Cara buat blog

Saya menulis ini karena ada yang nanya di WhatsApp : “Cra buat blog  gmn sih…? Tlis d blog j gmn cranya….” 😀

Saya akan menulis 2 bagian : 1. Cara Ribet & 2. Cara Simpel

1. Cara Ribet, contoh : blog.rivaekaputra.com ini, cara membuatnya : beli nama domain rivaekaputra.com di name.com (harganya sekitar $9 per tahun dibayar menggunakan Paypal), setelah itu sewa hosting di Bluehost.com (biayanya sekitar $100 per tahun di Bayar via Paypal juga), setelah itu buat sub domain (blog.rivaekaputra.com) lalu install CMS (Content management System) WordPress …………..setelah itu aktifitas blogging bisa dimulai. *Apa itu domain?, apa itu hosting?, apa itu paypal? bagaimana cara mengisi dana paypal? apa itu sub domain? ada berapa banyak perusahaan sejenis name.com, bluehost.com, ada berapa banyak CMS?dan sebagainya dan sebagainya, tidak akan saya terangkan disini karena buat yg baru mulai blogging sepertinya semangat nulis/bloggingnya sudah luntur duluan karena harus memikirkan masalah teknis.. 😀 saya sarankan untuk memakai cara ke-2 yang simple (seperti yang pernah saya lakukan dulu)

2. cara simpel, contoh : rivaekaputra.wordpress.com

  • Buka www.wordpress.com
  • Klik ‘Get Started’
  • masukkan alamat e-mail, username, password & Alamat Blog yang diinginkan
  • klik ‘CREATE BLOG’ di kanan bawah (yang free)
  • buka e-mail, cari e-mail masuk dari wordpress lalu klik ‘Activate Blog’
  • setelah Aktif bisa langsung nulis/blogging deh
  • klik ‘New Post’ —> text —-> Tulis Judul & Isi —-> lalu PUBLISH

klo ada yang belum dimengerti silahkan comment di bawah,

selamat mencoba 😉

*Oia, saya menulis ini pada 9 januari 2013……klo ada yang membaca tulisan ini di tahun 2013 akhir, 2014,2015 dst mungkin yang saya terangkan diatas sudah tidak relevan lagi karena perkembangan WordPress sangat cepat.

———————————

Update 16 feb 2013

ternyata klo untuk yg baru mulai nge-Blog lebih gampang pake blogger.com (contoh  : rivaekaputra.blogspot.com ) tinggal bikin gmail….lalu sudah bisa otomatis log in ke blogger.com lalu tinggal daftarin alamat blog yg mau kita pakai.

 

2 Replies to “Cara buat blog”

    • alamat blognya apa? ….cara diatas buat yang bener-bener baru daftar Blog

      selanjutnya blognya bisa di akses di : alamatblog.wordpress.com/wp-admin (contoh : rivaekaputra.wordpress.com/wp-admin )

      masukkan username & password

      sebenernya dari tulisan new post di kanan atas juga bisa
      tapi klo agak susah nyarinya bisa dari kiri atas (misal : rivaekaputra —> new —> post)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*