[tanya] Apakah Kartu Kredit yg belum diaktifkan akan terkena Iuran Tahunan??

Waktu awal awal saya mengenal Kartu Kredit, berdasarkan keterangan yang saya terima dari orang yg menawarkan Kartu Kredit…saya menganggap bahwa tidak akan ada biaya apapun jika saya tidak mengaktifkan kartu.

Hari selasa kemarin (21/02/2012) saya mendapat telpon dari Pihak Bank yg kembali menawarkan bantuan untuk mengaktifkan Kartu Kredit (agak sering)..namun kali ini agak disertai “ancaman” bahwa ada kemungkinan kartu yg belum diaktifkan tersebut terkena iuran tahunan???!!!!!!!!! …mmmm…saya agak kaget mendengar keterangan tersebut karena saya pikir Iuran tahunan itu hanya di Charge kepada pemilik kartu kredit yg sudah mengaktifkan Kartunya.

Ada beberapa hal lain yg saya tangkap dari penjelasan mba-mba yg nelpon tersebut :

  • sepertinya mba tersebut agak menyindir : “kalau memang tidak berniat mengaktifkan kartu kredit mending jangan apply aja sekalian…” (tentunya kalimat itu tidak diucapkan secara tegas…namun sepertinya mengarah ke kalimat tersebut)
  • Mba itu menyarankan agar saya menelpon Call Center agar menutup Kartu saya jika memang tidak berniat mengaktifkan.
  • Tampaknya mba tersebut agak curiga kalau saya bekerja sama dengan pegawai yg menawarkan kartu kredit…dimana MUNGKIN menurut mba tersebut : saya meminjamkan KTP, mengisi formulir..Kartu Kredit di Proses..pegawai yg menawarkan kartu kredit mendapatkan FEE…..FEE dibagi dua…lalu saya membiarkan begitu saja Kartu Kredit Tersebut tidak aktif…… *padahal yg ย terjadi adalah : Saya pertama kali Apply kartu kredit ke Bank Lain…disetujui…sudah saya aktifkan………lalu sepertinya data saya dijual ke Banknya mba tersebut…..ditawari lagi ย kartu kredit lalu saya setuju setuju saja karena saya pikir bisa buat cadangan & saya pikir gak bakalan ada biaya apapun jika sy belum mengaktifkan kartu tersebut (*setelah kartu kredit pertama saya disetujui & diaktifkan…banyak telpon-telpon promosi…sms spam yg membanjiri HP )

barusan Googling bentar….sepertinya memang mungkin saja ada Iuran tahunan tanpa saya mengaktifkan kartu tersebut, dan saya membaca konfirmasi dari sebuah Bank atas komplen nasabah..bahwa mereka memang mencharge Iuran tahunan meski kartu tersebut belum diaktifkan.

Mmmmmmm…harusnya saya tidak heran lagi dengan hal-hal semacam ini….

Buat yang mau Apply Kartu Kredit hati-hati….

105 Replies to “[tanya] Apakah Kartu Kredit yg belum diaktifkan akan terkena Iuran Tahunan??”

  1. Saya jg mengalami hal yang sama.. kartu kredit mandiri hypermart nya belum petnah diaktifkan sama skali… eh ada tagihan sampe ratusan ribu… dari bqnk nwlpon trus nagih.. saya mau tutup katanya harus bayar dulu… jadi saya jawab aja ” bodoh amat saya mau bayar suatu tagihan yang nda pernah sy pake.
    . ” mohon untuk diperhatikan oleh para CS jelaskan pada nasabah dng baik msalah iuranx.. krn waktu awal saya enjoy aja buat KK Krn katanya slama nda diaktifasi tdk akn ada tagihan…. belakangan? Eh.iuaran kartu lah ini itulah…. hmhm BOhong!!!!

    • memang harus hati-hati….

      Sekarang saya tidak langsung percaya dengan Sales-sales Kartu Kredit…

  2. Hati2dengan pihak2 yang mengaku dari kartu kredit dan berusaha untuk mengaktifkan kartu tsb, saya pernah mengalaminya dan ternyata memang kelompok penipu kartu kredit.
    Modusnya adalah menawarkan pengaktifan kartu kredit dengan ujung2nya meminta nomor kartu dengan 3 angka yang dibelakang kartu.
    Mereka prefesional sekali, pertama2 suara wanita dan melihat saya ragu2 dia oper ke “supervisornya” yang laki2.
    Tapi setau saya pihak bank tidak pernah minta 3 angka nomor dibelakang kartu, mohon hati2.

