(4/8) Wawancara Awal KPR BTN

Saya diberi tau oleh Pihak Developer kalau untuk memasukkan Formulir permohonan KPR di BTN harus langsung sambil wawancara.

Karena kesibukan dikantor, saya baru bisa wawancara hari Selasa, 05 Maret 2013.

Pertama saya sudah mengisi formulir/Aplikasi dari BTN & persyaratan lainnya sudah saya lengkapi (Copy KTP, KK, Rekening Koran 3 bulan terakhir, Ket. Kerja dsb) lalu janjian sama pihak developer untuk ketemu di BTN jam 10 pagi.

Sebelum ke BTN jemput istri dulu di tempat kerjanya karena klo untuk joint income istri juga harus ikut wawancara.

Nyampe di BTN

ketemu dengan Pihak Developer, ketemu juga dengan Orang lain yg sedang mengurus pembelian rumah di developer tersebut (& katanya dia ditolak BSM juga…. 🙂   )

menunggu…*karena pegawai BTN yg dimaksud Pihak Developer masih sibuk mengerjakan beberapa hal di mejanya.

setelah menyelesaikan pekerjaannya & merapikan meja, pegawai BTN memanggil Pihak Developer, lalu Pihak Developer mempersilahkan saya untuk wawancara.

Saya & istri menuju  meja pegawai BTN tersebut tanpa ditemani Pihak developer

Menyerahkan Aplikasi & kelengkapannya ke pegawai BTN

Pegawai BTN mengecek, lalu bilang sudah lengkap…

lalu Pegawai BTN tersebut dengan ramah mewawancarai kami…sepertinya yang diwawancara  secara garis besar adalah isian pada Aplikasi yang sudah saya isi…tapi waktu itu aplikasinya sudah dipegang oleh pegawai BTN jadi saya menjawab wawancara tersebut tanpa melihat isian aplikasi…

disini adalah kesempatan saya untuk menjelaskan mengenai BI Checking kepada pegawai BTN tersebut, BI Checking saya memang level 2…tapi saya juga memiliki aset seperti investasi di Prudential Syariah, 4 cicilan bukan cicilan jangka panjang bentar lagi juga lunas + saya mengambil KTA juga untuk beli rumah secara cash…bukan  untuk keperluan gak jelas.

& pegawai BTN pun mengisyaratkan klo level 1 / level 2 itu sebenarnya biasa saja…bukan berarti aplikasi permohonannya otomatis ditolak.

hal lain, pegawai BTN tersebut juga menginformasikan bahwa jangka waktu KPR untuk usia saya yang masih 27 tahun, bisa mengambil jangka waktu KPR maksimum 25 tahun (*umumnya setau saya jangka waktu KPR itu maksimal 15 tahun)…*saya sudah mengisi di formulir jangka waktu 20 tahun/ 240 bulan.

wawancara selesai, pegawai BTN mengeprint kertas hasil ketikan wawancara dengan saya…saya tanda tangan.

salaman, lalu kembali ke ruang tunggu…

Di ruang tunggu saya menyerahkan uang Rp. 350.000,- kepada Pihak Developer (sudah dikasih tau dari minggu sebelumnya) …klo gak salah namanya Uang Appraisal, semacam biaya Survey atas Nilai Rumah yang akan saya beli.

setelah selesai…saya kembali mengantar istri ke tempat kerjanya…lalu saya kembali ke kantor.

Yang saya tangkap, proses selanjutnya adalah… :

  • mas-mas yang mewawancarai saya tadi akan menyerahkan dokumen ke bagian lain di BTN, untuk pengecekan kebenaran berkas saya.
  • Hasil pengecekan kembali ke mas tersebut
  • Mas tersebut memberi tahu pihak developer tentang disetujui / ditolaknya berkas permohonan saya
  • lalu Pihak developer memberitahu saya hasilnya.

Jadi sekarang …nunggu telpon / sms  dari Pihak Developer.


8 Catatan Mengurus KPR (Kredit Pemilikan Rumah) :

  1. Booking Fee Rp. 2.000.000,-
  2. Mengiklankan Jual Rumah Lama untuk DP Rumah Baru
  3. Pemohonan KPR BSM ditolak
  4. Wawancara Awal KPR BTN
  5. Modal Usaha ?’ atau ‘Kredit Pemilikan Rumah (KPR)?’
  6. SP3K BTN
  7. Turun Plafon
  8. Mundur, Booking Fee Hangus

50 Replies to “(4/8) Wawancara Awal KPR BTN”

      • M’af mas saya juga mau nanya saya juga ngajuin kpr btn bersubsidi sudah hampir 2 bulan tp sampai saat ini masih blom ada konfirmasi dari pihak btn kapan proses wawancaranya! Yg saya tanyakan memangnya harus ngasih uang lagi ya ke pihak btn supaya data saya cepet di proses soalnya pihak developer konfirmasi ke saya memang ada sebagian developer yg menyediain uang lebih buat bank btn supaya data2 segera di prose klw tidak ada dana ke btn jadi prosesnya lama..

