Kemampuan membangun rumah, ruko (rumah toko) / gedung

Di Tangerang ini….

sudah sering saya liat lahan-lahan yg awalnya biasa-biasa saja….lalu kemudian berubah dengan cepat menjadi Ruko yg sedap untuk di pandang.

Pembangunannya sangat cepat..dalam hitungan minggu / paling lama beberapa bulan….jadilah Ruko dengan harga ratusan juta / milyaran.

Saya seringkali terkesan dengan design-design bangunan tersebut.

Komponen utama dalam pembangunan tersebut sepertinya adalah Pemilik Uang,Arsitek & Kuli Bangunan (*di era sekarang  mungkin ditambah dengan staff yg ngurus sertifikat tanah / Izin Mendirikan Bangunan)

Sebenarnya awal ide sy menulis ini adalah ingin memiliki kemampuan Arsitek…tapi setelah dipikir-pikir ternyata yg lebih berperan untuk menjadikan suatu bangunan itu ternyata pemilik uang (modal)

Namun tetap saja pemilik uang sepertinya harus tetap punya pengetahuan-pengetahuan dasar tentang arsitektur.

yg terlintas dipikiran saya ketika membangun rumah adalah :

  • Takut pembengkakan Biaya
  • Harus berhadapan dengan Kuli Bangunan yg sengaja melama-lamakan pekerjaannya supaya dia dapat uang harian lebih banyak.
  • Sewa arsitek???…gelap!!berapa biaya sewanya???
  • Gimana kalau kita sudah minjem ke Bank untuk renovasi tapi ternyata ada pembengkakan biaya? minjem kemana lagi???
  • Dilema ngurus IMB…kalau ngurus apakah akan semudah memesan McDonald / urusannya akan berbulan-bulan???…trus klo berbulan-bulan kapan kita mulai bangun rumahnya???
  • KMS (Kegiatan Membangun Sendiri) itu maksudnya apa??? apakah ada hubungannya dengan IMB??
  • Tidak adakah semacam Rumah Portable (terbuat dari alumunium/apalah)….yg tinggal saya pesan…….lalu sebuah Truk datang membawa Rumah Portable tersebut…..lalu mengurus beberapa hal (kabel listrik, telpon, Pipa PDAM, septic tank dsb)…lalu rumah itu bisa saya tempatin 😀 * klo bisa rumah portablenya dibawah 10jt hehe

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*