  3. saya baru aj dapat sms dari mandiri card bahwa cc saya di setujui.padahal saya saya tidak pernah mengajukan kartu kredit tau2 cc saya udah jadi.setelah saya googling ternyata ngeri juga punya cc.sudah 1 minggu cc saya blm datang juga.jika nanti cc saya datang dan saya tidak aktifkan apakah kena iuran tahunan juga.

  4. Setahun lalu saya mendapat tawaran CC dari ANZ,sbmlnya minta penjelasan dari sales tsb.Menurut penjelasanya untuk iuran tahunan di bebaska,akhirnya saya menyetujui untuk mendapatkan CC tsb.
    Setelah saya mengaktifkan dan saya pergunakan dengan teratur dan lancar dlm bbrp bln saya dpt tlp dari Pihak ANZ dg suara perempuan,bahwasanya untuk kelancaran dan keamanan kedepannya saya di minta untuk memberikan asuransi sebesar Rp18.000,-tiap blnya yg katanya agar kalau ada keterlambatan pembayaran tidak dikenakan bunga dan apabila terjadi sesuatu yg menimpa pemegang CC hingga terjadi meninggal dunia maka ahli waris atau keluarga tdk menanggung piutangnya.
    ( pertanyaan saya apakah ini benar adanya seperti yang dijelaskan oleh penelepon tsb.)
    Kemudian bbrp bln lagi saya mendpt tlp lagi dari perempuan juga tentang nama adik kandung,nama istri,nama anak yang katanya untuk pemantapan data.
    Beberapa lama kemudian saya mendapat 3 surat yang masing2 isinya dg nama2 yg saya sebutkan tadi…ternyata salah satu amplop saya buka isinya CC.
    Di bln berikutnya tagihan dtg yg disitu di kenakan biaya 3 kartu kredit yg blm saya buka hingga skrg kecuali yg satu tadi untuk mengetahui isinya.
    Saya tlp ke operator untuk minta penjelasan atas kartu2 itu.Katanya itu kartu tambahan krna pembayaran tiap blnya saya lancar,dan mrk bilang jika tdk di gunakan abaikan saja.Hingga kini kartu2 tsb tdk prnh saya aktifkan si karnakan data nama yg ada di kartu itu tdk masuk akal untuk menggunakannya,krn adik saya tgl di luar kota,anak saya masih SMP kls 1 blm 17 th.Istri (calon) berada di luar negri.
    Anehnya pada tahun berikutnya saya di kenakan biaya iuran tahunan bagi ke 3 kartu trsbt.
    Bagaimana bisa tanpa ada konfirmasi n persetujuan langsung saja pihak ANZ memasukkan program2nya yg tentu saja sangat merugikan nasabah.
    Tolonng Solusinya buat saya yang lagi Pailit skrg ini.

    • pak arif, maaf bolehkah saya tau perkembangan atas apa yang terjadi pada kasus bapak dengan cc anz tersebut?

      karena saya baru saja mendapat cc anz dan belum saya aktifkan, agak riskan rasanya untuk mengaktifkan cc…
      dapatkah saya langsung menutupnya tanpa perlu mengaktifkannya?

      terimakasih pak ๐Ÿ™‚

      • Mendingan gak usah d aktifkan dan call CS ANZ aja,, gak usah pake KK ANZ,, aq pemakaian blum 1 bln sdh kena tagihan iuran tahunan,, sdh call CSnya no respon,, tetap d suruh byr,, bank model apa itu,,

  5. waa belum diaktifkan masak bisa ditagih iuran tahunan juga? bukan nya kalau tahun pertama biasanya bebas biaya ya? hmm jadi serem nih, sempet apply cc bri..tapi belum diaktifkan karena emang awalnya apply cc tu u keperluan iklan fan page di FB, kan harus pakai cc..tapi karena bisnis nya masih pending belum jadi diaktifkan smp skrg..sebaiknya gimana ya, apa cc nya ditutup saja? punya anda cc apa ya kl boleh tau?, jadi nya ditutup kah? trims banyak info nya berguna u orang awam cc

    • Tiap Bank sepertinya kebijakannya beda-beda, ada yang menggratiskan iuran tahunan pertama ada juga yang enggak…..

