Yg diinginkan Konsumen dari Kontraktor Rumah / Jasa Arsitek Rumah / Jasa Kuli Bangunan

Saya membayangkan diri saya sebagai seorang Konsumen (mudah-mudahan masukan ini dibaca oleh Kontraktor/Arsitek/Jasa Kuli Bangunan) 😀    :

  1. KEPASTIAN-HARGA, sepertinya akan lebih baik jika ada perjanjian secara tertulis diatas meterai bahwa harga yg telah disepakati diawal tidak akan berubah.
  2. Bonus pengetahuan tentang Rumah, ……………..Saya Pikir bisa saja sebuah perusahaan kontraktor memberikan bonus kepada setiap pelanggan sebuah buku yg ditulis oleh Kontraktor itu sendiri & Konsumen bisa mengecek kebenaran informasi tersebut di Internet (Pengetahuannya Bisa dalam bentuk buku, bisa e-book, atau sekedar sekumpulan gambar + tulisan di MS-Word)
  3. Tersedia paket-paket seperti paket-paket dibisnis makanan (Mc-Donald, KFC dsb) contoh…Paket Bangun Rumah Type 36 Rp 30jt , Paket Renovasi Rumah Rp. 10jt.
  4. Kontraktor seharusnya membuat Website yg Simple….& hal yg paling di tonjolkan di websitenya itu adalah mengenai Kepastian Harga (bahwa harga tidak akan berubah dari kesepakatan awal….kalaupun harga bahan bangunan naik maka itu akan ditanggung oleh kontraktor)
  5. Kontraktor menyediakan semacam Jasa Survey ke rumah yg akan di renovasi…Harga Konsultasi awal jelas tertera di websitenya misal 200.000,- …….*Prakteknya?? ada perjanjian akan ketemu hari apa jam berapa, petugas kontraktor membawa laptop & modem internet, komunikasi tentang apa yg diinginkan oleh konsumen, Komunikasi…komunikasi…komunikasi………..petugas kontraktor membuat design awal di sketch up / program sejenisnya, petugas kontraktor mengecek di internet tentang harga bahan-bahan bangunan + estimasi jasa kuli bangunan, dan pada hari itu juga bisa diperlihatkan harga perkiraan awal tentang biaya renovasi / harga membangun rumah (disana terlihat jelas berapa biaya pembelian bahan bangunan..per item & terlihat berapa jasa kuli bangunan) *tersedia juga opsi kalau konsumen ingin membeli bahan bangunannya sendiri…setelah itu konsumen bisa memilih untuk mundur atau lanjut, beberapa hari kemudian ada  pemastian ulang harga-harga bangunan..lalu di print surat perjanjian diatas meterai tentang harga renovasi/membangun rumah yang telah disepakati bersama…
  6. Kontraktor harusnya menyediakan Jasa Pengurusan IMB-nya juga
  7. tersedia juga Jasa konsultasi secara on line…Konsumen tinggal mengirim foto rumah sekarang & foto design rumah yg diinginkan……..selanjutnya prosesnya hampir mirip dengan point no 5, hanya saja dilakukan secara on line (karena mungkin saja ada banyak yg mengirim e-mail konsultasi…maka disediakan juga semacam reply otomatis bahwa kita berada di antrian konsultasi yg ke berapa..sehingga konsumen yg mau konsultasi bisa menunggu dengan jelas) …biaya konsultasi on line lebih murah daripada konsultasi langsung, pembayaran biaya konsultasi lewat transfer bank.
  8. Kontraktor harusnya gencar berpromosi biar keberadaan Kontraktor yg mengutamakan kepastian harga bisa diketahui oleh konsumen 😀
  9. terussss……apa lagi ya????………..cukup 8 point dulu untuk saat ini………..

2 Replies to “Yg diinginkan Konsumen dari Kontraktor Rumah / Jasa Arsitek Rumah / Jasa Kuli Bangunan”

    • Iya, mungkin memang hal yg susah

      Mungkin Perjanjian sebelum bangun/renovasi rumah di modifikasi supaya tertulis bahwa Bahan-bahan material pembangunan rumahnya dibeli oleh konsumen, sedangkan Kontraktor menyediakan Jasa Tenaga saja & kepastian selesai jangka waktu berapa lama jika konsumen selalu menyediakan barang-barang keperluan pembangunan rumah tepat waktu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*