Apa yang saya pelajari dari pekerjaan saya sekarang???

Pekerjaan saya sekarang hampir mirip dengan pekerjaan Customer Service.

Apa yang saya pelajari dari pekerjaan ini? agar suatu saat nanti jika saya memiliki perusahaan sendiri bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen?

  • Harus ada petugas yang khusus menjawab telpon, pekerjaan saya saat ini mengharuskan saya melayani orang yg datang langsung ke kantor sekaligus menjawab pertanyaan lewat telpon, sering saya harus minta maaf kepada orang yang datang langsung ke kantor, sedang konsultasi lalu terpaksa saya tinggalkan karena harus menjawab telpon dulu;
  • Jika Hari kerja adalah Senin s/d Jumat….maka setidaknya harus ada 1 hari petugas frontliner bekerja di belakang layar, 1 hari kerja tersebut (misal hari jumat) digunakan untuk meng-evaluasi sistem kerja, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yg belum tuntas & untuk memberikan kesempatan kepada petugas cadangan untuk praktek sebagai frontliner setidaknya 1 hari dalam 1 minggu, jadi ketika petugas inti sakit/kecelakaan saat berangkat ke kantor…petugas cadangan bisa langsung menggantikan pelayanan.
  • Printer yang cepat itu adalah Printer Laser & seharusnya ada cadangan cartridge/tooner siap pakai jika tooner di bagian pelayanan habis……..saat ini saya bekerja dengan printer Epson LQ-2180, dibutuhkan waktu beberapa saat sebelum saya bisa memberikan tanda terima kepada pelangan, jika ada yg melakukan pengecekan misal 50 berkas, maka waktu yg dibutuhkan lebih lama lagi.
  • Pelayanan yg baik itu adalah pelayanan yang ada kantornya (bisa didatangi langsung), ada websitenya (dengan tampilan yg simple & gampang dimengerti), ada pelayanan lewat telpon, ada pelayanan lewat FAX, ada pelayanan lewat POS, ada pelayanan lewat e-mail, ada pelayanan lewat SMS.
  • Lokasi kantor lebih baik dalam bentuk peta (Google Maps, Wikimapia, Blackberry Maps dsb) jangan hanya dalam bentuk alamat karena alamat di Indonesia itu banyak yg mirip , nomor tidak beraturan……jadi pelanggan bisa langsung ada bayangan kantor yang dia tuju jika ada keperluan.
  • Tidak ada jam istirahat untuk pelayanan, & harus ada petugas frontliner yg cukup agar bisa gantian istirahat !!!!!!! , saat ini saya tidak memiliki partner untuk gantian saat jam istirahat..bahkan saya sering istirahat telat & saya jugalah yg harus datang tepat waktu jam 1 siang…..sempat saya mencoba untuk nekad tidak istirahat, yg saya rasakan adalah sekitar jam 2 siang tangan saya sudah gemetar , laper, lemes, & mulai pusing!!!………pelayanan yg baik adalah pelayanan yang tidak membuat pelanggannya menunggu karena customer service sedang makan siang & sistem yang baik adalah sistem yang tidak membuat customer service nya kelaparan karena pelanggan yg harus dia layani banyak & tidak ada petugas cadangan.
  • Karyawan-karyawan yang pemalas itu lebih baik dipecat saja, definisi pemalas = karyawan yang berada di Mall saat jam kerja, karyawan yang sering tidak ada ditempat tanpa alasan, karyawan yang menjadikan sholat sebagai alasan untuk meninggalkan pekerjaan (sholatnya 3 menit…tidur-tidurannya setengah jam), Sistem yang baik itu adalah sistem yang tegas…karena karyawan yg pemalas itu sebenarnya menimpakan pekerjaan kepada karyawan lain yang standby ditempat.

to be continued………

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*