      Coba tanya aja ke Call Center BRI (14017) mengenai Iuran Tahunan CC BRI…..

      • Untuk apply cc dri bukopin sudah di approve. Untuk data pin juga sudah saya terima, tapi untuk cc dari bank bukopin belum saya daptkan sampai 1 bulan lebih sampai sekarang. Sudah coba menghubungi call center bukopin di no 14005 tapi gak pernah bisa bahkan nada sambungnya “NOMER YANG ANDA TUJU TIDAK DAPAT DIHUBUNGI, SILAHKAN PERIKSA KEMBALI NO TUJUAN ANDA”. Sudah coba telfon ke no cabang yang terdekat juga tidak ada jawaban. Yang saya takutkan nantinya pas tiba2 dapat biaya tagihan untuk cc bukopin yang saya sama sekali tidak pernah dapatkan ataupun saya terima.

          • Saya coba klik link nya kok ndak bisa ya… saya juga abis approve cc bukopin. Cc dah saya terima. Tp kok saya tidak dapat pin nya ya.. pin nya itu bgmn?
            Lalu saya mau aktifkan telp 14005 susah sekali. Pertama katanya nama ibu sy yg salah. Trz di perbarui. Ini mau coba sy konfirmasi lg malah pulsa sya kesedot abis. Mohon infonya…

            • Saya barusan coba buka Link-nya masih Aktif Mba, atau klo gak bisa juga masuk ke website bank bukopin : http://www.bukopin.co.id , lalu klik Tab : Hubungi Kami, lalu klik Tab : e-mail adress

              Saya belum pernah punya CC Bukopin jadi ga bisa jawab pertanyaannya, coba langsung ditanyakan ke Pihak Bukopin aja.

  6. Saya juga pernah mengalami hal serupa pak riva di salah satu bank plat merah 3 huruf…..pd waktu itu sy telp cal centernya…dan oleh dia disuruh ke cabang terdekat…akhirnya (lebih karna rasa penasaran) saya datang juga ke cabang
    terdekat dan mengajukan penonaktifan setelah itu saya tidak pantau lagi apakah sudah non aktif apa belum…(dlm hati masa bodoh lah:-)

    • mmm, ada yang mengharuskan datang ke Cabang terdekat ya? saya pikir semuanya bisa ditutup via telpon ke Call Center…….

      • saya baru punya CC permata, kalau CC diaktipkan tapi gak di pakai apakah dikenakan biaya??? dan gimana cara menonaktipkan??

        mohon penjelasannya

        • Baiknya langsung ditanyakan ke Call Center Bank Permatanya langsung…karena yg tau detail biaya CC sepertinya hanya Bank-nya masing-masing (Saya belum pernah mengurus CC Bank Permata, jadi sama sekali tidak tau)

          Untuk penonaktifan kartu, Saya pernah menutup 3 kartu kredit (Bank Mega, UOB Buana & BNI Syariah) semuanya diharuskan menghubungi Call Center masing-masing Bank & minta disambungkan ke Bagian penutupan kartu…kemungkinan besar Bank Permata juga sama seperti itu… (harus menghubungi Call Center)

          Saya coba Googling Call Center Permata, tercantum disini : https://www.permatabank.com/Hubungi-Kami/

        • Selama ga ada transaksi tidak ada tagihan masuk.klo pun kartu sudah aktiv tapi ga ada transaksi selama 3 bulan berturut-turut maka secara otomatis kartu akan terblokir dengan sendiri nya

  7. Setau saya emang ada kebijakan tiap bank penerbit kartu kredit bila dlm 3 bulan tidak diaktifasi maka akan aktifasi otomatis. So ya pasti bkl ditagih iuran. *cmiiw*

  8. tolong lencerahanya dong.kemaren saya terima cc dari bank bukopin.dalam amplop itu ada dua cc.visa sama mastercard.yang mau saya tanyain,apakah iyuran tahunanya 2kali juga ya??kalau iya saya berencana mau menutup salah satunya.tolong penjelasanya bagi yang ngerti dan pernah mengalami hal yang sama..

