat cicilan sdah lunas, untuk balik nama sertifikatnya?, trims
    oy apakah ada ref notaris yg di daerah bekasi

    • Iya Pak Yayat, untuk Over Kredit secara resmi nanti ada Pajak Penjual, pajak pembeli dan biaya-biaya lainnya. Hampir sama dengan Pengurusan KPR baru.

      kalau Over Kredit yg hanya memakai Perjanjian Jual Beli dari Notaris, itu sama pihak Bank masih dianggap dibawah tangan / tidak sah.

      Lebih baik Pak Yayat konsultasi langsung dengan Pihak Bank, tentang tata cara over kredit yg benar.

      Kesalahan saya kemarin waktu melakukan proses Over Kredit adalah saya pergi Notaris dulu baru menghubungi Pihak bank, Padahal seharusnya saya mengubungi Pihak bank dulu & nantinya memakai Notaris yg ditunjuk oleh Pihak Bank.

  3. makasih atas info’nya mas, tpi katanya kalau proses langsung ke bank pasti ribet ngurus2nya yah, oya mas klau pajak penjual dan pembeli itu sebenarnya dibebani kesiapa ya?, dan biasany pajak itu dibyar saat sdah lunas semua cicilan apa saat kta membuat perjanjian jual beli?, maaf mas terlalu bnyak pertanyaanya, krna sya bnar2 msh awam utk urusan sperti itu mas, thanks

  4. salam kenal mas riva.

    Saya mau Tanya, saya jual rumah dengan kondisi surat masih PPJB, kira-kira biaya-biaya apa saja yang saya keluarkan ?.

    Terima Kasih Atas Jawabannya.

    Syarif

    • Sepengetahuan Saya hal-hal pokok dalam menjual rumah itu :
      1. Pajak Penjualan (oleh pihak penjual)
      2. Biaya Notaris (tergantung kesepakatan mau ditanggung siapa)
      3. Pajak Pembelian (oleh pihak pembeli)

      Pada prakteknya ada juga pihak Penjual yang ingin terima bersih, jadi urusan Pajak Penjualan,Pajak Pembelian, Biaya Notaris dsb. diserahkan ke Pihak pembeli.

      Untuk jawaban yg lebih update mungkin Pak Syarif bisa konsultasi langsung ke Notaris terdekat & meminta daftar rincian Biaya.

      mengenai kondisi rumah yg masih PPJB saya masih merasa kurang jelas dengan pertanyaannya. Apakah maksudnya Pak Syarif meneruskan Angsuran Pihak pertama pada suatu perumahan? jadi rumah tersebut belum atas nama pak Syarif?

  5. Mas mau nanya…saya kan beli tanah dikampung(jawa) posisi saya Sekarang dibatam.saya minta sertifikat tanah balik nama lgsung nama says tp Dari notaris dkmpung mints Surat kuasa Dari notaries dibatam yg menyatakan saya sebagai pembeli benar2 berada dibatam.kira2 brapa biaya buat Surat kuasanya?tq

    • Klo untuk masalah sampai detail seperti itu saya kurang tau Mas Arif (*Saya malah baru tau kalau ternyata harus ada Dokumen Surat Kuasa yg menyatakan pembeli ada di wilayah lain)….

      *sebaiknya langsung mendatangi Notaris yg ada di Batam.

  6. Pak saya mau tanya..
    Saya meminjam nama tmen saya untuk persyaratan kpr..stelah itu di acc sama bank..
    Nah semua nama persyaratan nama tmen saya…nah saya di suruh bikin bbjb..untuk bisa ngambil sertifikat nanti pas dah lunas..tpi itu tanpa sepengatahuan bank bikin ppjb nya..nah kira2 klw saya bikin ppjb.saya bisa ngambil sertifikat ga ke bank pas lunasan?

  7. Dear Mas Riva Putra
    Perkenalkan nama saya Virza Rizky
    Saya ada meminjam nama teman untuk persyaratan KPR dan sebentar lagi mau akad kredit atas nama teman itu. Pertanyaan saya bagaimana ya cara atau proses yang aman dan nyaman bagi saya atas kepemilikan rumah dengan surat yang beratas namakan teman saya itu. Apakah pada saat akad kredit nanti bisa dibuatkan surat kuasa atau semacam surat yang bertujuan bisa memindahkan kepemilikan hak atas rumah tersebut, terlebih jika kedepannya kredit rumah tersebut sudah lunas sehingga saya bisa mengambil langsung surat rumahnya?

    Mohon petunjuk dan penjelasan dari Mas Riva. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  8. mas Riva saya perlu bantuan ..saya mau credit rmh bertahap bayar 48bln .. Surat apa yg saya perlu bikin – karena takut kena tipu .. Maaf ya krna saya gk pandai smua thanks


    Kata yg jual rumah mengatakan saya bawa Ktp dan bikin surat pengikatan di notaris dan AJB nya nunggu kalau lunas .. Apakah benar dan balik nama itu setelah lunas itu benar gk ya? Thanks

    • Yang saya tangkap dari pertanyaan Mba Meiny :

      Mba Meiny sedang mencari rumah lalu menemukan rumah seperti yg disebutkan di pertanyaan diatas, si pihak penjual meminta sejumlah uang (biaya over-kredit) ….lalu penjual bilang untuk dokumen bukti pengalihan sementara cukup bikin pengikatan di notaris (PPJB)…selanjutnya Mba Meiny melanjutkan angsuran selama 48 bulan / 4 tahun atas nama penjual…. lalu 4 tahun kemudian mba Meiny minta tolong ke Pihak Penjual untuk mengambilkan sertifikat di Bank (karena data yg tercantum di data Bank adalan nama penjual jadi yg bisa ngambil sertifikat di Bank 4 tahun kemudian adalah pihak penjual)…lalu setelah itu baru bikin AJB (Akta Jual Beli) & Balik Nama Sertifikat…(Untuk membuat Akta Jual Beli itu perlu biaya seperti : Pajak Penjualan, Pajak Pembelian & Biaya Notaris)…jadi harus dibuat kesepakatan dari sekarang tentang siapa yang nanti akan menanggung Pajak & Biaya Notaris tersebut.