        • Mengenai keharusan ngasih uang lebih ke Pihak Bank saya kurang tau Pak.

          Kalau saya di Posisi Pak Kariyono kemungkinan besar saya akan datang langsung ke Bagian KPR BTN-nya….nanya langsung rata-rata proses wawancara itu berapa lama semenjak pengajuan permohonan & sekalian nanya lebih spesifik : kenapa saya belum juga di panggil wawancara…perkiraan kapan?

  1. Mas, mau tanya, jenjang waktu dari pembayaran dp hingga wawancara berapa lama yah ?
    soalnya saya sudah hampir 4 bulan belum juga dpt panggilan wawancara 🙁

        • @Riva_Putra: 1 hari minimal, 3 minggu max
          @Dhian:
          jgn serahkan uang tanpa ada tanda terima yg sah, krn dlm property agent / developer banyak sekali oknum yg keluar dari S.O.P perusahaan, untuk info lebih lanjut silahkan invite 31507af3 atau call 082218102456 (Haekal)

  2. Apa kabar mas riva? Semoga sehat selalu. Saya mau nanya lagi mas riva…
    Saya sudah menikah 2 tahun yg lalu dan saya berencana mau ambil kredit rumah. Misal data saya dibuat single pas mau wawancara dg pihak bank apakah akan jd masalah? Misal ketahuan bohong single, bs jd permohonan kredit rumah bisa ditolak ga?.
    Misal pengajuan kredit rumah mencantumkan nama istri ada kemungkinan diterima gak meskipun istri sudah di black list bank indonesia?

    • Kalau misal saya jadi Analis Pihak Bank, saya akan menolak permohonan Nasabah yang tidak melampirkan data yang sebenarnya Mas. Jadi pendapat saya kemungkinan besar akan ditolak kalau ketahuan…(lagipula status menikah itu tercantum di KTP & KK yg nantinya harus dilampirkan di permohonan kredit rumah)

      Terus Blacklist Bank Indonesia itu setau saya ada beberapa tingkatan, klo misalkan tingkatannya masih ringan…hutang masa lalu istrinya Mas Ranto diselesaikan dulu aja, jadi kedepannya gak kebawa-bawa terus. Coba dikonsultasikan ke Pihak Bank dulu aja Mas.

  3. Mas. Mau tanya, sya ambil rumah tapi lokasinya belum tau dimana. Trus saya udah booking fee dan udah serahin syaratnya. Tapi saya survey kok tempatnya jauh dari tempat saya bekerja. Bagaimana cara membatalkannya.

    • Klo Batal sepengetahuan saya uang booking fee nya hangus Pak, gak bisa ditarik lagi (dulu juga booking fee saya hangus)

      Tinggal hubungi yg dulu nerima uang Booking Fee aja (biasanya Marketing), bilang aja klo Pak Agus gak jadi ngambil rumah tersebut

      • Tapi saya udah booking fee + dp 19 juta. Kalo yg ngebatalin saya. Di peraturannya itu lo ngebatalin secara sepihak kena denda 15 % dari harga rumah. Sedangkan harga rumah itu 350jutaan. Saya cuma pengin ngebatalin doang. Tapi gimana caranya agar uang 19 juta itu balik lgi.

        • Klo sudah booking fee + bayar sebagian DP saya kurang tau Mas…

          Di tahun 2013 saya baru bayar booking fee aja, jadi kurang tau proses selanjutnya.