  9. Saya nasabah niaga syariah… Dalam 1 bulan ini ndk sy akktivasi apakah sy terkena iuran? Di proomo kartu yg sy pilih bertuliskan free for life… Sy tnykan ke sales katanya free seumur hiddup gratis biaya bulanan sampai tahunan…. Tolong penjelasannya… Makasih

    • Kalau saya kurang tau,

      Jika ada Pengunjung Blog yang pernah pengalaman dengan Niaga Syariah silahkan Reply…

  10. kemarin saya dpt cc bni..
    blm diaktifkan..
    skg saya takut berurusan sama kartu kredit..
    mau saya tutup aja…
    gmn ya caranya?
    mohon pencerahannya..
    makasih

  11. ya hampir sama dg pak aji,cc saya blm prn saya aktifkan,lahkok…3 bulan ada tagihan kerumah cc mandiri perbulan skitar 30 rb gt.dulu pas ditawarin kata mbaknya kalo belum digunakan tdk akan kena biaya apapaun…skrg tau tau ada tagihan…dipikir2 kok sama kayak menc*ri

  12. Saya punya cc mega carefour tapi saya blm mau menggunakannya dan blm saya aktifasi,apakah kena iuran tagihan per bulannya?

    • Coba tanya ke Call Center-nya, soalnya yang bisa liat status free atau tidaknya suatu kartu sepertinya hanya Call Center Bank yang bersangkutan.

  13. saya punya cc mega gold baru saja dikirim kemaren, tapi sekarang blm saya aktifasi,, karena memang ada suatu hal, nah kalau mau menutup dan tidak menggunakan cc nya lagi apa yang harus saya lakukan,, mohon pencerehan n trima kasih,,,,

  14. maaf mas saya mau nanya, apa yang terjadi dengan mas setelah itu? solusi apakah yang mas lakukan? apakah mas membayar iuran tahunan yang mas tagihkan?

    saya pribadi baru saja mendapatkan cc dan belum saya aktifkan, apakah memungkinkan untuk menutup kartu tersebut tanpa perlu mengaktifkannya? dan pada akhirnya apakah saya harus tetap membayar iuran tahunan?

    terimakasih ๐Ÿ™‚

    • Setelah di beri tau oleh Mba yang Nelpon bahwa nantinya terdapat kemungkinan ditagihkan iuran tahunan, saya secepatnya nelpon Call Center untuk menutup kartu…

      Waktu itu saya belum kena Iuran Tahunan…

      & Saya menutup kartu tanpa mengaktifkannya terlebih dahulu…bisa koq

      Untuk detailnya coba telpon Call Center CC mba resty aja…

      • Itubsekarang gimana… Masih ada tagihan kah setelah di tutup tanpa aktivasi dulu??? Saya jadi takut… Soalnya saya di tawarin bikin dan masih dalam proses… Ketika mo saya cancel gx bisa katanya… Saya jadi takut setelah baca komentar2 miring soal bni

  15. Saya baru sebulan pegang cc UOB tpi blum pernah diaktifkan. Dulu sih salesnya bilang dalam 6 bulan tidak diaktivasi maka akan otomatis tutup dan tidak akan ada biaya ini itu, ya saya percaya saja yg penting dapet hadiahnya ๐Ÿ˜‰
    Tapi kalo lihat testi2 diatas jadi ragu dan penasaran. Telpon call centernya akhh…
    Makasih banyak pa Riva

  16. cc mega card sudah saya dapat . Dan sampai saat ini belom saya aktifan .. apakah saya akan kena iuran per tahun juga jika saya tidak aktifkan sama sekali .. atau solusi nya gimana biar saya gk terjebak di dlm nya .. mohon bantuan ya .. regards , Astri

    • Ditanyakan ke Call Center Bank Meganya langsung Mba…

      Kalau memang ternyata nantinya dikenakan Iuran Tahunan, Mba Astri minta disambungkan ke Bagian penutupan kartu aja…untuk nutup CC Mega Cardnya…(meskipun belum diaktifkan kartunya bisa ditutup koq…saya juga dulu pernah mempraktekkan)

  17. Halo Mas Riva,

    saya mau tanya apakah menutup CC Mega hanya bisa lewat layanan Call Centre saja? kalau saya langsung datang ke Bank Mega nya (entah pusat atau cabang) bisa tidak ya? soalnya saya baca-baca cerita beberapa sumber di internet banyak yang sudah menutup via Call Centre tetapi prosesnya lama dan berbelit. saya ingin langsung mendapat surat keterangan bahwa CC tsb sudah ditutup.