      Kesimpulan dari saya :
      – Jika memang Pihak Penjualnya bisa dipercaya…mengingat saat ini nyari rumah memang suatu hal yg cukup sulit….silahkan mengambil cara seperti yg saya uraikan diatas….asalkan nama penjual memang benar nama yg tercantum di database Bank & harus dipastikan juga bahwa 4 tahun kemudian pihak penjualnya masih bisa dihubungi untuk dimintain tolong ngambilin sertifikat & tandatangan Akta Jual Beli.
      – Jika Mba Meiny punya Dana yang cukup…alangkah lebih baik jika Mba Meiny langsung melunasi hutang KPR pihak penjual di Bank (Gak harus nunggu ngangsur dulu 4 tahun) lalu setelah dilunasi minta tolong pihak penjual ngambil sertifikat & langsung di tahun 2015 ini ngurus AJB, Balik Nama Sertifikat dst
      – Jika Dananya belum cukup ada juga Opsi Take Over secara resmi, jadi Mba Meiny mengajukan permohonan KPR ke Bank a.n. Mba Meiny untuk melunasi Hutang KPR Pihak Penjual….untuk proses take over secara resmi silahkan langsung ditanyakan ke Pihak Bank yg bersangkutan …apakah bisa dilakukan & syaratnya apa saja….

      kira-kira seperti itu mba…jika ada yg kurang jelas silahkan ditanyakan lagi 🙂

  9. Sore mas.riva
    Saya mau tanya..saya mau membeli rumah melalui over kredit ..bank yg digunakan bank mandiri
    Adakah biaya yg harus sy keluarkan untuk notaris ajb dll..
    Bisa ga kl dibayar nanti setelah lunas.cicilan rumah..makasih mas riva

  10. Assalamu’alaikum Mas Riva
    Mf sy mau tny ni, sy telah membeli rmh secara tunai, yg mau sy tanyakan apa sj biaya yg termasuk biaya notaris, dan siapakah yg hrs membyr biaya ppjb & kum, dan kira2 brpa biaya yg hrs sy keluarkan jika hrga rmh tsb 150jtaan? Mksh Mas Riva.

    • Wa’alaikum Salam

      Jika Harga Rumah 150jt & telah dibayar Tunai (Sudah Lunas & sudah mendapat sertifikat dari Pihak Penjual)…tidak perlu membuat PPJB & KUM …Langsung Saja membuat Akta Jual Beli & terus balik nama sertifikat.

      Untuk Biaya-biaya tergantung perjanjian diawal dengan Pihak Penjual….kebanyakan Pihak Penjual biasanya ingin menerima bersih 150jt jadi biaya-biaya lain ditanggung Pihak Pembeli. (Klo penjualnya berbaik hati yg ditanggung biasanya pajak penjualan & biaya Notaris dibagi 2)

      Estimasi jika Harga Rumah 150jt…Biaya pembuatan AJB, Pajak Penjualan, Pajak Pembelian mungkin sekitar 15jt

  11. Selamat malam pa..
    Saya mau tanya ….rumah saya sekarang tempati oper kredit di bawah tangan posisi nya baru 1 tahun di tempati langsung di over pada saya…swkarang suha tahun ke 6 saya audah bayar cicilan nya ke bank btn….yang saya mau tanyakan kapan saya harus balik nama….terus saya harus ke notis ga buat surat kuasa….

  12. Malam pa…saya mau tanya kalau rumah over kredit basih berjalan …ini cicilan tahun ke 6…apa saha harus ke notaris buat akta jual beli…thank

  13. Ass,pak sy mau tanya sy beli rumah KPR pribadi klo buat kekuatan hukumnya sy harus bikin apa ya?
    Sementara ini sy baru mendapatkan kwitansi aj pak itu kuat secara hukum atau gk.

  14. Salam kenal…
    Saya mau tanya. Apa benar untuk pembuatan PPJB di bulan november 2016 ini dikenakan biaya 2% dari harga penjualan?

  15. Ikut bantu jawab.
    Bu Rita, yg saya tau, bukan biaya PPJB 2%, tapi dikenakan pajak penjual sebesar 2,5 % dari nilai transaksi over kredit (tapi masih kontroversi, sehingga sebagian notaris belum melakukan hal itu).
    Jadi, jika saat PPJB sudah bayar pajak penjual, saat kredit rumah sudah lunas nanti, pembeli tinggal membayar sisa pajak penjual yg belum dibayar (dihitung 2,5% dari harga total rumah atau biasanya dari NJOP PBB tahun yg bersangkutan), dan pajak pembelinya sebesar 5%

    *biaya pajak berbeda dengan biaya pembuatan akta.

  16. saya mau tanya pak
    Apa benar kalau kita sudah ke notaris membuat surat kuasa jual beli nanti saat setelah kpr lunas dan akan mengambil sertifikat kita bisa langsung mengambil sendiri tidak perlu pakai pihak pertama lagi
    Disini sy posisi sbgai pihak kedua yg membeli rumah kpr
    Trmksih pak jwbnnya

Tinggalkan Balasan