  4. Mas mau nanya nih ..
    Kalau mau wawancara di kasih taunya sama pihak developer apa sama pihak bank ya ?

    • Klo saya dulu sih dikasih tau sama Pihak Developer…(seperti yg saya ceritakan diatas)

      Coba ditanyakan ke developernya aja Mas…

      atau …klo susah nyari info dari developer coba ditanyakan ke Pihak Bank-nya langsung aja…

  5. Mas riva, mau tanya sya seminggu kemaren wawan cara tpi blm ada keputusan acc ga nya?.. Gaji sya cash rp. 5 jta, istri 4 jta.. Punya cicilan mobil 1,5 potong gaji ditempat kerja istri.. Apakah sya bisa ngajuin rumah dengan cicilan 2,3 atau 2 jtaan.. Makasih

  6. mas, mau tanya
    sepengetahuan mas, apakah untuk pengajuan kpr rumah bersubsidi prosesnya lebih lama? sy sudah membayar booking fee, + berkas sudah lengkap, peraturan, DP dicicil ketika sp3k turun dan harus sudah lunas ketika rumah sudah jadi, lalu dari pihak developer bilang, nunggu kabar lagi nanti, kalau diberi info dari bank untuk ditelepon ke kantor sy, sudah memakan waktu 4 bulan, belum ada kabar lagi, menurut mas harus gimana?

    • Untuk Rumah Subsidi saya belum tau prosesnya bagaimana…

      Kalau menurut pendapat saya selain menunggu kabar dari Pihak Developer, lebih baik Mas Taufik coba tanya-tanya ke Pihak Bank juga (Yg kerjasama dengan developer tersebut) …

  7. Kebetulan saya sedang mengajukan KPR BTN Subsidi baru booking saja tetapi buta sekali masalah kpr. jika dari biaya dp sekitar 12 juta apakah bisa jika kita nanti untuk dp dibuat lebih besar contoh kita bayarkan dp sebesar 30 juta agar cicilan bisa turun per bulannya. Soalnya saya pesimis juga bisa lolos cicilan yang sekarang tidak sampai sepertiga gaji saya… sedangkan syarat cicilan maks. 1/3 penghasilan sebulan

    • Saya dulu ngurus KPR yg Non Subsidi…..& di KPR Non Subsidi kita bisa nambah besaran DP.

      Pendapat saya pribadi sih harusnya yg Subsidi juga bisa, …tapi untuk memastikan lebih baik ditanyakan ke Pihak BTN langsung.

  8. Saya sudah melalui proses apraisal dr BTN dgn membayar Rp 1juta(setelah menunggu 3bulan tanpa kepastian) tpi setelah seminggu, ada kabar ditolak karena ktnya status karyawan tetap dipertanyakan, walaupun gaji dan smua data2 memenuhi syarat. Apakah itu proses yg lumrah di BTN, kenapa tidak cek, interview dsb dulu sebelum apraisal??setelah apraisal malah lagsg bilang ditolak. Uang 1juta menurut kami org kecil sangat besar jumlahnya. Tpi dianggap biasa oleh oknum2 yg tdk bertanggung jawab.

    • Waktu saya mengurus KPR di BTN th 2013, saya menyerahkan dokumen persyaratan KPR sekaligus wawancara & menyerahkan biaya Apraisal seperti yg saya ceritakan diatas…baru setelah itu ada keputusan.

      Dulu pengajuan saya gak dikabulin semua & akhirnya saya gak jadi ngambil KPR BTN (Biaya Appraisal hangus juga)

  9. siang mas riva,

    mau tanya, untuk proses akad kridit apa dilakukan ketika podasi rumah sudah dibuat atau ketika rumah sudah jadi ya.
    dan jika kita mengajukan KPR ke bank yang tidak bekerja sama dengan developer tersebut apa di perbolehkan ?

    ma kasih mas riva

    • Dulu saya mengajukan permohonan KPR sampai terbit SP3K saat rumah sudah jadi….tapi saya kurang tau juga apakah rumah yg baru pondasi sudah bisa proses KPR atau belum (Saya bukan orang yg sehari-hari berkecimpung di dunia KPR) 😀

      Mengenai Apakah bisa pake Bank lain….info dari Developer saya dulu katanya Bisa

  10. sy juga ngajuin kpr trs domisili sy di luar pulau jawa…rmh yg mau sy beli di wilayah jawa…sy hny di tlp trs di blng ini wawancara…tiba” keluar surat penolakan kpr sy tny ke developer mrk blng dg alasan jauh domisili nya.. tlng ksh masukan ya hrs gimana

    • Saya belum bisa memberi masukan… (Kemarin pas ngambil KPR kebetulan rumahnya deket sama domisili) jadi gak ada gambaran ngasih masukan apa bagi yg Rumah KPR nya jauh dari tempat domisili

  11. Permisi mas mw tanya, terkait dengan pengajuan KPR di Bank A, apakah Bank A bisa meminta informasi simpanan maupun mutasi dari nasabah secara detail dari bank B(dlm hal ini, saya nasabah Bank B)

    Mohon penjelasannya…Terima kasih.