    Trims
    Fitri

    • Sepengetahuan saya hanya lewat Call Center…tapi saya belum nanya-nanya lagi lebih lanjut juga sih, apakah bisa melalui Kantor Cabang Bank Mega atau tidak…Dulu saya hanya memanfaatkan Call Center karena saya gak tau juga dimana Kantor Cabang Bank Mega yg deket rumah..
      Jadi kalau Tempat tinggalnya mba Fitri dekat dengan kantor cabang Bank Mega, mungkin bisa di konfirmasi langsung Mba…

      • Saya mau tanya nih. Klo kartu kredit masih aktif tapi tidak pernah digunakan lagi, apakah masih ada tagihannya? Krn dari bank bersangkutan tidak pernah lagi mengirim tagihan sejak kartu kreditnya tidak saya gunakan. Yg di email bank tsb cuma promo saja. Tolong penjelasannya. Makasih.

        • Harus ditanyakan ke Call Center-nya Mba, klo Kartu Kredit yg saya pake free iuran tahunan tapi selalu ada adm. bulanan (Rp. 15.000)โ€ฆ..

          Jadi memang harus ditanyakan ke Call Center-nya yg punya akses liat tagihan masing-masing kartu secara detail.

  18. Mas saya mau tanya, waktu mas menutup Kartu Kredit bank Mega melalu Call Center. Berapa lama prosesnya mas? Dan apakah saat bulan berikutnya benar2 sudah tidak tagihan lagi?

    Thanks.

  19. saya baru buat CC tp semenjak saya buat langsung ganti pin. nah setelah itu saat saya mau narik uang kenapa gabisa ya? tulisannya kartu anda tidak diizinkan. tp stelah sy cek saldo ttep berkurang. pdahal sy blm pernah salah pin sampai 3x

  20. mas mau tanya,,,,
    saya baru dapat cc bca,,,
    kartu utamanya sudah saya aktifin, tp kartu tambahannya tidak saya aktifin,,,, apa kartu tambahannya kena iyuran tahunan mas?
    matersuwun…

    • Harus dikonfirmasi ke Bank-nya langsung (Coba telpon Call Centernya aja)…saya blom ada pengalaman sama CC BCA…& belum pernah bikin Kartu Tambahan di Bank Manapun juga sih…

  21. Mas saya mau tanya?
    Saya kemarin dpt CC BNI (setelah dapat tawaran dari telemarketing BNI), dan sampai saat ini CC belum saya aktifkan.
    Begitu terima CC (padahal belum diaktifkan), sudah banyak pihak ketiga yang menelpon menawarkan kartu diskon, dll. Saya cuma berpikir, berarti data saya sudah dibocorkan ke pihak ketiga.
    Karena alasan tersebut, saya berencana mau menutup CC yang belum diaktifkan.
    Bagaimana caranya? Pertanyaan apa saja yang ditanyakan? Berapa lama prosesnya? dan Apakah CC yang sudah diterima dikembalikan?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    • Waktu tahun 2012 untuk menutup CC saya telpon Call Center-nya langsung…nanti kita disambungkan ke bagian penutupan kartu, paling cuma ditanya alasan menutup kartu, waktu itu ya saya tinggal bilang aja klo saya disarankan oleh mba yg nelpon sebelumnya (*klo tidak berniat mengaktifkan kartu lebih baik kartunya ditutup…seperti yg saya ceritakan di blogpost diatas)

      Lama proses, saya lupa…waktu itu saya mendapatkan semacam nomor register permohonan penutupan kartu

      CC yg sudah diterima tidak dikembalikan….tetep saya pegang…

      Untuk lebih jelasnya silahkan telpon Call Center BNI…karena CC saya dulu bukan BNI

  22. Dear Pak Riva,

    Saya ingin bertanya, saya tahun lalu ada membuat CC HSBC tetapi tidak pernah saya aktifkan, searang CC nya sudah setahun karena teman saya pernah ada yang berkata kalau sampai 3 bln ngga di aktifkan maka akan mati secara otomatis, tetapi tadi ketika saya cek, terdapat tagihan tahunan 300.000 besok rencananya saya akan menutup CC HSBC via tlp. Jika saya di tagih 300.000 tersebut apakah saya harus tetap membayar atau saya boleh tidak membayar karena saya belum pernah mengaktifkan CC dan belum pernah menggunakannya.

    Terima kasih atas saran yang diberikan.

    Salam,

    Evie

    • Di Kartu Kredit saya (yg belum diaktifkan), waktu itu belum muncul iuran Tahunan Mba Evie, jadi saya kurang tau juga mengenai kartu kredit non aktif yg sudah dikenakan iuran tahunan….

  23. Selamat sore, mas mau tnya ni td saya d tawarin apply CC CIMB Niaga nah saya sudah apply tp baca banyak komentar kok kayaknya serem banget klo misal saya mau membatalkan apply’an saya bisa tidak yah? Lalu bagaimana caranya? Terima kasih

  24. Saya pny kk masih aktif tapi tidak pernah digunakan lagi. Apakah masih ada tagihan?. Dari bank penerbit tidak pernah ada email tagihan lg sejak kk tidak saya gunakan. Yg di email cuma promo saja.tolong penjelasannya.makasih.

    • Harus ditanyakan ke Call Center-nya Mba, klo Kartu Kredit yg saya pake free iuran tahunan tapi selalu ada adm. bulanan (Rp. 15.000)…..

      Jadi memang harus ditanyakan ke Call Center-nya yg punya akses liat tagihan masing-masing kartu secara detail.

  25. saya mau tanya mas saya punya cc uob baru 2 bulan, sudah saya aktifkan
    tapi belum pernah saya pakai, saya mau tutup apakah saya kena iuran tahunan ?? dan bagaimana caranya kalo mau saya tutup cc nya

    terima kasih

    • Dulu saya nutup kartu kredit UOB via Call Center…

      Klo baru 2 bulan sih harusnya gak kena iuran tahunan…tapi untuk jawaban yg lebih akurat tentang biaya apa aja yg timbul pas nutup kartu harus nanya ke Call Centernya.

  26. sebenarnya 3 angka di belakang kartu itu disebutkan saat aktivasi atau tidak ya?

    Dua kartu kredit saya dibobol, sampai sekarang bank tidak percaya jika saya tidak melakukan transaksi yang saya sanggah. karena butuh kartu untuk menggesek. mengerikan sekali.

    • Dulu (th 2009-an)pas Aktivasi via Call Center saya lupa nyebut 3 angka dibelakang kartu atau tidak…

      Tapi kartu kredit yg saya terima di akhir 2015 kemarin bisa di aktivasi via sms…lebih simple & GAK harus ngirim 3 angka dibelakang kartu.

  27. Gan maaf rada OOT, saya kan baru bikin kartu debit. Nah, masalahnya pembuatan kartu nya itu mepet dengan tanggal gajian saya.. dan kartu debit saya belum diaktifkan. Nah kalo masalahnya kaya gitu kira2 gaji saya masih bisa masuk ke akun bank saya nggak?

    • Kartu Debet Bank Apa?

      Sepengetahuan saya kartu debet/kartu ATM itu gak perlu di aktifkan, Customer Service biasanya cuma merekomendasikan supaya cepetan ganti password kartu.

      Harusnya gaji bisa masuk ke rekening

  28. Maaf Pak Riva saya mau tanya nih karna saya baru membuat cc tapi ternyata ayah saya melarang saya menggunakan cc. Saya tidak mengaktifkan kartu saya apakah nanti ada tagihan walaupun saya tidak mengaktifkan cc saya . Apakah cc bca bisa nonaktif dengan sendri ny . Terimakasih pam Riva

    • cc itu beda-beda Mba, ada yg dikenakan iuran tahunan, ada yg bebas iuran tahunan 1 tahun pertama, ada yg bebas iuran tahunan sampai cc nya kadaluarsa (valid thru).

      Untuk amannya lebih baik telpon Call Center Bank & bilang mau tutup kartu (meskipun belum diaktifkan)

  29. Saya baru saja dpt sms dri cc mega yang belum pernah diaktifkan.. saya pernah disampaikan bila cc tidak diaktifkan tidak kena biaya adm atau biaya apapun.. namun saya mendapatkan sms “Nasabah Yth., efektif 01 April 2016 iuran tahunan Kartu Kredit Mega Carrefour menjadi Rp 200.000,- kartu utama & Rp 125.000,- kartu tambahan. Info 60010 (HP)”
    Sebaiknya saya bagaimana yah?

    Yg saya takut klo cc mega ini agak sulit untuk ditutup.. krna sya sering dgr cerita dri tmn tmn sprti itu..
    Solusi untuk menutup cc mega yang baik dan benar seperti apa??
    Baca baca artikel wlwpn udh tlpn ke call centernya ttp msh aktif dan msh ada biaya yg msuk..