    • Saya bukan Pegawai Bank, jadi kurang tau detailnya seperti apa…

      – Kalau untuk simpanan saya kurang tau bisa atau tidak…
      – Tapi kalau untuk Pinjaman bisa di cek melalui BI Checking, contohnya saya pernah mengajukan pinjaman di Bank Mandiri tahun 2015 kemarin, & Pegawai Bank Mandiri tersebut bisa mengetahui semua hutang-hutang saya di Bank Lain, baik yg belum lunas maupun yg sudah lunas (Bank jabar, BRI, Kartu Kredit BNI, Kartu Kredit Bank UOB Buana dsb)

  12. Mas,saya mau nanya jadi bulan Agustus akhir saya pengajuan kpr dan syarat syarat sudah saya lengkapi semua dari fee booking , dp 10% ,ktp,kk,npwp,slip gaji dll dan saya juga sudah melewati BI checking,survey rumah dan kontrakan (karna saya memiliki tambahan penghasilan kostan & kontrakan) dan peroktober ini saya resign dari kerjaan,dan hari ini pihak btn tlp saya untuk survey ketempat kerja,saya jujur dengan keadaan saya yang sudah resign kepada pihak bank.kira kira berapa persen saya di tolak oleh pihak bank?karna saya sudah menunggu lama pula proses nya mas.saya deg deg an rumah impian saya tidak terpenuhi tapi saya juga mengikhlas kan apa yang terjadi.kalo memang jodoh gaakan kemana.tapi saya minta sarannya mas 🙂

    • Kalau kira-kira berapa persen ditolak pihak bank saya gak bisa prediksi karena saya bukan pegawai Bank 🙂

      Tapi kalau jodoh ga akan kemana Mba, kadang di tolak itu justru baik buat kita.

      contohnya dulu permohonan KPR saya ditolak….& beberapa bulan kemudian saya bersyukur ditolak…karena ternyata Rumah yg saya incar tersebut dekat dengan saluran selokan yg cukup besar jadi setiap abis ujan baunya gak enak.

  13. Mas mau nanya saya udah turun sp3k nya bulan september sampai sekarang belum akad kira2 bisa d perpanjang ga y.soalnya nanya k pemasaran jawaban nya kurang memuaskan

    • Saya belum pernah pengalaman memperpanjang masa berlaku SP3K…dulu yg SP3K BTN malah gak jadi saya ambil…

      Mungkin coba dikonsultasikan ke Pihak BTN-nya …jika Pihak Pemasaran sikapnya seperti itu….kira-kita opsi-opsinya apa aja (Apakah bisa diperpanjang, atau apakah nanti harus pengajuan dari awal lagi)

  14. Mas, waktu ngajuin kpr nya ke BTN apakah Kartu Kredit mas jadi ditutup? Kalo misal saya ada KK 4, dengan total limit 40 juta, ke 4 nya belum pernah telat bayar, saya sudah cek BI Checking sendiri dan tidak ada masalah, apakah itu pengaruh nanti ke Plafon atau penolakan seperti yg mas alami di BSM karna punya banyak KK? Makasih

    • Waktu pengajuan pertama ke BTN, 3 Kartu Kredit masih saya biarkan aktif…(karena waktu itu saya belum tau kalau limit KK bisa mengurangi plafon) hasil akhirnya pengajuan saya 218jt…dikabulkan cuma 185jt …salah satu hal yg mengurangi plafonnya adalah 3 Kartu Kredit saya….& karena turun plafon saya ga jadi ngambil rumah tersebut

      Pengajuan saya selanjutnya (untuk rumah yg lain)saya sudah menutup 2 Kartu Kredit & hutang-hutang kecil yg lain (Leasing motor dsb) : http://blog.rivaekaputra.com/2013/07/17/menutup-2-kartu-kredit/ & dulu jadinya pake BSM…bukan BTN.

        • Untuk Pastinya saya kurang tau karena saya belum pernah nanya-nanya ke Marketing Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) atau Leasing

          Tapi setau saya Kredit Mobil itu lebih gampang daripada Kredit Rumah…jadi ada kemungkinan di kebanyakan KKB / Leasing Kartu kredit tidak berpengaruh.

  15. Mas gaji saya ini kan tidak mencukupi. Jadi saya edit jd bagai mana klo pihak bank minta rek koran

    • Pihak Bank setau saya kebanyakan akan minta Rekening Koran untuk menilai kemampuan finansial seseorang…apakah kedepannya akan sanggup untuk membayar angsuran KPR per bulan atau belum sanggup….