  30. Slmat malam,,mohon pencerahan
    Sy mndptkn cc BNI,dan sy pun mencoba aktivasi,,ktnya pihak bni akan tlp saya,,yg jd permaslahan no tlp lokal sy tdk bisa d hubungi karna failit(gulung tikar)apa cc sy tdk akan d aktifin org
    TeriMaksih

    • Kalau untuk Aktivasi setau saya kita yg harus telpon Call Centernya…..

      Namun jika ada suatu kartu yg udah lama gak di aktivasi biasanya sih memang Pihak Bank nelpon kita dengan maksud membantu aktivasi….

      Tapi sebenarnya kita bisa aktivasi sendiri (Dengan cara telpon ke Call Center)…gak harus nunggu telpon dari Bank.

  31. asslammualaikum…
    mas bro, saya mau tanya kemarin saya dapat kiriman cc bni gold . padahal waktu di telpon saya belum menyetujui pembuatan cc tersebut..

    nah ini belum saya aktivasi.. ini saya masih kena biaya tahunana gak ya ?

    terima kasij

    • Wa’alaikumsalam,

      Untuk BNI saya kurang tau Mas…lebih baik ditanyakan ke Call Center BNI-nya langsung yg bisa cek data kartu Mas secara spesifik.
      …Yg saya ceritakan di artikel diatas = Bank Mega.

  32. Mas riva, saya dapat 2 kartu citibank dan belum diaktivasi. Dan alasan saya membuat cc karena membantu tmn saya sehingga cc tsb tdk saya aktifkan dan digunakan. Mohon pencerahannya apakah saya secepatnya menutup kartu tsb apa biarkan saja ya krn saya dpt info dr sales nya cc tsb tdk terkena iuran dan otomatis hangus apabila tdk digunakan dalam 3 bulan. Trims.

    • Lebih baik di konfirmasi langsung ke Call Center Citibank-nya Mba.

      1 Kartu dengan type yg sama kadang iurannya yg ditagih beda….contoh : Saya pake Mandiri Visa Classic, masih kena iuran bulanan…tapi temen saya yg pake Mandiri Visa classic juga …dia gak kena iuran bulanan karena dulu Apply-nya pas lagi promo…

      & Yg bisa melihat data ditagih iuran / tidak itu hanya Bank terkait, jadi memang harus ditanyakan langsung ke Bank terkait (Call Center)

      • Apakah semua kartu kredit dr bank manapun apabila tdk di aktivasi dalam 3-6 bulan akan hangus ?

        • Saya hanya pernah memakai kartu kredit dari 5 Bank (UOB Buana, Bank Mega, BNI Syariah, Bank Mandiri & CIMB Niaga Syariah) …belum pernah coba semua kartu kredit yg ada di Indonesia ๐Ÿ™‚

          Kalau di 5 Bank yg saya tulis diatas …saya belum pernah denger cerita kalau kartu kredit akan hangus jika tidak diaktivasi.

  33. Hi guys kartu kredit yang blm diaktifkan bila sebelumnya tidak ada promo gratis tetap akan dikenakan iuran tahunan. Jadi kalau agan-agan mendapat penawaran kartu kredit dari sebuah bank dan agan tidak berniat untuk mengunakannya sebaiknya langsung ditutup.

    Kenapa kartu kredit yang tidak diaktifkan tetap tertagih iuran kartu. Itu karena yang blm aktif adalah kartunya saja, sementara untuk sistem jaringan visa atau masternya kan tetap jalan. Dan setahu saya itu dibayar bank juga loh ke visa atau master.

    Silahkan berkunjung ke website saya gan kalau berkenan ada banyak tips untuk kartu kredit.

    kartu kredit
    Terimakasih

  34. Yah stlh bc komen semua org dsni sy mnta do’a nya aja smoga sy bisa menutup cc mandiri sy yg blm aktif ini dgn lancar dan aman cepat tanpa hambatan. Amin

  35. Saya mau tnya ,klo sya mau bkin CC bru tpi sblm’a sya udah pnya CC CIMB NIAGA tpi CC’a gak sya aktvkn sma skali. .pa bisa kena BI CHEKING?