      Kalau maksud pertanyaan-nya adalah untuk menanyakan Tips bagaimana mengatasi hal tersebut…saya ga bisa jawab

  16. selamat sore pak,

    saya sdh mengajukan kpr rumah seken/bekas ke bank. saya sudah berikan dana appraisal namun akhirnya tidak disetujui krn stlh tim appraisal datang dan survei trnyata menilai bhwa keadaan rumah tidak layak. apakah saya berhak utk mengetahui nilai appraisal dr rumah yg akan saya beli trsebut walaupun permohonan kredit saya ditolak krn dinilai tidak layak. yang saya inginkan krn saya sudah membayar biaya appraisal maka saya perkirakan kalau saya berhak untuk mengetahui nilai appraisal dr rumah trsebut.

    mohon pencerahannya pak…

    • Untuk jawaban tepatnya saya kurang tau karena belum pernah tanya ke Bank sampai sejauh itu.

      Pengalaman saya dulu pas mengajukan KPR rumah seken/bekas, permohonan saya cuma dikabulkan sebagian…jadi saya tidak melanjutkan proses di BTN…nilai yg saya ketahui juga hanya nilai rupiah yg tercantum di SP3K …bukan Nilai Appraisal rumah. (pernah saya tulis disini : http://blog.rivaekaputra.com/2015/05/15/contoh-sp3k-surat-penegasan-persetujuan-penyediaan-kredit-btn/ )

      Kalau saya diposisi bapak & memang memerlukan data Appraisal tersebut saya akan coba langsung ke Bank lagi terus nanya ke Customer Service atau Bagian KPR terkait nilai Appraisal … semoga aja ada semacam Standard Operating Procedure (SOP) untuk nasabah yg ingin mengetahui nilai Appraisal rumahnya.

  17. Mas riva saya mau tnya saya kan sudah booking fee dan baca disurat yg udh ditanda tangani berisikan persyatan kpr diserahkan 14 hr setlah booking fee kalau tdk pemesan membatalkan secara sepihak .. tp saya tnya developer nya katanya nnty dikabarin lg 14 hr itu bayar dpnya .. yg sy mau tnyakan menurut mas riva dp dluan atau syarat berkas kpr duluan ?

    • Sepengetahuan saya DP itu termasuk syarat berkas KPR, karena di formulir permohonan KPR harus menulis berapa DP yg sudah dibayarkan ke Pihak Developer & Kuitansi DP dari Pihak Developer juga harus dilampirkan saat pengajuan KPR.

      Kadang Pihak Developer membantu Calon Pembeli Rumah dengan cara DP yg dicicil…atau membuatkan Kuitansi DP dulu padahal DP nya belum dibayar. tapi tidak semua Developer menerapkan kebijakan seperti itu….normalnya sih DP memang harus dibayar dulu.

  18. Mas sya ini mau proses wawancara

    Tpi koq wawancaranya by phone!

    Mang pernab ad yg mngalami hal seperty saya? Yrims

    • Dulu saya wawancara KPR secara langsung di tahun 2013….

      di tahun 2017 ini saya kurang tau apakah ada prosedur wawancara via telpon atau enggak…*untuk info lebih pastinya lebih baik ditanyakan ke pihak bank.

      Untuk jenis kredit yg lain (Kartu Kredit) “wawancara” via telpon ini udah berlaku sejak lama.

  19. Mas mau nanya kemarin kan saya habis wawancara d.bank btn soal mau ngeridit rumah d.develover untuk mngetahui d.setujui bank atau ngak nya butuh waktu brpa hari ya

    • Dulu saya wawancara tgl 05 Maret 2013, dapet keputusan SP3K tgl 28 Maret 2013.

      Untuk kondisi tahun 2017 ini coba ditanyakan ke pegawai BTN-nya saja, mungkin jangka waktunya berbeda.

  20. Kalo kami masih punya kreditan motor 2tahun lagi apa bisa dsetujui bank yah mas soal mau kredit rumah itu soal nya pesimis bnget ni

    • Yg memutuskan = pihak analis dari bank-nya, penghasilan sekarang diperhitungkan dengan utang-utang yg udah ada diperhitungkan dengan jumlah pinjaman KPR yg diminta,

      Semoga lolos KPR-nya yaaaa…kalaupun gak lolos nanti untuk target rumah selanjutnya jadi udah tau prosesnya seperti apa

      Saya juga dulu KPR BTN gagal…terus ternyata selanjutnya malah dapet rumah yg lebih nyaman & lebih baik daripada target rumah sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*