  36. Kalo misalnya dapat CC Secara otomatis (yg dikirim ke rumah) dr Bank (CIMB Niaga), yg Syariah Gold, nah Misalnya saya ga Mau aktifin tuh CC, bakal kena Charge atau bayar2 segala ga ujung2nya??

    Terus Klo ga Mau aktifin, saya biarin aja apa gpp kah??

    Tlg penjelasannya. Thx. ๐Ÿ™‚

    • Yg saya ceritakan diatas = CC Bank Mega & saya udah tutup kartunya dengan cara nelpon ke Call Center Bank Mega (Tahun 2012)

      Untuk yg CIMB Niaga Syariah (Apply Tahun 2015)…CC-nya sudah saya aktifkan & masih saya pake untuk beberapa keperluan, jadi saya tidak punya pengalaman dengan CC Cimb Niaga Syariah yg tidak diaktifkan.

      Btw…Yg mengetahui detail biaya-biaya suatu CC sepertinya hanya Call Center tiap-tiap Bank aja….jadi lebih baik ditanyakan ke Call Center Bank yg mempunyai Akses melihat data biaya-biaya suatu kartu secara spesifik.

  37. Slamat siang pak,, saya mau bertanaya… Saya dapat cc bank mega tapi saya udh aktifin, setelah saya pikir2 saya gak terlalu menbutuhanya apakah bisa kta langsung menutupnya walau pun baru di aktifin mohon pengarahanya pak…

  38. halo, saya mau bertanya nih pak
    apabila menutup kartu melalui telepon call center nya. tanda bukti apa yang diperoleh oleh kita? dan bagaimana kartu yang ada di tangan kita? apakah kita disuruh untuk mengembalikan kartunya ke bank atau gimana?
    mohon informasinya, terimakasih

    • Dulu untuk bukti penutupan via Call Center saya dikasih Semacam Nomor pengajuan penutupan kartu Kredit…(untuk memastikan beberapa minggu kemudian coba dicek lagi aja, status kartunya udah ditutup atau belum)

      Untuk Fisik Kartunya disarankan okeh pegawai Call Center untuk digunting…tidak harus dikembalikan ke Bank.

  39. Maaf pak mau tanya, CC bank CIMB niaga blm di aktifkan tp sudah dpt iuran tahunan 400rb..
    Bisakah di nonaktifkan tanpa membayar atau bagaimana baiknya pak ?
    Terimakasih

    • Dulu saya sudah menutup Kartu Kredit sebelum kena iuran tahunan, jadi masih aman.

      Terkait yg udah terlanjur dapet tagihan iuran tahunan saya kurang tau solusinya bagaimana.

  40. Pak saya mau tnya. Sy dpt tlp dr bank akan di kirim cc ke alamat. Tp saya ga mao gunain. Apakah solusi nya dan apa ada tagihan nya.

    Oya iuran untuk cc mandiri/tahun brpa

    • Daripada ragu-ragu apakah nanti akan kena biaya bulanan atau biaya tahunan, kalau CC nya memang tidak ada rencana untuk di pake lebih baik pas Kartunya Nyampe rumah langsung telpon Call Center Bank Mandiri aja buat nutup Kartunya.

      Untuk proses penutupan CC Bank Mandiri pernah saya tulis disini : http://blog.rivaekaputra.com/2016/11/03/menutup-kartu-kredit-bank-mandiri/

      Terkait Biaya tahunan tiap kartu beda-beda, harus ditanyakan ke Call Center Bank Mandirinya….kalau CC Bank mandiri saya dulu kena biaya bulanan (15.000 per bulan) bukan tahunan.

  41. Permisi, numpang tnya
    Saya bulan maret mengajukan kartu kredit di mandiri dan bulan april saya dapat kabar kalau kartu kredit saya di tolak
    Nah, sekarang tggl 14 juli tiba” d mandiri online saya muncul 2 kartu kredit
    Dan setelah saya telfon call center ny itu kata ny kartu saya d kabulkan
    Padahal semenjak april saya tidak mengajukan kartu kredit lg dan tidak ada sms confirm dari mandiri tentang kartu saya
    Itu bisa terjadi ya ?
    Dan yg gak jelasnya saya dapat 2
    Mohon jawabannya

    • Itu yg bisa menjawab sepertinya hanya Pihak Bank Mandiri…

      Saya gak bisa menebak-nebak apa yg terjadi di dalam Sistem-nya Bank Mandiri ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*